Mengenal Vampir Facial, Perawatan Wajah Fenomenal Menggunakan Darah

vampir-facial-doktersehat

DokterSehat.Com – Pernahkan Anda mendengar tentang vampir facial atau facial vampire? Perawatan wajah yang satu ini terbilang fenomenal karena menggunakan darah manusia sebagai bahan utama dari perawatan ini. Ya, vampir memang identik dengan darah. Selain identik dengan darah, vampir juga identik dengan wajah tidak kunjung tua alias selalu awet muda.

Vampir facial telah menjadi perawatan yang tren beberapa tahun belakangan ini. Bagaimana prosedur dan apa saja manfaat dari perawatan wajah yang satu ini? Simak penjelasannya berikut ini?

Apa Itu Vampir Facial

Vampir facial atau vampire facial adalah salah satu treatment wajah yang bertujuan untuk meremajakan kulit atau biasa juga disebut dengan facial rejuvenating. Vampir facial menggabungkan dua metode yaitu PRP (Platelet-Rich Plasma) dan juga microneedling. Treatment yang satu ini menggunakan darah pasien sebagai bahan utama.

Prosesnya dimulai dengan mengambil darah pasien, lalu plasma darah dan sel darah merah akan dipisahkan dengan teknik PRP yang sudah disebutkan sebelumnya. Bagian yang akan diambil untuk diaplikasikan ke wajah adalah bagian plasma darah yang memilki kandungan growth factor. Setelah plasma darah didapatkan, maka akan diaplikasikan ke wajah menggunakan teknik microneedling.

Vampir facial atau vampire facial ini pertama kali viral karena artis Hollywood, Kim Kardashian diketahui melakukan treatment ini. Hingga saat ini, treatment ini masih dapat ditemukan di berbagai klinik kecantikan di beberapa kota besar di Indonesia.

Harga vampire facial adalah berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah, bergantung pada klinik kecantikan yang menyediakan. Sama seperti perawatan wajah lainnya, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka facial vampire ini juga harus dilakukan secara rutin, yaitu sekitar setiap 4-6 minggu sekali.

Manfaat Vampir Facial

Sebagai salah satu perawatan kecantikan yang banyak diminati dan harganya juga tidak murah, tentunya vampire facial menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan wajah. Berikut adalah beberapa manfaat vampire facial!

1. Meremajakan kulit

Manfaat vampir facial yang pertama adalah untuk meremajakan kulit. Kulit dapat beregenerasi secara alami, tapi prosesnya dapat lebih maksimal jika ditunjang dengan perawatan wajah. Setelah melakukan perawatan yang satu ini, kulit akan sedikit memerah selama beberapa hari. Setelah itu, kulit juga akan mengelupas secara perlahan. Kulit akan tergantikan dengan kulit baru yang tentunya lebih sehat.

2. Menghaluskan dan mengencangkan kulit

Vampir facial juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kolagen merupakan salah satu protein utama penyusun kulit. Kolagen memiliki tugas untuk menjaga elastisitas kulit. Setelah kulit mengelupas dan kulit juga memproduksi kolagen yang lebih banyak, maka kulit lama akan digantikan oleh kulit baru yang tidak hanya sehat, tapi juga lebih halus dan juga kencang.

3. Mengecilkan pori-pori

Manfaat lain dari facial vampire ini adalah dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Pori-pori yang terlalu besar memang dapat menjadi masalah wajah yang serius. Selain dapat lebih mudah memicu munculnya jerawat dan komedo, pori-pori besar juga membuat make up lebih sukar diaplikasikan pada wajah.

Setelah mengaplikasikan plasma darah dengan teknik microneedling, terdapat juga perawatan yang menjadikan sisa darah sebagai masker wajah. Tahapan yang satu ini juga berguna untuk membantu mengecilkan pori-pori.

4. Mengatasi masalah jerawat

Vampir facial juga diklaim mampu untuk mengatasi masalah jerawat. Perawatan kecantikan ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selain itu, berkat kulit yang teremajakan dan tergantikan dengan kulit yang baru, bekas jerawat di wajah juga akan tersamarkan atau bahkan hilang jika perawatan ini dilakukan secara rutin.

Apakah Vampir Facial Aman?

Vampir facial dikalim aman karena dipercaya tidak mungkin menimbulkan reaksi alergi. Perawatan ini menggunakan darah Anda sendiri sehingga tidak terdapat kemungkinan tubuh Anda akan menolak perawatan tersebut. Meskipun dapat dikatakan relatif aman, tentunya terdapat berbagai hal yang tetap harus diwaspadai sebelum melakukan perawatan wajah yang satu ini.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan jika Anda ingin menjalani facial vampire ini!

1. Teliti memilih klinik kecantikan

Tips pertama adalah teliti dalam memilih klinik kecantikan. Harga untuk vampir facial sangat beragam, tapi sebaiknya Anda tidak tergiur dengan harga murah. Pastikan klinik kecantikan yang Anda pilih memiliki tenaga profesional yang telah tersertifikasi yang akan menangani perawatan ini. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan alat yang digunakan untuk perawatan sudah steril dan terjaga kebersihannya.

2. Memastikan kondisi kesehatan Anda

Tips vampir facial yang kedua adalah memastikan kondisi kesehatan Anda. Perlu diketahui bahwa treatment ini menggunakan darah kita sendiri sebagai bahan utama, maka dari itu seseorang yang ingin melakukan treatment ini harus memastikan dirinya tidak memiliki gangguan atau kelainan pada darah. Jika Anda memiliki kelainan darah, ditakutkan akan menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Selain itu, jika darah diambil pada saat imunitas tubuh sedang turun seperti pada saat sakit flu atau sedang menstruasi, tentunya growth factor yg terkandung di dalam darah kita fokus terpakai untuk proses penyembuhan dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Sehingga pada saat darah diekstraksi untuk vampire facial, jumlah growth factor yang diharapkan sedikit dan tidak lagi maksimal.

3. Kenali risiko dari perawatan ini

Apapun perawatan kecantikan yang Anda pilih, memahami risiko dari perawatan tersebut merupakan hal yang sangat penting. Perawatan ini memang terbilang aman, namun karakter kulit setiap orang berbeda-beda, sehingga reaksi dan hasil yang ditimbulkan dari perawatan ini juga mungkin dapat berbeda.

Jika Anda adalah pemilik kulit sensitif, sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih perawatan kulit dan berkonsultasilah dengan ahli sebelum melakukannya. Perlu dipertimbangkan juga bahwa perawatan ini bukan perawatan yang murah dan tentunya juga harus dilakukan secara rutin.

Sekian sekilas informasi tentang vampir facial. Berminat untuk melakukan treatment yang satu ini? Jangan lupa untuk memerhatikan beberapa tips yang sudah disebutkan di atas. Selama mencoba!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia