Viral Bocah Mandi Oli Bekas, Apa Bahayanya Bagi Kesehatan?

Bocah-Mandi-Oli-Bekas-doktersehat
Photo Credit: Facebook Info Cegatan Jogja

DokterSehat.Com– Belakangan ini foto yang menunjukkan bocah mandi oli bekas viral di media sosial. Sang bocah yang diketahui berasal dari Sleman, Yogyakarta ini ketahuan mencuri onderdil bekas yang ada di sebuah bengkel sehingga pemilik bengkel menghukumnya dengan cara seperti itu.

Photo Credit: Facebook Info Cegatan Jogja

Foto yang awalnya berasal dari grup media sosial Facebook ‘Info Cegatan Jogja’ ini pun langsung menjadi perbincangan warganet. Banyak orang yang menganggap hukuman ini bisa membuat sang anak jera dan tak lagi mencuri di kemudian hari. Namun, ada pula orang yang menganggap hukuman ini sangat keterlaluan.

Menurut pakar otomotif, oli bekas sudah termasuk dalam limbah dengan kategori B3 yang berarti Bahan Berbahaya dan Beracun. Hal ini disebabkan oleh adanya bahan kimia dalam oli bekas dan kandungan logam berat yang awalnya berasal dari bahan bakar bensin. Jika sampai logam berat ini memasuki tubuh, dikhawatirkan bisa memicu dampak buruk bagi organ dalam layaknya ginjal, hati, atau bahkan saraf.

Saat diperiksakan kondisi kesehatannya di Puskesmas Turi, Sleman, sang bocah diketahui telah mengalami iritasi mata dan kulit dengan gejala mata berwarna merah, kulit kelopak mata di bagian bawah kedua matanya juga berwarna merah, dan iritasi kulit telinga. Sang bocah juga diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada kandungan oli yang masuk ke dalam tubuhnya atau tidak.

Meskipun memang wajar jika menghukum anak jika melakukan kesalahan atau tindakan yang tidak terpuji, ada baiknya kita juga tidak mengukum anak dengan cara yang keterlaluan seperti yang dilakukan pemilik bengkel ini. Apalagi dengan fakta bahwa meminta sang bocah mandi dengan oli bekas ternyata bisa membahayakan kesehatannya.