Terbit: 23 Juli 2020 | Diperbarui: 4 Agustus 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Membahas tentang vibrator sex sebagai alat bantu seks mungkin masih dianggap tabu. Walaupun demikian, alat ini diklaim dapat meningkatkan kualitas hubungan seksual bagi pasangan baik wanita atau pria. Ketahui fungsi, jenis, dan bagaimana cara pakainya di sini.

Vibrator Sex: Fungsi, Jenis, dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Vibrator Sex?

Vibrator adalah salah satu alat bantu seks untuk memijat, meningkatkan rangsangan, dan stimulasi seksual. Alat bantu seks ini (sex toy) dapat digunakan sendiri oleh wanita atau bersama pasangannya untuk menambah gairah seksual serta orgasme wanita.

Alat ini bersifat mekanis yang menghasilkan getaran yang dihasilkan dari motor listrik atau baterai. Tingkat getaran tersebut dapat diatur untuk digunakan di dinding vagina wanita. Getaran tersebut dapat membantu rangsangan orgasme, meningkatkan elastisitas vagina, serta memberi kelembapan pada area vagina untuk kebutuhan seksual.

Fungsi Vibrator Sex 

Alat bantu seks ini mungkin tidak umum digunakan oleh sebagian besar kalangan karena dianggap tabu. Walaupun demikian, beberapa pakar mengklaim fungsi vibrator untuk vagina dan kesehatan seksual wanita, sebagai berikut:

1. Mengatasi Stres

Hubungan seksual dapat membantu mengurangi kadar stres Anda, begitu juga wanita yang mencapai orgasme dengan menggunakan alat bantu seks ini. Berdasarkan laporan, orgasme dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesehatan mental.

Saat seseorang mencapai orgasme, hormon kebahagiaan oksitosin dan serotonin dilepaskan ke otak dan menciptakan rasa bahagia. Maka dari itu, menggunakan alat bantu seks sendiri dianggap sebagai alternatif lain untuk mengatasi seks di luar hubungan seksual bersama pasangan.

2. Menjaga Kesehatan Vagina

Alat bantu getar seks ini diklaim dapat membantu menjaga kesehatan vagina wanita. Vagina akan menjadi lembap secara alami akibat diproduksinya lendir vagina saat wanita terangsang. Selain itu, stimulasi dari alat getar ini dapat membantu meningkatkan elastisitas vagina agar vagina tetap sehat.

3. Meningkatkan Kualitas Seks

Anda dan pasangan mungkin kehilangan gairah seksual karena satu dan lain hal, ini mungkin juga mengurangi kualitas hubungan Anda. Anda dan pasangan dapat mencoba alternatif seks menggunakan vibrator untuk membantu rangsangan untuk wanita.

Menggunakan alat bantu seks ini juga dapat menciptakan seks yang lebih erotis dan menyenangkan bagi pasangan. Selain itu, melakukan foreplay dengan alat ini juga akan memudahkan orgasme wanita.

Baca Juga: 10 Obat Perangsang Wanita Alami yang Dapat Tingkatkan Hasrat Seksual!

Jenis Vibrator Sex

Ada beberapa jenis vibrator, mulai dari yang dengan kabel, baterai, dan berbagai bentuk serta ukuran. Berikut ini beberapa jenis alat penggetar yang tersedia di pasaran:

1. Clitoral Vibrator

Alat getar ini memiliki bentuk kecil di ujungnya, digunakan untuk stimulasi klitoris. Klitoris adalah bagian dari vagina yang paling sensitif dan merupakan saraf rangsangan paling besar. Menggunakan alat getar untuk klitoris diklaim dapat meningkatkan orgasme tidak hanya melalui penetrasi saja.

2. Massage Wand

Alat bantu seks ini berbentuk seperti mikrofon dengan ujung bulat sebagai bagian penggetarnya. Alat ini digunakan untuk pijat vagina untuk merangsang wanita. Selain itu, alat ini dapat memberi stimulasi dan mengurangi rasa sakit pada vagina.

3. Bullet Vibrator

Alat bantu seks ini mirip dengan massage wand, namun bagian bulat pada ujung tongkat memiliki seperti gerigi. Desain ini dapat membantu stimulasi langsung, kuat, dan tepat di vagina. Anda dapat mengatur tingkat getarannya sesuai keinginan.

Umumnya, ukuran dan bentuk alat ini seperti penis. Ada berbagai jenis lain yang dirancang untuk kebutuhan seksual.

Cara Menggunakan Vibrator Sex

Setiap jenis memiliki cara kerja yang hampir serupa, yaitu digunakan pada vagina wanita. Ketahui cara pakai vibrator yang nyaman, sebagai berikut:

1. Siapkan Diri Anda dalam Suasana yang Tepat

Pastikan Anda menggunakannya tepat saat Anda menginginkannya. Siapkan waktu, tempat, dan pastikan privasi Anda tetap terjaga. Anda juga harus rileks dan menikmati momen tersebut.

2. Pastikan Kualitas dan Keamanan Alat

Pastikan alat yang ingin Anda gunakan bersih. Ingat bahwa Anda akan mengaplikasikannya ke vagina, jangan sampai alat yang digunakan kotor. Lalu, coba nyalakan alat dan tes getarannya.

3. Aplikasikan Alat Sesuai Fungsinya

Ketahui bagian vagina Anda, mulai dari bibir vagina dan klitoris. Raba dengan lembut dan gunakan alat tersebut. Mulai dari getaran yang rendah terlebih dulu.

4. Rasakan Getarannya pada Bagian Sensitif

Anda dapat membuat variasi gerakan saat mengaplikasikan alat getar ini hingga menyentuh bagian sensitif di vagina. Anda dapat merabanya dari dinding vagina lalu masuk ke klitoris. Ulangi hingga mencapai orgasme.

5. Gunakan Bersama Pasangan

Anda juga dapat menggunakan alat bantu seks ini bersama pasangan. Misalnya, jadikan permainan dengan alat ini sebagai bagian dari foreplay Anda untuk menambah gairah seks dan meningkatkan kualitas hubungan.

6. Setelah Menggunakan Alat

Apabila sudah selesai, sebaiknya segera bersihkan bagian intim Anda. Jangan lupa juga untuk membersihkan virator dan menyimpannya dengan benar. Jangan sampai ujung alat getar kotor karena akan terkontaminasi kuman berbahaya.

Itulah cara pakai vibrator yang benar. Bila perlu, baca di petunjuk penggunaannya di balik kemasan karena setiap alat mungkin memiliki mekanisme berbeda.

Baca Juga: Morning Sex: Manfaat, Tips, dan Posisi Seks

Peringatan Penggunaan Vibrator Sex

Ada beberapa peringatan sebelum menggunakan alat bantu seks ini, termasuk:

  • Jangan menggunakan alat yang kotor karena kuman-kuman mungkin akan terpapar langsung ke bagian kelamin.
  • Jangan menggunakan alat bersama karena akan menularkan virus atau bakteri, serta dikhawatirkan akan menularkan infeksi lainnya.
  • Bersihkan alat setelah menggunakannya, cuci dengan sabun dan air hangat.

Sejauh ini, belum ada laporan tentang efek samping penggunaan alat ini terkait kesehatan seksual. Anda dapat menggunakannya untuk membantu mengatasi disfungsi seksual.

 

  1. Corrado, Cassandra. 2020. 2020 is Turning Out to Be the Year of the Vibrator — Here’s How to Make the Most of Yours. https://www.sheknows.com/health-and-wellness/articles/2143345/2020-year-of-the-vibrator/. (Diakses pada 23 Juli 2020).
  2. Garis, Grace Mary. 2020. Your Guide to 7 Different Types of Vibrators, and How to Use Each Best. https://www.wellandgood.com/types-of-vibrators/. (Diakses pada 23 Juli 2020).
  3. Saint Thomas, Sophie. 2020. Everything You Need To Know About How To Use A Vibrator. https://www.refinery29.com/en-us/how-to-use-a-vibrator#slide-7. (Diakses pada 23 Juli 2020).
  4. Smith, Faye M. 2020. 9 health benefits you’ll get from using a vibrator. https://www.womanandhome.com/health-and-wellbeing/vibrator-351664/. (Diakses pada 23 Juli 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi