Ngilu! Beredar Video Bocah Menyunat Kemaluannya Sendiri

sunat-sendiri-doktersehat
Photo Source: Twitter/haqiemullah

DokterSehat.Com– Sunat atau khitan adalah sebuah hal yang harus dilakukan oleh kaum pria, khususnya yang beragama Islam. Sebenarnya, selain memenuhi ajaran agama, sunat juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan sehingga banyak pria dari agama lain yang juga melakukannya. Hanya saja, karena sunat harus dilakukan dengan memotong bagian dari alat vital pria, tindakan ini sering kali dianggap sebagai hal yang sangat menakutkan, bahkan bagi orang dewasa sekalipun.

Bocah ini justru sunat sendiri

Akun Twitter milik @haqiemullah baru-baru ini mengunggah sebuah video yang menunjukkan seorang bocah yang sedang disunat. Bukannya ketakutan sebagaimana anak-anak pada umumnya, sang anak justru dengan tenang memakai gunting dan memotong ujung alat vitalnya sendiri. Raut muka sang bocah juga tampak sangat tenang tanpa takut atau bahkan menangis. Justru, bocah ini seperti bangga karena mampu sunat sendiri.

Video ini pun kemudian viral di media sosial dan ditonton ratusan ribu kali oleh warganet. Banyak warganet yang mengaku ngilu karena telah menonton video ini, namun banyak pula yang justru salut dengan keberanian sang bocah memotong alat vitalnya sendiri.

Masih dibantu oleh dokter

Sebenarnya, jika kita lihat, terdapat tangan petugas medis yang juga ikut membantu sang bocah memotong bagian penis yang harus disunat. Jadi, meskipun sang bocah melakukannya sendiri, sebenarnya ia juga masih berada dalam pengawasan medis. Jika dibiarkan, dikhawatirkan bagian penis lain akan terpotong atau terluka yang tentu bisa berbahaya. Sebagai informasi, ada beberapa kasus penis terpotong dan tak bisa lagi dikembalikan seperti semula sehingga membuat sang pria menderita.

Manfaat sunat

Selain memenuhi ajaran agama, pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan dari sunat, termasuk dalam hal menjaga kebersihan alat vital dan mencegah datangnya penyakit.

Berikut adalah beberapa jenis masalah kesehatan yang bisa dicegah dengan melakukan sunat.

  1. Menurunkan risiko tertular penyakit kelamin

Setelah disunat, bagian kulup yang awalnya menutupi bagian ujung penis pun hilang. Ternyata, kondisi ini bisa membuat pria menurunkan risiko terkena penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Beberapa jenis penyakit lain yang bisa dicegah dengan sunat adalah herpes dan sifilis.

  1. Mencegah infeksi kandung kemih

Menurut pakar kesehatan, sunat akan menurunkan risiko terkena infeksi kandung kemih dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh bersihnya ujung penis dari berbagai bakteri. Kondisi berbeda terjadi pada penis pria yang belum disunat. Karena memiliki kulup, bagian kepala penis akan cenderung tidak bersih, memiliki sisa urine, dan penuh dengan bakteri yang bisa saja menyebabkan infeksi kandung kemih.

  1. Menurunkan risiko kanker

Pakar kesehatan menyebut pria yang sudah sunat cenderung memiliki risiko lebih kecil untuk terkena kanker penis. Selain itu, bagi kaum hawa yang sudah memiliki suami yang melakukan sunat, maka risiko untuk terkena kanker serviks saat berhubungan juga menurun.

  1. Memberikan manfaat seksual bagi pria

Sunat juga bisa memberikan manfaat seksual yang positif bagi kaum pria. Sebagai contoh, karena tidak memiliki kulup yang menutupi bagian kepala penis, maka penis pun menjadi lebih sensitif saat berhubungan intim. Hal yang berbeda terjadi pada pria yang belum sunat. Kulup yang menyelimuti kepala penis akan membuat titik rangsang utama pria di kepala penis tertutup dan kurang maksimal.

Selain itu, pria yang tidak sunat cenderung kesulitan untuk menarik bagian kulup ke bawah. Hal ini bisa meningkatkan risiko terkena fimosis atau kepala penis yang membesar. Kondisi ini termasuk dalam peradangan yang bisa menyebabkan rasa nyeri.

Karena memberikan banyak manfaat kesehatan, kaum pria pun disarankan untuk melakukan sunat saat menjelang usia remaja. Hanya saja, jangan sembarangan melakukannya seperti bocah yang ada di video ini karena bisa berbahaya.