Terbit: 16 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Setelah menjalani operasi demi mengatasi kanker ginjal yang sempat menyerang tubuhnya, penyanyi pop Vidi Aldiano kini harus rela mengetahui dirinya hanya memiliki satu ginjal. Sebenarnya, apakah kondisi ini bisa membahayakan kondisi kesehatannya?

Vidi Aldiano Kini Hanya Miliki Satu Ginjal, Berbahayakah?

Vidi Aldiano Hanya Memiliki Satu Ginjal

Pada 13 Desember 2019 lalu, Vidi Aldiano mengejutkan penggemar musik setelah mengunggah video di akun Instagram pribadinya yang isinya mengungkap dirinya menderita kanker ginjal. Sebelumnya, Vidi sudah mulai merasakan masalah kesehatan sehingga memeriksakan kondisinya ke Singapura. Hanya saja, dokter kemudian menyarankannya untuk melakukan operasi pengangkatan kanker pada tanggal tersebut.

Kondisi Vidi sudah pulih dan telah pulang ke Indonesia. Hanya saja, Vidi kini harus merelakan fakta bahwa di dalam tubuhnya hanya ada satu ginjal, bukannya dua sebagaimana manusia pada umumnya. Meskipun pakar keseahatan menyebut manusia masih bisa hidup dengan satu ginjal, tetap saja mereka tidak bisa melakukan aktivitas sebagaimana orang-orang normal.

Saat diwawancarai di sebuah acara televisi swasta, Vidi mengaku dirinya tidak boleh stres. Dia juga harus menjaga kondisi mentalnya dengan baik agar tidak mudah merasa sedih. Hal ini ditujukan agar kinerja ginjal yang ada di dalam tubuhnya tidak terbebani. Dengan menjaga hal ini, maka diharapkan Vidi tidak akan mudah terkena masalah kesehatan.

Tips Sehat bagi Mereka yang Hanya Memiliki Satu Ginjal

Pakar kesehatan menyebut mereka yang hanya memiliki satu ginjal di dalam tubuh bisa saja hidup sehat, namun mereka juga memiliki risiko lebih besar untuk mengalami masalah ginjal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Berikut adalah beberapa tips bagi pemilik satu ginjal agar tetap sehat.

  1. Memeriksakan Kondisi Kesehatan ke Dokter Secara Rutin

Mereka yang memiliki satu buah ginjal lebih rentan terkena masalah tekanan darah tinggi, serangan jantung, alergi pada obat-obatan tertentu, hingga penggumpalan darah yang berbahaya. Hal ini berarti, orang dengan kondisi ini sebaiknya rutin melakukan pengecekan kesehatan, setidaknya setahun sekali demi memastikan ginjal masih berfungsi dengan baik. Pemeriksaan tekanan darah juga bisa dilakukan dengan frekuensi yang lebih sering.

  1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Mereka yang hanya memiliki satu ginjal tak perlu mengonsumsi makanan-makanan khusus. Hanya saja, karena fungsi ginjal tidak seprima sebagaimana saat memiliki dua ginjal, sebaiknya menjaga pola makan dengan lebih sehat demi membuat kinerjanya tidak begitu terbebani.

Pastikan untuk menjaga keseimbangan asupan karbohidrat, protein, mineral, serat, serta lemak. Selain itu, jaga asupan air putih agar tidak kurang dan tidak berlebihan. Jika perlu, mintalah saran ke dokter atau ahli gizi demi mendapatkan tips menerapkan diet harian yang tepat.

  1. Tidak Sembarangan Berolahraga

Meski bisa memberikan manfaat bagi kondisi tubuh, sembarangan berolahraga bisa saja memberikan dampak buruk bagi mereka yang hanya memiliki satu ginjal. Berlebihan melakukannya bisa saja membuat ginjal rusak atau mengalami cedera.

Beberapa olahraga yang sebaiknya dihindari adalah sepakbola, bela diri seperti tinju, dan olahraga lain yang rentan menyebabkan cedera atau kontak fisik langsung. Selain itu, pastikan untuk memberikan perlindungan pada bagian perut atau berhati-hati agar tidak mudah terjatuh atau mengalami kecelakaan.

  1. Rutin Minum Air Putih

Konsumsilah air putih setidaknya dua liter setiap hari demi menjaga fungsi ginjal dengan baik.

  1. Menghindari Asap Rokok

Rokok bisa merusak aliran darah dan fungsi ginjal. Hal ini berarti, pemilik satu ginjal mau tidak mau harus berhenti merokok dan tidak menjadi perokok pasif demi tetap sehat.

 

Sumber:

  1. Andrews, Mark. 2002. How can you live without one of your kidneys?.scientificamerican.com/article/how-can-you-live-without/. (Diakses pada 16 Januari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi