Terbit: 18 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Uban atau rambut yang sudah memutih seringkali dianggap sebagai tanda bahwa usia sudah menua. Hanya saja, kini semakin banyak orang-orang yang masih berusia muda yang juga mengalaminya. Hanya saja, apakah benar jika uban di usia muda menandakan masalah kesehatan?

Penyebab Uban di Usia Muda dan Cara Menghilangkannya (Mudah)

Penyebab Uban di Usia Muda

Pakar kesehatan menyebut rambut yang beruban terjadi karena sel melanosit yang ada di folikel rambut mengalami kerusakan. Meskipun hal ini seringkali tidak terkait dengan masalah kesehatan, dalam beberapa kasus hal ini bisa saja menandakan masalah autoimun, gangguan tiroid, atau bahkan masalah pada jantung.

Pakar kesehatan dr. Kirkland dari Robert and Arlene Kogod Center, Mayo Clinic menyebut orang yang mengalami rambut beruban di usia muda dan memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya harus mewaspadai adanya kemungkinan kondisi jantungnya jauh lebih buruk.

Penyebab lain dari uban di usia muda adalah alopecia areata, gangguan autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut parah. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut munculnya uban ini seringkali terkait dengan kekurangan asupan vitamin B12 yang bisa ditemukan di dalam daging-dagingan, ikan, susu, dan telur. Selain itu, bagi mereka yang mengalami masalah pada hormon tiroid, risiko untuk mengalami masalah beruban di usia muda juga lebih memungkinan untuk terjadi.

Pakar kesehatan dr. Wilma Bergfeld dari Cleveland Clinic menyebut beberapa orang yang melakukan diet ketat atau melakukan olahraga demi menurunkan berat badan dengan drastis juga bisa membuat rambut mudah beruban. Hal ini biasanya terkait dengan stres pada fisik. Selain itu, stres psikis akibat beban pikiran, faktor pekerjaan, atau masalah lainnya juga bisa menyebabkan hal ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Penelitian yang dipublikasikan dalam Italian Dermatology Online Journal juga membuktikan bahwa orang yang terbiasa merokok cenderung memiliki risiko lebih besar mengalami rambut beruban hingga 2,5 kali lebih besar. Selain itu, penggunaan bahan kimia seperti pewarna rambut yang tidak aman atau berlebihan juga bisa menjadi penyebabnya.

Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda

Mengingat rambut beruban bisa membuat rasa percaya diri menurun, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengatasinya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut beruban.

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan air putih setidaknya dua liter per hari demi menjaga keseimbangan cairan tubuh, metabolisme, dan hormon. Selain itu, kita juga sebaiknya mulai menurunkan asupan kafein dan alkohol. Ada dugaan bahwa asupan kedua hal ini dengan berlebihan bisa menyebabkan masalah uban.

  1. Rutin Berolahraga

Rajin berolahraga akan meningkatkan sirkulasi darah, termasuk yang menuju ke kepala dan folikel rambut. Hal ini akan membuat rambut akan mendapatkan nutrisi dan oksigen dengan cukup sehingga akan terjaga kondisinya dan tidak akan mudah beruban.

  1. Mendapatkan Waktu Istirahat yang Cukup

Stres dan peradangan yang dialami oleh tubuh atau pikiran bisa menyebabkan datangnya rambut beruban. Demi mengatasinya, pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam. Selain itu, kita juga bisa melakukan beberapa hal yang menyenangkan demi mengatasi stres tersebut seperti piknik, bersantai, atau sekadar melakukan hobi yang disukai.

  1. Cermat Memilih Makanan

Konsumsilah makanan yang tinggi kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin B12 seperti daging ikan, keju, telur, pisang, dan daging unggas. Selain itu, cobalah untuk menurunkan asupan dengan kandungan lemak tidak sehat seperti makanan cepat saji atau gorengan yang bisa menyebabkan peradangan dan masalah rambut beruban.

  1. Jangan Mencabut Uban

Mencabut uban hanya akan membuat akar rambut mengalami kerusakan dan akhirnya mengganggu fungsi saraf dan folikel rambut.

 

Sumber:

  1. Weintraub, Karen. 2017. Why Does Hair Turn Gray at a Young Age. nytimes.com/2017/06/09/well/live/why-does-hair-turn-gray-at-a-young-age.html. (Diakses pada 18 November 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi