Menerapkan produk skincare dalam urutan yang tepat memastikan bahwa kulit Anda menerima manfaat penuh dari setiap produk yang digunakan. Namun jika Anda tidak menerapkan produk dalam urutan yang benar, Anda tidak akan melihat hasil terbaik dari skincare yang digunakan. Penggunaan skincare akan semakin optimal jika dilakukan dalam urutan yang tepat. Simak urutan skincare malam yang benar di bawah ini.

urutan-skincare-malam-doktersehat

Urutan Skincare Malam

Tidak hanya di pagi hari, malam menjadi waktu penting dalam rutinitas perawatan kulit. Secara alami, kulit akan memperbaiki dirinya di malam hari, oleh karena itu rutinitas di malam hari haruslah berkaitan dengan perawatan dan pemenuhan berbagai nutrisi yang dibutuhkan kulit. Berikut adalah urutan skincare malam yang harus diperhatikan:

1. (Double) Cleanser

Guna menghilangkan kotoran, minyak, dan make up, beberapa ahli merekomendasikan untuk menghapus make up terlebih dahulu dengan penghapus khusus make up sebelum mencuci wajah dengan pembersih yang lembut. Guna mendapatkan kondisi kulit wajah bersih dengan maksimal, cobalah untuk menggunakan cleansing oil untuk menghapus make up, kemudian gunakan pencuci muka untuk menghilangkan semua sebum, kotoran, dan make up yang tersisa.

Jika Anda menggunakan exfoliant , seperti scrub wajah, gunakan itu sebagai pengganti pembersih setelah menghapus make up. Anda mungkin pernah mendengar betapa pentingnya untuk tidak tidur dengan make up, jadi tidak mengherankan membersihkan wajah Anda harus menjadi langkah pertama dalam rutinitas malam hari.

2. Toner dan Essences

Urutan pemakaian skincare malam berikutnya adalah toner atau essences. Jika Anda menggunakan toner, oleskan seperti yang Anda lakukan di pagi hari. Di malam harinya, beberapa wanita juga suka menggunakan mists, essences, beauty waters atau hydrating (hyaluronic acid) serums. Semua ini bertujuan untuk melembapkan dan memelihara kesehatan kulit.

Toner lebih baik digunakan untuk membersihkan dan essences berguna untuk memberikan perawatan.

Toner dirancang untuk menghidrasi kulit, menghilangkan sel-sel mati, dan kotoran yang tertinggal setelah pembersihan. Jika Anda memiliki tipe kulit kering, hindari penggunaan toner.

3. Eye Cream

Selain berguna untuk mengatasi lingkaran hitam di kantong mata, eye cream juga berfungsi untuk melindungi area kulit halus sekitar mata dari produk skincare lainnya yang berpotensi menyebabkan iritasi.

Lewati penggunaan eye cream ini jika: pelembap atau serum dapat digunakan dengan aman dan efektif di bawah mata.

4. Serum, Cream, dan Pads

Seperti bagian tubuh lainnya, kulit melakukan perbaikan, pemulihan, dan regenerasi saat tidur. Oleh karena itu, urutan pemakaian skincare malam menjadi penting. Obat resep (tretinoin, krim jerawat dan rosacea), krim retinol, perawatan pengelupasan kulit (bantalan dan masker kulit), dan serum antipenuaan, lebih baik digunakan di malam hari.

Meski malam hari adalah waktu terbaik, tidak semua perawatan dilakukan disaat yang bersamaan. Pilihlah perawatan malam tergantung kebutuhan kulit Anda.  Terlalu banyak perawatan justru berisiko meningkatkan risiko iritasi dan mengurangi hasil.

Berikut ini pertimbangan sebelum menggunakan skincare di malam hari:

  • Pilih antara obat resep (untuk jerawat atau rosacea) atau  perawatan eksfoliatif (seperti pembalut AHA / BHA, peeling atau masker detoksifikasi). Jika Anda menggunakan keduanya pada malam yang sama, hal itu secara signifikan meningkatkan risiko mengiritasi kulit.
  • Sama seperti obat resep, jangan gunakan krim retinol (non-resep dan resep) pada malam yang sama dengan perawatan eksfoliatif.
  • Perawatan eksfoliatif: Gunakan secara hemat, satu hingga tiga kali seminggu.
  • Masker detoksifikasi/clay: Bagi kebanyakan orang, seminggu sekali sudah cukup.
  • Lakukan uji tempel pada tangan selama 24 jam sebelum menggunakan serum atau essence baru.

5. Hydrating Mask atau Face Oil

Urutan skincare malam berikut ini harus menjadi perhatian terutama bagi Anda yang memiliki kulit kering. Jika Anda memiliki kulit kering, penggunaan hydrating mask atau face oil adalah pilihan yang baik. Kedua jenis produk ini umumnya memiliki kandungan yang ringan dan biasanya dapat digunakan sesering kulit Anda membutuhkan tambahan hidrasi.

Hydrating mask memiliki berbagai bentuk salah satunya adalah masker dengan gaya Korea, Beberapa masker bahkan dirancang untuk dibiarkan semalam. Ikuti instruksi pada masker yang Anda gunakan. Sedangkan untuk penggunaan face oil, gunakan beberapa tetes ke kulit. Pastikan tidak ada produk lain yang digunakan untuk hasil yang terbaik.

6. Moisturizer atau Night Cream

Urutan skincare malam yang terakhir adalah moisturizer atau night cream. Beberapa orang menggunakan moisturizer yang sama di siang dan malam hari. Namun, pelembap malam atau night cream biasanya lebih tebal dan lebih berat, dan dirancang untuk diserap selama beberapa jam.

Pelembap, terutama yang lebih berat yang digunakan di malam hari, membuat lapisan pelindung pada kulit untuk mencegah penguapan air saat Anda tidur. Mempertahankan kadar air yang tinggi di kulit adalah kunci untuk penyembuhan dan menjaga kesehatan kulit. Meski begitu, penggunaan night cream adalah opsional.

Nah, itulah urutan skincare malam yang bisa Anda jadikan patokan. Selain urutan menjadi hal penting, beberapa ahli percaya bahwa mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan kulit untuk menyerap produk juga sama pentingnya. Jika Anda melakukan banyak perawatan di waktu yang sama, berhentilah sekitar satu menit untuk memungkinkan skincare bereaksi dengan kulit.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau dr. Jati Satriyo

  1. Tolentino, Gracee. 2018. In What Order Do I Apply My Skin Care Products?. https://www.dermstore.com/blog/in-what-order-do-i-apply-my-skin-care-products-infographic/. (Diakses pada 20 Februari 2020).
  2. Lukas, Erin. 2019. The Exact Order You Should Apply Your Skincare Products — Morning and Night. https://www.instyle.com/beauty/skin/order-of-skincare-products-day-night. (Diakses pada 20 Februari 2020).
  3. Sharkey, Lauren. 2019. What Order Should I Follow When Applying Skin Care Products?. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/order-of-skin-care#quick-guide. (Diakses pada 20 Februari 2020).