Ujung Roti Sudah Berjamur, Bolehkah Bagian Lain Dimakan?

jamur-roti-doktersehat
Photo Source: Flickr/Tim Bartel

DokterSehat.Com– Terkadang kita menemukan roti yang disimpan di dalam lemari memiliki warna kebiruan di sudutnya karena sudah berjamur. Hanya saja, di bagian lain dari roti ini belum berjamur. Sebenarnya, apakah bagian lain dari roti yang masih terlihat baik ini masih boleh untuk dimakan?

Pakar kesehatan menyebut jamur yang menyerang roti sebagai jamur kapang atau mold. Jamur ini bisa dikenali dengan warna dari sporanya yang berwarna biru atau keabu-abuan. Jika kita tak sengaja memakan roti yang sudah terkena jamur ini, maka kita akan lebih berisiko terkena alergi atau gangguan pernapasan yang bisa membahayakan kesehatan. Selain itu, adanya kandungan mikotoksin di dalam jamur ini juga bisa saja menyebabkan keracunan yang tentu akan berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh.

Salah satu jenis mikotoksin yang ada di dalam jamur roti adalah aflaktosin. Aflaktosin juga bisa tumbuh di dalam biji-bijian atau kacang-kacangan. Hingga saat ini, sayangnya belum ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan jamur ini pada roti. Beruntung, produsen makanan biasanya bisa membuatnya berada dalam batasan yang aman sehingga membuat roti masih memiliki waktu yang cukup untuk dikonsumsi.

Jika di bagian ujung roti sudah berjamur, sebagian orang berpikir jika bagian lain dari roti ini masih aman untuk dikonsumsi. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak mengonsumsinya karena bagian roti yang terlihat bersih ini sebenarnya sudah terpapar jamur. Sebagai informasi, warna biru atau keabu-abuan pada ujung roti ini hanyalah bagian sporanya saja. Sementara itu, bagian jamur lainnya seperti akar-akarnya bisa jadi sudah menyebar ke hampir semua bagian roti tanpa terlihat. Selain itu, bisa jadi di bagian akar ini sudah ada kandungan mikotoksin yang berbahaya jika dikonsumsi.

Melihat fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi mengonsumsi roti yang sudah berjamur. Karena alasan ini pulalah sebaiknya kita selalu mengecek tanggal kadaluarsa dari roti sebelum mengonsumsinya. Jika memang sudah dekat dengan tanggal tersebut, segera habiskan roti agar tidak sampai berjamur dan tidak lagi layak untuk dimakan.