Berapa Ukuran Penis Normal Orang Indonesia

doktersehat benjolan pada penis

DokterSehat.Com – Ukuran dari penis memang bukan tolok ukur kehebatan pria di atas ranjang atau kepuasan dari pasangannya. Bahkan dari sebuah penelitian sekitar 85% wanita merasa puas dengan alat vital pasangannya. Mereka juga tidak menuntut pria untuk memanjangkan alat kelaminnya meski 45% pria ingin melakukannya.

Ukuran Penis Normal di Masyarakat

Meski banyak yang bilang kalau ukuran penis bukan segalanya dan yang lebih penting adalah performanya, ukuran tetap menjadi hal penting. Beberapa pria mengaku jadi malu atau tidak semangat untuk berhubungan dengan pasangan karena takut tidak bisa memberikan kenikmatan.

Untuk membuat ukuran penis menjadi normal, beberapa pria kerap melakukan penis enlargement seperti jelqing atau jelq atau dengan metode pompa. Cara ini dianggap mampu memperbesar ukuran penis dari pria meski cukup berisiko merusak jaringan dari penis.

Ukuran Penis Orang Indonesia

Rata-rata ukuran penis pria di seluruh dunia sekitar 13,97 cm. Sementara itu pria dengan ukuran penis terpanjang dipegang oleh Kongo dengan ukuran 18 cm. Ukuran penis Indonesia yang normal sekitar 11,68 cm dan cenderung lebih besar ketimbang negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand dan Malaysia.

Untuk mengetahui ukuran penis normal yang aktual, coba ukur dalam keadaan ereksi maksimal. Pengukuran bisa dengan menggunakan penggaris atau alat ukuran lainnya mulai dari pangkal hingga ke kepal penis.

Kalau Anda sudah memiliki ukuran penis di atas 12 cm, jangan khawatir karena ukuran itu sudah termasuk normal untuk ukuran orang Indonesia. Selain itu, dengan ukuran tersebut aktivitas seksual dan juga reproduksi bisa berjalan dengan lancar asal dilakukan dengan benar.

Jadi, kalau perbedaannya hanya 1 cm lebih kecil dari ukuran normal, tidak masalah. Anda tetap bisa menggunakan penis sebagaimana mestinya.

Cara Mengukur Penis dengan Benar

Ada dua cara untuk mengukur penis, di antaranya:

  • Metode pertama adalah dengan mengukur ketika sedang ereksi.
  • Metode kedua adalah dengan meregangkan penis yang rileks dan kemudian mengukurnya.

Hasil dari kedua pendekatan ini mungkin memiliki perbedaan beberapa milimeter – tetapi pengukuran ketika sedang ereksi umumnya akan lebih besar. Namun metode yang paling umum adalah pengukuran BPEL (Bone-Pressed Erect Length) – ketik sedang ereksi.

Alat yang direkomendasikan: Pita pengukuran ketebalan atau penggaris kain.

Untuk mengetahui panjang penis, gunakan penggaris. Kemudian, letakkan salah satu ujung penggaris di area tulang panggul Anda – itu adalah daerah keras dan agak bertulang di atas penis Anda. Pastikan untuk memberi tekanan pada penggaris sampai Anda merasakan tulang panggul Anda: Ini untuk memastikan bahwa rambut kemaluan dan lapisan lemak Anda tidak akan mengganggu pengukuran. Ukur dari tulang panggul ke ujung penis Anda.

Untuk mendapatkan ketebalan, Anda bisa menggunakan pita pengukur. Bungkus pita pengukur di sekitar bagian paling tebal dari penis Anda; itu bisa menjadi poros, dasar, atau ujung. Jika Anda tidak memiliki penggaris pita tetapi Anda memiliki penggaris, yang dapat Anda lakukan adalah gunakan secarik kertas. Gunakan kertas itu sebagai pita pengukur dan periksa ketebalan penis Anda. Tandai bagian kertas yang tumpang tindih, dan kemudian ukur strip menggunakan penggaris.

Apakah Ukuran Penis Jadi Masalah?

Untungnya, bagi mereka yang berada pada ukuran sedikit di bawah rata-rata, tidak perlu khawatir. Menurut jurnal penelaahan penelitian British Journal of Urology International (BJUI), wanita lebih fokus pada penampilan dan kepribadian pria: ukuran penis bukanlah prioritas.

Banyak pria yang ukuran penisnya 5 inci atau tidak begitu meragukan ukurannya. Ini biasa terjadi tetapi dapat menyebabkan masalah pada harga diri dan perasaan tidak percaya diri. Ukuran penis 5 inci termasuk rata-rata dan tidak perlu malu.

Baca juga: Bukan Ukuran Penis, Ini yang Membuat Wanita Tidak Puas Dengan Kehidupan Seksnya

Pompa dan extender penis umumnya digunakan untuk meperbesar ukuran penis. Alat ini dapat bekerja jika digunakan dengan benar selama jangka waktu yang panjang. Anda juga dapat melakukan latihan penis jelqing atau manual di rumah.

Jika ingin membuat pasangan Anda lebih puas dengan penis Anda, disarankan agar Anda fokus untuk meningkatkan ketebalannya daripada panjangnya. Menurut dua penelitian, hampir 90% wanita lebih memilih penis dengan lingkar yang lebih besar daripada yang lebih panjang.

Namun, 68% wanita yang dengan pria memiliki ukuran penis di bawah rata-rata secara global dan nasional berharap bahwa pasangan mereka memiliki penis yang lebih besar, menurut studi pascasarjana dari UCLA (University of California, Los Angeles) Departemen Psikologi. Di sisi lain, sebagian besar responden wanita dalam penelitian (85%) mengatakan bahwa mereka puas dengan ukuran penis pasangan mereka.

Jadi, sudah tahu ukuran penis orang Indonesia, kan. Ternyata ketebalan penis lebih disukai pasangan, lho, Teman Sehat!