DokterSehat.Com– Sit up adalah sebuah teknik atau latihan yang dilakukan dengan mengandalkan kekuatan perut, tangan, dan kaki. Sit up sendiri biasanya digunakan untuk memperindah bentuk otot perut agar menjadi six pack. Seperti diketahui, memiliki perut yang terbentuk adalah sebuah kebanggaan tersendiri, khususya bagi kaum adam.

variasi-sit-up-doktersehat

Namun, mendapatkannya pun tidak mudah. Diperlukan konsisten dan usaha yang ekstra. Pasalnya, membentuk otot perut dengan sit up tidak bisa dilakukan dalam waktu sehari-dua hari, tapi setidaknya berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Tentu saja, hal itu sedikit menjenuhkan, apalagi gerakan sit up terkesan monoton dan begitu-begitu saja.

Nah, untuk mengatasi kebosanan itu, Anda harus mengetahui bahwa sit up juga ada variasi gerakannya. Tentu saja dengan variasi tersebut, aktivitas latihan menjadi lebih menyenangkan karena gerakannya tidak monoton. Berikut adalah variasi dari sit up:

1. Frog Crunch

Frog crunch dilakukan untuk melatih keseimbangan perut bawah sehingga saat latihan, Anda perlu menekan perut bawah lebih kuat dari biasanya. Praktinya tidak sulit, pertama Anda harus duduk dengan kaki diluruskan kepedan. Lalu, miringkan tubuh Anda dan angkat kaki sampai membentuk sudut 45 derajat serta merentangkan tangan ke kanan dan ke kiri. Kemudian, tekuk lutut dan tangan lalu kembali ke posisi semula.

2. Bicycle Cruch

Untuk variasi yang satu ini memiliki nama yang cukup unik, yaitu bicycle crunch. Dalam gerakannya pun diperlukan keseimbangan dan koordinasi yang baik antara perut bawah dan perut atas sebab latihan ini melibatkan sebagian besar otot pada perut. Caranya, posisikan tubuh Anda berbaring dengan tangan di bawah kepala. Kemudian, angkat kaki dan belokkan secara menyilang seolah-olah sedang mendayung sepeda.

3. Back Up Crunch

Teknik yang satu ini memang sedikit unik karena Anda harus melakukan sit up secara terbalik. Jadi, tubuh Anda harus pada posisi tengkurap. Kemudan, angkat kepala dan kaki secara bersamaan sehingga tubuh melengkung. Namun, jangan lakukan secara gegabah sebab gerakan ini tidak mudah dan bisa menimbulkan rasa nyeri jika salah gerak.