Unik, Pisang Ini Bisa Dimakan Bersama Dengan Kulitnya

doktersehat-pisang-buah

DokterSehat.Com– Kita terbiasa mengkonsumsi pisang dengan cara mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum melahap daging buahnya yang terasa manis. Namun, tahukah anda jika ada buah pisang yang bisa dimakan sekaligus dengan kulitnya?

Buah pisang ini bisa ditemukan di Jepang dan disebut sebagai mongee banana. Sebenarnya, 99 persen buah pisang yang ditemukan di Negeri Sakura ini diimpor dari berbagai tempat di seluruh dunia. Namun, khusus untuk pisang berjenis mongee banana ini diproduksi sendiri di Jepang, tepatnya di Prefektur Okayama. Jika biasanya buah pisang memiliki harga yang murah meriah, harga dari mongee banana ini satu bijinya adalah 648 Yen atau sekitar Rp 77 ribu, kontras jika dibandingkan dengan harga pisang di warung nasi yang sebijinya biasanya hanya Rp 2 ribu.

Mengapa harga pisang khas Jepang ini bisa begitu mahal? Tak hanya rasanya yang manis dan kaya akan kandungan nutrisi, buah pisang ini ternyata bisa dimakan sekaligus dengan kulitnya. Tak hanya itu, buah pisang yang diproduksi D&T Farm ini tentu saja termasuk anomali mengingat biasanya pisang hanya bisa ditanam di daerah tropis, bukannya di negeri 4 musim seperti Jepang. Hal ini berarti, proses penanaman dari buah ini tentu akan jauh lebih mahal agar bisa bertahan di musim-musim yang tidak akan ditemukan di negara tropis.

D & T Farm menyebutkan bahwa pisang ini telah dibentuk dengan DNA khusus yang membuatnya mampu tumbuh di iklim dingin. Yang menarik adalah, proses penanaman buah ini sama sekali tidak memakai pestisida dan ditumbuhkan dengan cara organik. Hasilnya adalah, kulit buah pisang ini tentu aman untuk dikonsumsi.

Meskipun terlihat aneh, kulit mongee banana cenderung tipis sehingga membuatnya enak-enak saja untuk dikonsumsi. Yang menarik adalah, kulit buah pisang ini justru terasa lebih manis dari daging buahnya, sangat kontras dari kulit buah pisang yang biasa kita temukan yang memiliki rasa cenderung pahit.