Terbit: 18 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seorang pasien dari India yang baru saja mengalami kecelakaan mobil mengalami kondisi yang sangat tidak biasa, yakni mengeluarkan air seni berwarna hijau saat buang air kecil. Dokter sempat kebingungan dengan kondisi ini namun kemudian mendapatkan alasan tentang perubahan warna air seni yang sangat tidak biasa ini.

Setelah Kecelakaan Mobil, Urine Pria Ini Berubah Menjadi Hijau

Dilansir dari Dirbuzz, para dokter yang berasal dari Pune, Maharashtra sempat terkejut dengan perubahan warna air seni sang pasien yang tidak disebutkan namanya berusia 30 tahun ini. Setelah sempat mengecek riwayat kesehatan atau obat-obatan yang dikonsumsi sang pasien, barulah ditemukan fakta bahwa sang pasien ini mengalami perubahan warna urine sebagai dampak dari penggunaan propofol yang merupakan sejenis anestesi atau obat bius.

Dalam laporan yang ditulis para dokter dari Dr D Y Patil Medical School dalam jurnal BMJ Case Experiences ini, disebutkan bahwa kondisi urine sang pasien terus dimonitor selama 48-72 jam setelah mengalami perubahan warna menjadi hijau.

Meskipun terlihat aneh, pakar kesehatan menyebutkan bahwa sebagian orang dengan kondisi khusus bisa mengeluarkan air seni berwarna hijau hanya gara-gara mengonsumsi sayuran asparagus. Richard Viney dari Queen Elizabeth Hospital, Birmingham, Inggris menyebutkan bahwa kondisi ini disebabkan oleh gangguan gen langka yang membuat seseorang tidak mampu mengolah pigmen dari sayuran sehingga akan dikeluarkan melalui air seni.

Hal lain yang bisa menyebabkan perubahan warna urine menjadi hijau adalah konsumsi obat-obatan tertentu atau adanya infeksi pada saluran kemih.

Untuk kasus pria yang ada di India ini, sang pria mengalami patah tulang pada lengannya dan langsung mendapatkan operasi. Saat menjalankan operasi inilah ia diberi obat bius dan propofol. Tiga jam kemudian, pria ini mengeluarkan air seni dengan warna hijau.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi