Terbit: 6 November 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ukuran payudara wanita sering dijadikan parameter kesempurnaan feminitas, padahal setiap wanita memiliki bentuk tubuh unik dan berbeda. Nah, apakah besar kecilnya payudara wanita dapat menjamin kesehatan payudara? Ketahui indikator ukuran payudara ideal berdasarkan kesehatan di sini. 

Ukuran Payudara Ideal dan Cara Mengukurnya

Bagaimana Ukuran Payudara Ideal?

Pada dasarnya, tidak ada kata yang tepat untuk menentukan seperti apa payudara ideal karena setiap wanita memiliki genetik, jaringan, kebiasaan, bentuk tubuh, serta berat dan tinggi badan berbeda. Semua faktor tersebut akan memengaruhi ukuran dan bentuk payudara wanita. 

Secara umum, ukuran payudara ideal bisa ditentukan dari berat badan, tinggi badan, dan bentuk tubuh wanita. Bagi wanita Indonesia, rata-rata ukuran payudara adalah 32-34 yang juga diukur sebagai cup A hingga cup C. 

Sementara itu, pendekatan lebih proporsional untuk mengukur payudara wanita adalah berdasarkan empat bentuk tubuh standar, yaitu: 

1. Bentuk Tubuh Apel 

Wanita dengan bentuk tubuh seperti apel dengan ciri bagian bokong, pinggul, dan dada lebih bulat sementara bentuk kaki lebih kecil cenderung memiliki payudara lebih besar. Nah, payudara yang lebih besar dapat menyeimbangkan proporsi tubuh bentuk apel sehingga terlihat ideal dan proporsional.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Bentuk Tubuh Pir 

Wanita dengan bentuk tubuh seperti pir memiliki ciri pinggul lebih lebar dan pinggang yang terlihat lebih tegas. Bentuk tubuh pir terlihat ideal bila memiliki ukuran payudara sedang, karena bentuk atau lingkar dadanya pun sedang. 

3. Bentuk Tubuh Jam Pasir 

Bentuk tubuh seperti jam pasir memiliki ciri tubuh bagian atas (dada) dan tubuh bagian bawah (bokong) lebih besar dan proporsional. Sementara ukuran perut atau pinggul cenderung lebih kecil. Wanita dengan bentuk tubuh seperti ini lebih ideal bila memiliki ukuran payudara kecil. 

4. Bentuk Tubuh Persegi Panjang 

Bentuk tubuh ini berarti bagian tubuh bagian atas dan bawa memiliki ukurang sedang yang cenderung sama. Wanita dengan bentuk tubuh ini dapat terlihat lebih proporsional bila memiliki payudara lebih besar untuk memberikan lekukan pada tubuh. 

Itulah pembahasan tentang ukuran payudara ideal sesuai dengan bentuk tubuh. Walaupun demikian, indikator tersebut tidak sepenuhnya bisa dijadikan standar kecantikan atau kesempurnaan tubuh seseorang. Bagaimanapun, setiap wanita memiliki bentuk tubuh unik dan ideal, yang terpenting harus sehat. 

Baca Juga: 11 Penyebab Payudara Kendur yang Harus Diketahui

Cara Mengukur Payudara yang Tepat

Banyak wanita yang salah menggunakan bra karena tidak mengetahui ukuran payudaranya, sehingga mereka merasa tidak nyaman seperti seharusnya. Keterangan: 

  • Bust: Lingkar payudara. 
  • Band Size: Panjang lingkar torso (lingkar dada). 
  • Cup: Volume payudara. 

Berikut ini cara mengukur payudara yang tepat: 

  • Ukur Panjang Lingkar Torso Anda. Lingkar torso adalah batang tubuh tepat di bawah payudara. 
  • Ukur Lingkaran Payudara. Gunakan pita meter pengukur payudara untuk mengukur lingkar payudara, harus sejajar dengan lingkar torso. 

Nah, lihat tabel di bawah ini untuk mengetahui ukuran bra wanita: 

Ukuran Lingkar Torso 

(Lingkar Bawah Payudara) 

Ukuran Bra

63-67 cm 

30

68-72 cm 

32

73-77 cm 

34

78-82 cm 

36

83-87 cm 

38

88-92 cm 

40

Setelah Anda mengetahui ukuran bra, Anda harus menghitung ukuran cup payudara untuk mendapatkan ukuran bra yang tepat. 

Baca Juga: 13 Bentuk Payudara Wanita, Normal atau Tidak?

Cara Mengukur Cup Payudara 

Ukuran cup payudara Anda adalah panjang lingkar torso dikurangi lingkar payudara. Gunakan rumus ini: 

Cup Payudara = Top Bust – Band Size + 2 cm

Berikut ini grafik cup payudara: 

Top Bust – Band Size + 2 cm

Cup Payudara

10-12 cm

A

13-14 cm

B

15-17 cm

C

18-19

D

20-22 cm

E

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui ukuran bra yang tepat, yaitu ukuran bra ditambah ukuran cup. Misalnya, ukuran bra 38B berarti band size 38 dan ukuran cup C. 

Baca Juga: 9 Faktor yang Memengaruhi Ukuran Payudara, Wanita Harus Tahu!

Faktor yang Memengaruhi Ukuran Payudara 

Ukuran dan bentuk payudara wanita berbeda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk:

  • Riwayat Keluarga: Biasanya, wanita yang lahir dari keturunan wanita dengan payudara besar juga akan memiliki payudara besar. Walaupun ini belum pasti, tapi kecenderungannya lebih besar. 
  • Berat Badan: Wanita dengan tubuh lebih besar cenderung juga memiliki payudara besar karena penumpukan jaringan lemak. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkin wanita yang bertubuh kecil memiliki payudara besar secara natural. 
  • Faktor Olahraga: Wanita yang sering olahraga seperti latihan beban memiliki payudara lebih kencang karena jaringan otot dada juga lebih kuat. 
  • Wanita Hamil dan Menyusui: Ibu hamil dan menyusui memiliki payudara lebih besar karena perubahan hormon. 
  • Menstruasi: Wanita menjelang atau yang sedang menstruasi juga memiliki payudara lebih besar dari biasanya karena perubahan kadar hormon progesteron. 
  • Penggunaan Pil KB: Penggunaan pil KB tertentu dapat memengaruhi ukuran dan bentuk payudara walaupun tidak signifikan. 
  • bAnak perempuan usia belasan tahun baru mengalami pertumbuhan payudara, sementara wanita dewasa memiliki payudara lebih besar. 

Itulah pembahasan tentang ukuran payudara ideal. Sebenarnya, tidak ada patokan khusus tentang seperti apa bentuk tubuh yang sempurna bagi seseorang. Pasalnya, setiap orang lahir dengan genetik dan keadaan berbeda dan tidak bisa diukur sama rata. Ukuran kecantikan atau kesempurnaan pun tidak sepenuhnya dapat diukur dari bentuk tubuh atau penampilan luar. 

Hal yang terpenting adalah untuk menjaga kesehatan payudara dan mencegah kanker payudara yang sangat rentan terjadi pada wanita. Lakukan pemeriksaan payudara secara mandiri (SADARI) setiap bulan, tepatnya 7-10 hari. Baik payudara besar atau kecil memiliki risiko yang sama mengalami kanker payudara, jadi sebaiknya lakukan pencegahan sejak awal. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Ambrosia Clinic. 2020. BREAST TALK: ALL YOU WANT TO KNOW ABOUT IDEAL BREASTS. https://www.ambrosiaclinic.com/breast-talk-all-you-want-to-know-about-ideal-breasts/. (Diakses pada 06 November 2020). 
  2. Cacique Intimates. 2020. HOW TO MEASURE BRA SIZE. https://cacique.lanebryant.com/content/bra-guide. (Diakses pada 06 November 2020). 
  3. Miller, Korin. 2020. 7 Factors That Can Actually Impact Your Breast Size. https://www.self.com/story/6-things-that-can-actually-impact-your-breast-size. (Diakses pada 06 November 2020). 
  4. Tiwari, Pankaj, M.D. 2020. How Do You Know if You Have the Right Breast Size?. https://thedoctorweighsin.com/right-breast-size/. (Diakses pada 06 November 2020). 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi