Terbit: 5 Juni 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Sebelum memulai aktivitas, jangan lupa untuk menerapkan urutan skincare pagi dengan benar. Produk perawatan wajah memang sangat bermacam-macam. Setiap produk memiliki fungsi yang berbeda dan sebaiknya diaplikasikan sesuai urutannya agar hasilnya lebih maksimal. Berikut adalah urutan penggunaan skin care untuk pagi hari yang benar!

urutan-skincare-pagi-doktersehat

Urutan Skincare Pagi yang Benar

Demi menjaga kulit wajah tetap cantik dan sehat, kita membutuhkan skin care setiap hari. Skin care umumnya digunakan pada pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Produk perawatan kulit untuk pagi dan malam hari dapat memiliki urutan dan jenis produk yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut adalah urutan skincare pagi yang benar:

1. Cleanser

Tahapan skincare pagi yang pertama adalah dimulai dengan cleansing atau membersihkan wajah.

Tahapan yang satu ini merupakan tahapan paling penting dan mendasar yang tentunya ada pada tahapan skin care pagi maupun malam hari. Meskipun baru bangun tidur, bukan berarti wajah kita tetap bersih, ya. Kotoran bisa saja mengendap di wajah selama kita tidur, salah satunya dari bantal yang kita gunakan.

Tujuan membersihkan wajah adalah agar skin care yang nanti digunakan akan menyerap lebih baik ke wajah. Apabila di wajah masih tersisa banyak kotoran, maka akan sulit untuk skin care lainnya menutrisi wajah dengan baik. Tahapan ini juga bertujuan untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

Anda dapat membersihkan wajah dengan air saja atau dapat juga menggunakan sabun pembersih yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda.

2. Toner

Sebelumnya, toner dianggap sebagai skin care yang keras dan dapat mengiritasi kulit.

Namun seiring dengan perkembangan skin care, kini toner sudah lebih aman digunakan untuk kulit. Toner berfungsi untuk menstabilkan pH kulit, hal ini berguna terutama ketika Anda menggunakan produk sabun yang keras.

Sama halnya seperti sabun pencuci wajah, pemilihan toner juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Jika memiliki kulit yang berjerawat, gunakan toner dengan kandungan beta hydroxy acid (BHA) seperti salicylic acid atau alpha hydroxy acid (AHA) seperti glycolic acid atau lactic acid.

Pemilik kulit kering disarankan menggunakan toner dengan AHA yang larut dalam air, sedangkan kulit berminyak menggunakan BHA yang larut dalam minyak. Setelah menggunakan toner, tunggu 5 menit sebelum menggunakan skin care selanjutnya.

3. Essence

Pecinta skin care Korea tentunya sudah tidak asing lagi dengan essence.

Essence memiliki manfaat mirip dengan serum, namun dengan formula yang lebih ringan. Secara umum manfaatnya adalah melembapkan kulit, namun essence menembus kulit jauh lebih dalam dari pelembap biasa.

Hidrasi ekstra dari penggunaan essence memungkinkan kulit untuk lebih maksimal dalam menyerap kebaikan dari berbagai produk skin care selanjutnya yang akan digunakan.

4. Ampoule

Ampoule juga merupakan produk perawatan wajah yang khas dalam skin care Korea.

Sama halnya dengan essence, ampoule juga sebenarnya mirip dengan serum. Hanya saja ampoule memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi. Umumnya ampoule menargetkan masalah tertentu pada wajah.

Umumnya skin care ini digunakan dalam jangka waktu terbatas ketika kulit membutuhkan bantuan ekstra untuk masalah tertentu.

5. Serum

Salah satu yang terpenting dan umumnya juga menjadi termahal dalam urutan skincare pagi adalah serum.

Salah jenis serum yang paling direkomendasikan oleh pakar kecantikan adalah serum yang kaya antioksidan. Serum yang kaya antioksidan yang berasal dari paparan sinar UV hingga polusi. Kulit membutuhkan perlindungan dari antioksidan karena jika tidak, maka gejala penuaan akan lebih cepat muncul.

Serum yang diaplikasikan secara rutin pada wajah akan meningkatkan kesehatan kulit. Banyak produk serum juga yang memiliki klaim dapat mencerahkan dan menyamarkan bintik hitam seiring waktu.

6. Eye Cream

Tahapan skincare pagi selanjutnya adalah eye cream.

Perawatan untuk wajah bagian bawah mata ini tidak hanya dibutuhkan oleh Anda yang memiliki masalah dengan mata panda atau dark circle. Pada dasarnya eye cream juga baik digunakan sebagai pencegahan agar area bawah mata tetap terlihat sehat.

Umumnya eye cream atau krim mata memiliki sifat yang lebih ringan dibandingkan dengan pelembap wajah. Hal ini lah yang membuat eye cream disarankan untuk digunakan lebih dulu sebelum mengaplikasikan pelembap ke seluruh wajah.

7. Spot Treatment

Skin care yang satu ini mungkin tidak selalu menjadi hal yang wajib untuk diaplikasikan.

Namun bagi Anda yang menggunakan produk untuk menghilangkan bekas jerawat, bekas luka, atau noda hitam, maka sebaiknya menggunakan spot treatment setelah eye cream. Umumnya produk ini digunakan di skin care routine malam hari karena dianggap sebagai waktu kulit beregenerasi.

Namun apabila Anda menggunakan retinol di malam hari, maka Anda dapat menggunakan spot treatment ini di pagi hari.

8. Moisturizer (Pelembap)

Pelembap adalah skin care wajib untuk semua jenis kulit, bahkan dapat dikatakan bahwa skin care ini merupkana skin care yang paling dasar.

Pelembap tidak hanya bertugas untuk menghidrasi kulit saja, tapi juga mengunci berbagai produk yang sudah digunakan di urutan sebelumnya, sehingga produk-produk tersebut dalam bekerja dengan maksimal.

Jenis pelembap yang direkomendasikan untuk digunakan di pagi hari adalah pelembap yang ringan, lembut, dan mengandung SPF 30. Kandungan SPF ini sangat penting, terutama jika Anda tidak melapisi pelembap dengan sunscreen.

9. Face Oil

Jika menggunakan produk face oil dalam skin care rutin Anda, maka sebaiknya gunakan face oil setelah menggunakan pelembap. Face oil memiliki sifat oklusif, hal ini berarti face oil menutup semua bahan dan juga kelembapan yang sudah Anda aplikasikan di wajah.

Minyak dapat menembus semua produk mulai dari pelembap hingga serum, namun produk-produk tersebut tidak dapat menembus minyak. Hal ini yang membuat face oil disarankan untuk diaplikasikan belakangan.

Perlu diketahui bahwa minyak wajah tidak hanya untuk kulit kering saja, tapi terdapat juga beberapa minyak yang dapat diaplikasikan di kulit berminyak atau cenderung berjerawat. Pilihlah jenis face oil yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

10. Sunscreen

Setelah mengaplikasikan seluruh produk yang dapat membantu menutrisi kulit, sekarang saatnya memberikan perlindungan pada kulit.

Sunscreen memberikan perlindungan dari sinar UV. Skin care satu ini disarankan untuk diaplikasikan setiap pagi, dalam cuaca seperti apapun. Ya, meskipun di luar matahari tidak terlihat terik, penggunaan sunscreen tetap hal wajib.

Terkadang sinar UV memang tidak selalu memberikan efek secara langsung pada kulit. Namun jika dibiarkan untuk jangka panjang, paparan sinar UV ini dapat menurunkan kesehatan kulit dan menimbulkan berbagai gejala penuaan.

Baca Juga: 6 Urutan Skincare Malam yang Benar (Hasil Maksimal)

Itu dia urutan skincare pagi yang benar untuk diaplikasikan setiap hari. Setiap orang memiliki kebutuhan skin care yang berbeda-beda, sehingga bisa saja terdapat beberapa produk yang tidak perlu Anda aplikasikan. Selalu ingat untuk memilih produk skin care yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

 

  1. Anonim. 2019. Morning Skincare Routine. https://theeverygirl.com/morning-skincare-routine/. (Diakses 5 Mei 2020).
  2. Boidy, Jennifer. 2019. How to Use Skin Care Ampoules. https://www.wikihow.com/Use-Skin-Care-Ampoules#:~:text=Ampoules%20are%20a%20Korean%20skin,drops%20to%20moisturizers%20and%20foundations. (Diakses 5 Juni 2020).
  3. March, Bridget dan Gabrielle Dyer. 2019. Everything you need to know about Korean skincare routines. https://www.cosmopolitan.com/uk/beauty-hair/beauty-trends/a42942/korean-skincare-routine-explained/. (Diakses 5 Mei 2020).
  4. Metzger, Chloe. 2020. Your Skincare Routine Order Explained: How TF to Apply Your Products. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a25372431/what-order-to-apply-skincare-products/. (Diakses 5 Mei 2020).
  5. Schroeder, Roberta. 2020. Face Essence – Everything You Need To Know About The Skincare Category. https://www.elle.com/uk/beauty/skin/articles/g31614/face-essences-all-you-need-to-know-and-which-to-buy/. (Diakses 5 Juni 2020).
  6. Tolentino, Gracee. 2018. In What Order Do I Apply My Skin Care Products?. https://www.dermstore.com/blog/in-what-order-do-i-apply-my-skin-care-products-infographic/. (Diakses 5 Mei 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi