Usia Kehamilan Berapa Minggu Bisa Terdeteksi Test Pack?

usia-kehamilan-berapa-minggu-bisa-terdeteksi-test-pack-doktersehat

DokterSehat.Com – Test pack adalah alat uji yang digunakan untuk mengidentifikasi apakah Anda hamil atau tidak, namun usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack? Ketahui kapan tes kehamilan mulai positif, cara menggunakan test pack, dll.

Usia Kehamilan Berapa Minggu Bisa Terdeteksi Test Pack?

Bila Anda sedang memikirkan apakah Anda hamil atau tidak, Anda mungkin harus menggunakan test pack lebih awal untuk memastikan kehamilan.

Tes kehamilan atau test pack adalah alat untuk tes kehamilan dengan menguji hormon chorionic gonadotropin (HCG). Hormon chorionic gonadotropin (HCG) ini hanya dilepaskan jika sel telur yang berhasil dibuahi menempel di luar atau lapisan rahim Anda yang berarti Anda hamil.

Hormon chorionic gonadotropin (HCG) dapat terdeteksi dengan tes darah sekitar 11 hari setelah terjadi proses pembuahan. Sementara bila Anda menggunakan test pack, Hormon chorionic gonadotropin (HCG) baru dapat dideteksi sekitar 12-14 hari setelah pembuahan.

Lalu, usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack? Berikut ini adalah panduan kapan untuk tes hamil, yaitu:  

  1. Telat Haid

Anda mungkin bertanya-tanya, kapan waktu terbaik tes kehamilan setelah berapa hari telat haid? Bila Anda menghitung siklus menstruasi Anda, akan lebih mudah untuk mengecek berapa lama Anda sudah telat haid.

Berikut ini adalah panduan praktis untuk menghitung waktu ovulasi, yaitu:

  • Secara umum wanita mengalami ovulasi (sel telur yang sudah siap dibuahi) selama 14 sampai 15 hari dari hari pertama siklus menstruasi terakhir.
  • Jika sel telur Anda tidak dibuahi setelah Anda berovulasi, maka sel telur akan luruh, dan menstruasi Anda akan dimulai sekitar 14 hari setelah ovulasi.
  • Jika sel telur Anda dibuahi, implantasi atau bercak darah di awal kehamilan umumnya terjadi sekitar kurang lebih 9 hari atau rata-rata 6-12 hari setelah sel telur berovulasi.

Sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan saat Anda mengalami telat haid terlama yang pernah Anda alami. Misalnya, siklus menstruasi Anda adalah selama 30 sampai 36 hari sekali, maka Anda dapat melakukan tes kehamilan dengan test pack 1-2 minggu setelah Anda telat haid. 

Bila Anda tidak tahu siklus menstruasi Anda, atau apabila Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak menentu, Anda dapat menghitungnya dengan siklus menstruasi 28 hari, yaitu siklus menstruasi rata-rata wanita. Anda dianjurkan untuk melakukan tes kehamilan maksimal satu bulan dari terakhir kali Anda mengalami haid.

  1. Tes Kehamilan di Pagi Hari

Kapan tes kehamilan mulai positif? Sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan dengan test pack urine pertama di pagi hari sebelum Anda minum air putih untuk mengurangi risiko kesalahan hasil tes. Selain itu, konsentrasi HCG di pagi hari sangat tinggi sehingga hasil test pack akan lebih akurat.

Tidak ada kepastian usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack atau tes kehamilan setelah berapa hari telat haid. Umumnya, kehamilan baru terdeteksi di usia 1-2 bulan atau Anda dapat melakukan tes kehamilan dengan test pack 7-14 hari setelah Anda melakukan hubungan seksual tanpa proteksi dimana terjadi pembuahan.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Tes Kehamilan

Anda mungkin ingin mengetahui kapan tes kehamilan mulai positif. Waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan dengan test pack adalah apabila Anda merasakan tanda-tanda hamil sebagai berikut, yaitu:

  1. Nyeri Payudara

Tanda hamil yang pertama adalah Anda merasakan nyeri payudara dan payudara terasa lebih besar dengan warna puting gelap.

Gejala hamil ini terjadi karena Anda mengalami perubahan hormon, yaitu produksi estrogen dan progesteron yang lebih banyak saat Anda hamil. Ketahui lebih banyak tentang 37 tanda-tanda hamil awal yang harus dipahami oleh wanita.

  1. Perut Kram

Tanda hamil lainnya adalah perut kram dan terjadi implantasi atau bercak-bercak darah di awal kehamilan, namun Anda harus mengidentifikasi karena tanda hamil dan tanda haid memiliki persamaan yang kadang membingungkan.

Bila Anda mengalami kram perut di dekat tanggal siklus menstruasi Anda, namun tidak kunjung mengalami haid seminggu setelahnya atau lebih, mungkin itu adalah tanda hamil bukan tanda haid. Anda dapat segera melakukan tes kehamilan dengan test pack untuk memastikannya.

  1. Tanda-Tanda Hamil Lainnya

Kapan tes kehamilan mulai positif adalah saat Anda mengalami berbagai tanda-tanda kehamilan lainnya, yaitu:

  • Telat haid
  • Mual dan muntah
  • Merasa lelah
  • Sering buang air kecil
  • Terdapat perubahan fisik dan emosional Anda

Bila Anda merasakan perubahan dalam tubuh Anda serta Anda mengalami tanda-tanda hamil, terutama 1-2 minggu setelah melakukan hubungan seksual tanpa proteksi dan terjadi pembuahan, Anda dapat melakukan tes kehamilan dengan test pack untuk memastikannya.

Baca Juga: 11 Perbedaan Tanda Haid dan Tanda Hamil 

Cara Menggunakan Test Pack

Test pack digunakan dengan urine dalam berbagai metode yang tergantung pada merek test pack yang Anda pilih. Umumnya, cara menggunakan test pack adalah:

  • Baca petunjuk penggunaan test pack
  • Gunakan urine pertama di pagi hari dan kumpulkan dalam cup
  • Celupkan stik test pack ke dalam urine tersebut
  • Tunggu hasil test pack sesuai dengan waktu yang dianjurkan

Setelah Anda mengikuti prosedur penggunaan dan menunggu sesuai dengan waktu yang disarankan, test pack akan menunjukan indikator hamil atau tidak hamil, perubahan warna, tanda plus atau minus, petunjuk satu atau dua garis.

Baca Juga: Cara Menggunakan Test Pack yang Benar (Hasilnya Dijamin Akurat)

Cara membaca hasil test pack adalah dengan melihat indikator positif atau negatif hamil yaitu, dua garis merah berarti positif hamil, sementara satu garis merah berarti negatif hamil.

Nah, itulah penjelasan tentang usia kehamilan berapa minggu bisa terdeteksi test pack, kapan tes kehamilan mulai positif, tes kehamilan setelah berapa hari telat haid, dll. Semoga artikel kesehatan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

 

Sumber:

  1. Gurevich, Rachel. 2019. When to Take a Pregnancy Test. https://www.verywellfamily.com/when-is-the-best-time-to-take-an-early-pregnancy-test-1960163. (Diakses pada 4 November 2019).
  2. Carteron, Nancy MD, FACR. 2015. When You Should Take a Pregnancy Test. https://www.healthline.com/health/pregnancy/five-signs-to-take-pregnancy-test. (Diakses pada 4 November 2019).
  3. Targonskaya, Anna, MD. 2019. When to Take a Pregnancy Test: You Probably Didn’t Know This. https://flo.health/getting-pregnant/trying-to-conceive/pregnancy-tests/when-to-take-a-pregnancy-test. (Diakses pada 4 November 2019).