Terbit: 3 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selebritis jebolan ajang pencarian bakat bernama Fay Nabila dikabarkan menderita penyakit usus buntu. Tak hanya berhenti sementara dari dunia hiburan, Fay bahkan harus kembali ke Surabaya, tempat asalnya demi mendapatkan perawatan medis yang diperlukan setelah menjalani operasi usus buntu.

Benarkah Penyakit Usus Buntu Bisa Bikin Usus Pecah?

Peradangan usus buntu termasuk dalam penyakit yang cenderung sering diderita oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya bisa membuat penderitanya kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari karena rasa sakit yang luar biasa, masalah peradangan usus buntu juga bisa pecah andai tidak benar-benar ditangani dengan baik.

Peradangan usus buntu terjadi karena adanya infeksi di saluran pencernaan. Bentuknya mirip dengan bisul yang bisa mengeluarkan nanah. Jika terlambat ditangani atau bahkan tidak mendapatkan penanganan medis yang tepat, usus buntu bisa terus menyebar hingga ke sekitarnya atau bahkan ke seluruh bagian usus. Jika sampai hal ini terjadi, maka usus bisa saja pecah.

Jika awalnya infeksi usus buntu besarnya hanya seujung jari, bisa jadi masalah usus buntu ini bisa semakin membesar dan akhirnya memicu kematian penderitanya. Memang, penderita usus pecah bisa menjalani operasi cuci perut untuk menanganinya, namun proses terapi ini cukup rumit untuk dilakukan dan kemungkinan untuk selamat juga tidak banyak.

Penyebab utama dari peradangan usus buntu adalah infeksi bakteri. Selain itu, bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya sumbatan dari timbunan tinja yang mengeras. Penyebab lain dari masalah usus buntu adalah adanya cacing, parasit, benda asing, dan pembesaran dari jaringan limfoid.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Jika memang kita mulai merasakan nyeri pada perut bagian kanan bawah, ada baiknya kita mewaspadai radang usus buntu dan segera memeriksakannya ke dokter demi mengobatinya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi