Usir Jerawat dengan 6 Bahan Alami Ini

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

DokterSehat.Com– Jerawat merupakan kondisi kulit yang paling tidak diharapkan setiap orang, tampilan wajah yang berjerawat bagi sebagian orang bisa memalukan dan menyakitkan, yang mempengaruhi lebih dari 80 persen individu, baik muda maupun tua.

Ada banyak produk yang menawarkan solusi dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu menjadikan kulit mulus. Tapi banyak dari perawatan ini adalah mengandung bahan kimia keras, belum lagi sangat mahal. Untungnya, ada beberapa obat jerawat alami yang bisa Anda gunakan dari dapur Anda sendiri.

Ada banyak penyebab jerawat, Anda mungkin menderita jerawat kerena wajah menghasilkan minyak yang terjebak di dalam pori-pori, atau bisa juga disebabkan oleh bakteri. kita tahu bahwa hal-hal seperti stres, diet yang buruk, perias wajah dan kosmetik, fluktuasi hormon, kekurangan makanan, dan kebersihan yang buruk dapat menyebabkan jerawat muncul dan menjadi lebih buruk.

Kebanyakan perawatan jerawat bergantung pada satu atau lebih cara untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Perawtan mungkin bekerja untuk mengurangi produksi minyak, atau untuk membersihkan pori-pori, atau untuk menghilangkan bakteri penghasil jerawat. Tapi beberapa perawatan jerawat alami juga bekerja dari dalam tubuh.

Ada 6 solusi mengobati jerawat secara alami yang perlu Anda pertimbangkan untuk memanfaatkan atau menggabungkan dengan solusi lainnya, seperti melansir Natural Society, berikut ini.

doktersehat-minum-air-putih-sehat

1. Hidrasi
Jika Anda tidak cukup minum air putih, kulit Anda akan mengalami kekeringan. Disarankan setidaknya minum dua sampai tiga liter air setiap hari. Air membantu organ terbesar Anda, di antaranya untuk kesehatan kulit, menghilangkan racun, membantu menyeimbangkan hormon, meningkatkan sirkulasi ke kulit, membantu sistem pencernaan, dan banyak lagi.

doktersehat-sayur-sehat-makan
pic credit: christoper pati

2. Meningkatkan Asupan Vitamin A
Vitamin A yang terkandung di dalam buah dan sayuran hijau bertanggung jawab untuk memperbaiki sel kulit dan membentuk kulit baru, vitamin A juga sangat penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Vitamin ini dikenal untuk mengurangi produksi sebum dan menawarkan khasiat antioksidan, yang membantu mencegah terbentuknya jerawat dengan membersihkan bakteri kulit penyebab jerawat.

Selain di dalam buah dan sayuran hijau, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin A, yang mungkin diperlukan untuk kondisi jerawat yang parah. Namun perlu diperhatikan, dosis besar bisa disertai efek samping.

doktersehat-edamame-kacang-polong
Photo Credit: viviandnguyen_

3. Meningkatkan Asupan Seng
Seng bagus untuk kesehatan kekebalan tubuh Anda, namun jika kekurangan mineral penting ini dapat menyebabkan wajah jerawat. Temukan kandungan seng secara alami dalam biji labu, cokelat hitam, ikan, kacang-kacangan, dan daging.

doktersehat-teh-bawangputih
Photo Credit: Megan Westerby

4. Oleskan Teh Daun Thyme untuk Mengecilkan Pori-Pori
Daun thyme memiliki sifat pengeringan yang hebat, menjadikannya toner sempurna untuk kulit berminyak. Daun thyme salah satu tanaman herbal yang termasuk dalam keluarga mint. Setelah mencuci muka, oleskan teh thyme dengan menggunakan kapas. Menggunakan teh thyme secara teratur dapat mengurangi produksi minyak saat Anda tidur.

doktersehat-bau-badan-ketiak-lemon

5. Uap Lemon
Uap lemon membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan membersihkan kotoran. Lemon dan sifat astringent alami, sangat bagus untuk ditambahkan ke uap untuk wajah yang berjerawat.

doktersehat-buah-apel-harus-dicuci-dulu
pic credit: ryan harvey

6. Cuka Sari apel
Cuka sari apel bisa digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk jerawat. Bila Anda ingin menyembuhkan jerawat dengan cepat, coba gunakan cuka sari apel. Cukup oleskan sedikit cuka sari apel menggunakan kapas. Sebagai alternatif, campuran cuka seri apel dengan air, ini dapat digunakan sebagai toner pada kulit.

Selain dengan obat alami, diet yang tepat bisa menunjang kesehatan kulit. Jika Anda menemukan jerawat Anda hanya bisa diobati cara alami, perhatikan asupan makanan Anda.

Makanan olahan dan produk susu merupakan penyebab jerawat yang umum. Kulit Anda membutuhkan Anda untuk tetap bersih dari luar, tapi sabun dan facial tidak akan membantu jika Anda tidak menyembuhkannya dari dalam juga.

Jika tidak ada tips di atas yang membantu Anda, coba gunakan kunyit untuk jerawat dan terus periksa kembali pembaruan tentang lebih banyak obat jerawat alami. Jika kondisi jerawat tidak sembuh, disarankan menghubungi dokter kulit. Atau Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di kolom konsultasi online Doktersehat.