Unik, Bayi Kembar Ini Memiliki Beda Usia 87 Hari. Kok Bisa?

DokterSehat.Com– Kebanyakan bayi kembar terlahir dengan perbedaan usia yang sangat sedikit, yakni beberapa menit atau beberapa jam saja. Namun, apa yang terjadi pada bayi dari Irlandia ini sangatlah tidak biasa. Bayi kembar yang terlahir dari ibu bernama Maria Jones-Elliott ini bisa memiliki perbedaan usia 87 hari. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Foto: Extra.ie

Usut punya usut, salah satu dari bayi kembar yang berasal dari wanita berusia 34 tahun ini terlahir 4 bulan lebih awal dari jadwal Hari Perkiraan Lahir (HPL). Bayi yang kemudian diberi nama Amy ini memiliki berat hanya 0,5 kg. Setelah kelahiran Amy, entah bagaimana ceritanya kontraksi pada tubuh Maria berhenti sehingga tidak lagi melahirkan bayi lainnya. Melihat adanya fakta ini, dokter yang menangani proses persalinannya pun memutuskan untuk membiarkan bayi lainnya ini tetap di dalam kandungan agar bisa berkembang dengan lebih sempurna.

Pada tanggal 27 Agustus 2012, 87 hari setelah Amy dilahirkan atau tepatnya saat usia kehamilan Maria mencapai 36 minggu, bayi kedua Maria yang bernama Katie pun dilahirkan. Berat Katie sudah mencapai 2,5 saat dilahirkan. Dokter yang menangani proses kelahiran kedua kembar ini pun menganggap hal ini sebagai keajaiban medis karena belum pernah mengalaminya sebelumnya.

Meskipun Amy memiliki berat badan sangat rendah saat dilahirkan, kondisinya bisa stabil dan berkat bantuan tenaga medis yang menanganinya, Amy terus bertahan hidup dan berkembang selayaknya bayi pada umumnya hingga akhirnya bisa bertemu dengan kembarannya, Katie. Kini, keduanya tumbuh dengan baik dan sudah berusia 4 tahun dengan kondisi yang sehat.

Kelahiran kembar dari Irlandia yang unik ini pun dinobatkan Guiness World of Record sebagai “Jeda terpanjang antara kelahiran anak kembar” di seluruh dunia.