Amankan Memakan Udang dengan Bercak Putih?

udang_bercak_putih_doktersehat_1
Photo Source: abc.net.au/digfish

DokterSehat.Com– Salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang adalah udang. Sayangnya, belakangan ini terdapat penyakit yang membuat udang memiliki bercak putih di tubuhnya. Sebenarnya, apakah udang dengan bercak putih ini aman untuk dikonsumsi?

Dilansir dari abc.net.au, para ahli menyebutkan bahwa 30 persen dari sampel udang yang ada di supermarket yang ada di Queensland, Australia memiliki bercak putih ini. Beruntung, setelah dicek kondisinya oleh para ahli, ternyata bercak putih ini tidak mempengaruhi nilai gizi ataupun keamanan dari udang tersebut. Hal ini berarti, kita tidak perlu khawatir saat mengonsumsi udang dengan kondisi ini.

Menurut para ahli, penyakit bercak putih ini memang sering menyerang hewan bercangkang sepertu udang, kepiting, atau bahkan lobster. Penyakit ini dibawa oleh cacing laut dan bisa memicu kematian hewan-hewan tersebut. Udang dengan bercak putih ini juga bisa ditemukan di kawasan Asia dan Amerika. Hal ini berarti, ada kemungkinan kita juga menemukan udang dengan kondisi seperti ini di Indonesia.

Penyakit bercak putih ini menyebar karena migrasi dari udang yang sudah terkontaminasi atau air yang sudah terkontaminasi. Selain itu, banyak nelayan yang menggunakan udang dengan bercak-bercak putih ini sebagai umpan karena menganggap udang ini tidak berkualitas sebagaimana udang yang masih dalam kondisi baik. Padahal, hal ini bisa ikut mempengaruhi penyebaran penyakit ini pada hewan-hewan bercangkang lainnya.

Meskipun telah dipastikan aman untuk dikonsumsi, ada baiknya kita tidak memakan udang dengan jumlah yang berlebihan demi mencegah datangnya masalah kesehatan yang berbahaya seperti kolesterol tinggi. Pastikan untuk mengimbangi asupan makanan-makanan laut dengan sayuran atau buah-buahan demi menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat.