Vitamin C: Pengertian dan Cara Kerjanya

doktersehat-vitamin C-nutrisi-komponen-organik-obat-ibu-hamil-kehamilan

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit flu, sariawan, dan panas dalam. Semua orang pasti pernah terjangkit penyakit tersebut, terlebih saat kondisi kekebalan tubuh sedang menurun. Beberapa dari kebanyakan orang memilih untuk mengkonsumsi Vitamin C untuk mengobatinya. Apa Anda juga pernah mengobati penyakit di atas dengan mengkonsumsi suplemen atau obat Vitamin C?

Meskipun banyak orang mengonsumsi vitamin C, barangkali tidak semua orang mengenal secara rinci mengenai salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ini. Lalu sudah tahukah manfaat obat Vitamin C selain untuk mengobati flu, sariawan dan panas dalam?

Fungsi Vitamin C & Manfaat Vitamin C

Fungsi obat Vitamin C adalah untuk memproduksi sel darah merah, memperbaiki jaringan, kerusakan sel, dan dapat menyembuhkan luka.

Setelah Anda mengetahui fungsi Vitamin C, mari kenali lebih mendalam mengenai obat Vitamin C obat apa di bawah ini untuk menambah wawasan Anda, sebelum mengkonsumsi vitamin yang penting bagi tubuh ini.

Sementara manfaat Vitamin C akan dijelaskan di bawah ini :

Nama: Vitamin C

Nama Dagang: Acide Ascorbique, Acide Cévitamique, Acide Iso-Ascorbique, Acide L-Ascorbique, Acido Ascorbico, Antiscorbutic Vitamin, Ascorbate, Ascorbate de Calcium, Ascorbate de Sodium, Ascorbic acid, Ascorbyl Palmitate, Calcium Ascorbate, Cevitamic Acid, Iso-Ascorbic Acid, L-Ascorbic Acid, Magnesium Ascorbate, Palmitate d’Ascorbyl, Selenium Ascorbate, Sodium Ascorbate, Vitamina C, Vitamine Antiscorbutique, Vitamine C.

  • Vitamin C merupakan komponen organik yang vital bagi tubuh. Beberapa hewan dapat membuat vitamin C sendiri, tetapi manusia perlu mendapatkan vitamin dari makanan dan sumber lainnya. Sumber yang baik dari vitamin C adalah buah-buahan segar dan sayuran, terutama buah jeruk. Vitamin C juga bisa dibuat di laboratorium.
  • Kebanyakan ahli merekomendasikan mendapatkan vitamin C dari diet tinggi buah-buahan dan sayuran daripada meminum suplemen. Jeruk asli yang segar lalu dimakan atau dibuat jus lebih baik daripada jus jeruk siap minum (jus instan). Jus segar mengandung vitamin C yang lebih aktif. Minum jus jeruk segar dalam waktu satu minggu akan mendapat manfaat yang lebih. Kalau Anda lebih memilih jus jeruk instan, beli 3 sampai 4 minggu sebelum tanggal kedaluwarsa, dan minum dalam waktu satu minggu dari pembukaan.
  • Secara historis, vitamin C digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit kudis. Kudis sekarang relatif jarang, dulu hal ini umum di antara pelaut, awak kapal dan para profesi lain yang menghabiskan waktu yang lama di atas kapal. Ketika pelayaran berlangsung lama dan pasokan buah-buahan dan sayuran habis, para pelaut mulai menderita kekurangan vitamin C, yang menyebabkan penyakit kudis.
  • Sekarang, vitamin C yang paling sering digunakan untuk mencegah dan mengobati flu biasa. Beberapa orang menggunakannya untuk infeksi lain termasuk penyakit gusi, penyakit jerawat dan kulit lainnya infeksi, bronchitis, penyakit human immunodeficiency virus (HIV), tukak lambung yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Helicobacter pylori, TBC, disentri (infeksi usus yang lebih rendah), dan infeksi kulit yang menyebabkan bisul (furunkulosis). Hal ini juga digunakan untuk infeksi kandung kemih dan prostat.
  • Beberapa orang menggunakan vitamin C untuk gangguan depresi, masalah berpikir, dementia, penyakit Alzheimer, stres fisik dan mental, kelelahan, dan gangguan hiperaktif dan pemusatan perhatian (attention deficit-hyperactivity disorder/ ADHD).
  • Kegunaan lain termasuk meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan dan memperbaiki ketidakseimbangan protein pada bayi baru lahir tertentu (tyrosinemia).
  • Ada beberapa pemikiran bahwa vitamin C dapat membantu jantung dan pembuluh darah. Hal ini digunakan untuk kondisi arteri yang mengeras, mencegah pembekuan dalam pembuluh darah dan arteri, serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.
  • Vitamin C juga digunakan untuk mencegah glaukoma, mencegah katarak, mencegah penyakit kandung empedu, gigi berlubang (karies), sembelit, penyakit Lyme, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, untuk mengobati stroke, demam, asma, bronkitis, cystic fibrosis, infertilitas, diabetes, sindrom kelelahan kronis (CFS), autisme, gangguan kolagen, artritis dan bursitis, sakit punggung dan pembengkakan diskus tulang belakang, kanker, dan osteoporosis.
  • Penggunaan tambahan vitamin C adalah untuk meningkatkan ketahanan fisik dan memperlambat penuaan, serta menangkal efek samping obat kortison dan steroid lainnya, dan membantu menghentikan kecanduan obat.
  • Kadang-kadang, orang memberikan vitamin C pada kulit mereka untuk melindunginya dari sinar matahari, polusi, dan bahaya lingkungan lainnya. Vitamin C juga diterapkan pada kulit untuk membantu mengatasi kerusakan dari terapi radiasi.

Cara Kerja Vitamin C

Suplemen atau obat Vitamin C diperlukan untuk perkembangan dan fungsi bagian tubuh, serta memainkan peran penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh yang tepat.

Vitamin C diperlukan untuk perkembangan dan fungsi bagian tubuh, serta memainkan peran penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh yang tepat.

Ketika Anda mengkonsumsi Vitamin C, diharuskan untuk minum air putih yang banyak. Mengapa? Karena hal itu bertujuan untuk mempercepat kerja dari obat Vitamin C.

Jika Anda mengalami keluhan atau pun efek samping dari penggunaan Vitamin C yang berlebih, jangan sungkan untuk menghubungi dokter Anda. Atau jika efek samping yang Anda alami berkelanjutan, segera datangi rumah sakit terdekat agar mendapat tindakan medis yang tepat untuk mengobati Anda.