Viral Kisah Orang Meninggal Setelah Makan Mie dan Cokelat, Begini Faktanya

mie_goreng_instan_doktersehat_3
Photo Source: Flickr/Valentin Janiaut

DokterSehat.Com– Belakangan ini di media sosial dan aplikasi percakapan WhatsApp sedang viral berita yang menyebutkan bahwa seseorang telah meninggal gara-gara mengonsumsi mie goreng bersamaan dengan cokelat. Berita ini cukup meresahkan karena banyak orang yang mengonsumsi kedua makanan ini dalam waktu yang berdekatan. Sebenarnya, apakah memang benar makan mie goreng dan cokelat secara bersamaan bisa berbahaya?

Sebagai informasi, info yang beredar ini mengatasnamakan Prof. Rokhmin Dahurin yang berasal dari Institut Pertanian Bogor. Bahkan, pesan ini juga ikut mencatut Kementerian Kesehatan RI. Dalam pesan berantai ini, dikabarkan bahwa seorang wanita tewas dengan kondisi yang sangat mengenaskan karena semua indera dalam tubuhnya mengeluarkan darah akibat reaksi kimia di dalam tubuh yang dipicu oleh konsumsi cokelat dan mie instan.

Kementerian Kesehatan RI melalui akun instagram resminya, @kemenkes_ri tidak tinggal diam melihat pesan berantai yang meresahkan masyarakat ini. Mereka pun kemudian mengunggah penjelasan terkait hal tersebut dan menyebutnya sebagai hoaks atau berita yang tidak benar. Di kolom komentar, pengguna akun @giztafauzi juga memastikan bahwa berita ini hoaks belaka dan bahkan sudah beredar sejak 2012 silam.

Yang menarik adalah, berita yang sama juga sempat muncul pada 2016 dan 2017 dan memicu kehebohan di berbagai media sosial. Beruntung, pihak Kemenkes dan Dinas Kesehatan dari berbagai daerah tak pernah lelah untuk mengingatkan bahwa berita-berita yang tidak jelas seperti ini tidak bisa dipastikan kebenarannya sehingga sebaiknya tidak mudah kita percayai atau kembali kita sebar ke rekan-rekan dan keluarga.