Terbit: 2 Mei 2018 | Diperbarui: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ubi jalar atau yang lebih dikenal dengan ubi ungu adalah salah satu sumber karbohidrat yang kaya vitamin A dan betakaroten. Makanan ini sehat untuk dikonsumsi dewasa dan anak-anak, termasuk untuk MPASI. Apa saja manfaatnya?

Ubi Ungu: Manfaat dan Cara Mengolahnya Untuk MPASI

Manfaat ubi ungu untuk MPASI

Ubi ungu dikenal sebagai makanan yang kaya kaan karbohidrat. Selain itu, ubi ungu juga kaya akan kandungan vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata dan pertumuhan. Ubi ungu juga mengandung kalsium, vitamin E, potasium, vitamin C, zat besi dan serat yang baik bagi kesehatan.

Manfaat lain dari ubi ungu antara lain mengandung gizi lengkap dan seimbang, jiga mengandung antioksidan alami seperti betakaroten dan antosianin. Dengan kelengkapan gizi yang dimiliki oleh ubi ungu, hal ini membuat ubi ungu merupakan makanan yang baik untuk diperkenalkan pada bayi sejal usia 6 bulan.

Mengolah ubi ungu untuk MPASI

MPASI dari ubi ungu dapat diolah dengan berbagai cara, di antaranya:
1. Pure ubi ungu
Cara paling mudah mengolah ubi ungu untuk MPASI adalah dengan membuat pure ubi ungu. Caranya, kukus ubi ungu hingga lunak, lalu haluskan dan tambahkan 3 sendok makan ASI atau ASI perah. Tunggu hingga suhu normal lalu berikan pada anak.

2. Jus ubi ungu
Selain diolah menjadi makanan, Anda juga bisa mengolah ubi ungu menjadi jus. Kukus ubi ungu terlebih dahulu, kemudian campurkan dengan ASI atau air, lalu hancurkan menggunakan blender. Anda bisa memberikan jus ubi ungu sebagai cemilan anak di sela jadwal makan beratnya.

3. Ubi ungu kukus
Apabila usia anak sudah semakin besar dan sudah memiliki gigi, Anda juga bisa memberikan ubi ungu kukus untuk camilannya.

Nah, ternyata banyak kan olahan ubi ungu yang bisa Anda gunakan untuk MPASI? Apa olahan ubi ungu favorit Anda dan keluarga? Yuk berbagai di kolom komentar!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi