Tips Memilih Vitamin Anak yang Bagus untuk Meningkatkan Nafsu Makan

vitamin-penambah-nafsu-makan-anak-doktersehat

DokterSehat.Com – Nafsu makan anak menurun? Jangan dibiarkan! Salah satu solusinya Anda bisa menggunakan vitamin untuk nafsu makan anak. Namun, ternyata ada banyak vitamin yang dijual dan membuat Anda bingung. Tenang, simak saja beberapa tips memilih vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan ini.

Mengapa nafsu makan anak menurun?

Anak-anak memang cenderung memiliki nafsu makan yang tidak stabil. Bisa jadi, kemarin nafsu makannya bagus tetapi hari ini malah menurun hingga tidak mau makan apa pun. Sebelum mencari solusinya maka ketahuilah lebih dulu alasan nafsu makannya menurun.

Penurunan tingkat nafsu makan anak tidak dikarenakan satu hal saja melainkan ada beberapa hal yang bisa menjadi alasannya. Ada kalanya nafsu makan anak menurun karena ada bagian mulut yang sedang sakit, seperti gigi, gusi, atau bibir.

Biasanya itu dikarenakan adanya gigi yang sedang tumbuh, sariawan, luka, atau lain hal. Jika memang alasannya begitu maka sebaiknya Anda segera mengobati masalahnya. Pemberian vitamin untuk nafsu makan anak bukanlah solusi tepat pada kasus tersebut.

Sering kali, nafsu makan anak menurun karena tubuhnya sedang kurang sehat. Kondisi fisik yang sedang lemah ini memang akan mengurangi nafsu makan anak. Sebaiknya, Anda mengobati terlebih dahulu penyakit yang sedang diderita sambil tetap menyediakannya makanan sehat dan bergizi.

Apabila kondisi fisiknya secara berangsur membaik maka Anda bisa memberi vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan atas rekomendasi dokter. Ini juga akan meningkatkan pemulihan tubuhnya pasca sakit.

Penurunan nafsu makan juga bisa dikarenakan masalah psikis seperti kecanduan bermain game, anak sedang memiliki masalah, menu makanan yang tidak menarik dan membosankan, atau alasan lainnya.

Pemberian vitamin untuk nafsu makan anak bisa diberikan sambil Anda mengatasi masalah psikisnya tersebut. Anda bisa mencoba beberapa resep makanan anak yang enak, menarik dan bervariasi. Vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan pun bisa sambil diberikan.

Baca Juga: 7 Resep Masakan untuk Anak yang Sulit Makan

Kapan anak butuh vitamin untuk nafsu makan?

Nafsu makan anak turun, tubuh sehat, dan tidak adalah masalah psikis bukan berarti dia bisa langsung segera diberikan vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan. Sebelumnya, cobalah untuk meningkatkan nafsu makan anak tanpa vitamin.

Apabila beberapa cara tersebut tidak bisa meningkatkan nafsu makan anak maka lakukanlah konsultasi dengan dokter anak. Jika dokter merekomendasikan vitamin penambah nafsu makan maka Anda baru bisa memberikan vitamin untuk nafsu makan anak.

Cara meningkatkan nafsu makan anak tanpa vitamin

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak tanpa menggunakan vitamin penambah nafsu makan. Anda bisa menyajikan menu anak yang lezat, sehat, dan menarik minatnya.

Sementara Anda menyediakan menu-menu favorit anak tersebut, tingkatkanlah motivasinya untuk makan. Anda bisa memberitahu anak tentang manfaat mengonsumsi makanan yang sehat.

Baca Juga: Sederhana, 4 Menu Harian yang Jitu Tingkatkan Nafsu Makan Anak

Beberapa media menarik bisa digunakan seperti buku bergambar, video anak-anak, atau lainnya. Para ibu terkadang memberikan minuman tradisional yang berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan anak, seperti beras kencur dan temulawak.

Tips sebelum memberi vitamin penambah nafsu makan

Vitamin untuk nafsu makan anak memang sebaiknya tidak diberikan secara tergesa-gesa. Apabila anak secara fisik dan tidak memiliki masalah psikis maka Anda bisa meningkatkan nafsu makan anak dengan menggunakan beberapa cara yang sudah disebutkan sebelumnya.

Namun, jika ternyata cara-cara tersebut tidak berhasil maka akan lebih baik bila Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak perihal pemberian vitamin penambah nafsu makan anak.

Jika dokter mengatakan bahwa anak Anda butuh vitamin untuk meningkatkan nafsu makan maka Anda bisa memberikannya. Anda bisa mulai memilih mana vitamin anak yang bagus untuk nafsu makannya.

Tips memilih vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan

Tidak sedikit orang tua yang bingung menentukan mana vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan. Ini bukan dikarenakan jarangnya vitamin penambah nafsu makan tetapi malah banyaknya vitamin untuk nafsu makan anak yang ada di pasaran.

Trik-trik marketing pada slogan atau iklan dari setiap produk vitamin penambah nafsu makan memang sering kali memengaruhi. Akan tetapi, ini malah membuat bingung karena semua produk vitamin cukup menyakinkan sehingga bingung ingin memilih yang mana.

Tenang, jangan panik!

Jangan termakan dengan kata-kata manis dari setiap produsen vitamin penambah nafsu makan anak. Ada beberapa tips memilih vitamin peningkat nafsu makan anak yang bisa memecahkan kebingungan Anda.

Ini beberapa tips memilih vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan:

1. Vitamin anak memiliki sertifikasi

Vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan pastinya sudah mengantongi sertifikasi dari beberapa lembaga terkait. Seharusnya, tertera sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang ditandai dengan adanya no registrasi.

Apabila Anda adalah seorang muslim maka perhatikan pula sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ini dikarenakan seorang muslim sudah sepatutnya memerhatikan kehalalan dari setiap makanan yang dikonsumsinya terutama produk dari pabrik.

2. Perhatikan kandungan vitamin anak

Tips memilih vitamin penambah nafsu makan anak yang bagus juga harus memerhatikan semua kandungan yang ada di dalam vitamin tersebut. Hal ini penting untuk mengetahui semua kandungan beserta jumlahnya.

Selain itu, ini juga bisa mencegah dari kejadian alergi karena bisa jadi ada kandungan tertentu di dalam vitamin anak yang memicu alergi. Oleh karena itu, ingatlah riwayat alergi anak ketika membaca komposisi kandungannya.

3. Sesuakan dosis dengan usia anak

Tips memilih vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan selanjutnya adalah dengan memerhatikan dosis dan usia yang diperbolehkan untuk mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan anak tersebut. Tips ini mencegah anak dari over dalam mengonsumsi vitamin.