Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seorang tentara dari Amerika Serikat yang tidak disebutkan namanya kehilangan penis saat dikirim untuk berperang di Afghanistan. Saat itu, tentara yang diyakini masih berusia muda ini kehilangan penis dan buah zakarnya sekaligus akibat terkena ledakan ranjau darat.

Untuk Pertama Kalinya, Penis Utuh Ditransplantasikan pada Tubuh Seorang Pria

Dilansir dari NBC News, tentara ini akhirnya mendapatkan operasi transplantasi penis dan buah zakar secara utuh yang disebut-sebut pertama kali dilakukan di Amerika Serikat di Johns Hopkins Hospital yang berlokasi di Baltimore. Operasi ini melibatkan sembilan orang ahli bedah plastik dan dua dokter spesialis urologi. Penis dan buah zakar yang ditransplantasikan pada tentara ini berasal dari pria yang sudah meninggal.

Setelah menjalani operasi yang dilakukan selama 14 jam pada 26 Maret 2018 lalu, pria ini mengaku kembali mendapatkan kepercayaan dirinya. Meskipun mengaku beruntung bisa selamat dari ledakan ranjau darat, tetap saja pria ini merasa ada yang kurang pada dirinya mengingat organ vitalnya sudah menghilang.

Kini, sang pria masih dalam masa pemulihan. Diharapkan, pada akhir pekan ini Ia sudah diperbolehkan untuk pulangk e rumah. Hanya saja, Ia harus rutin melakukan pemeriksaan pada rumah sakit demi mengantisipasi jika ada kemungkinan tubuhnya menolak penis dan buah zakar yang ditransplantasikan sebelumnya.

Kepala Bagian Bedah Plastik dari Johns Hopkins Hospital, dr. Andrew Lee, berkata bahwa operasi transplantasi ini diharapkan bisa mengembalikan fungsi kemih dan seksual bagi sang pria. Hal ini berarti, jika memang tubuhnya tak menolak donornya, maka sang pria bisa saja buang air kecil dan mendapatkan keturunan sebagaimana pria-pria pada umumnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Semoga saja kondisi sang pria segera pulih dan bisa menjalani hidup dengan normal ya, Sobat Sehat?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi