Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar bahwa televisi bisa memengaruhi pola makan anak. Televisi bukan hanya mampu memengaruhi keinginan anak membeli makanan yang di iklankan, namun juga bisa memengaruhi pola makan anak. Untuk itu penting bagi kita mengetahui bagaimana tips agar pola makan anak tidak terpengaruh oleh televisi.

TV Pengaruhi Makan Anak, Ini Tips Menghindarinya

Berdasarkan Academy of Nutrition and Dietetics, anak-anak umumnya melihat 10 dari 13 iklan di televisi adalah iklan makanan. Hal ini tentu berpengaruh pada pilihan makanan anak, selain itu durasi anak melihat televisi juga memengaruhi pola makan anak. Untuk itu beberapa hal yang bisa kita lakukan agar pola makan anak tetap sehat adalah:

1. Tidak menonton televisi saat makan

Biasakan agar anak tidak makan bersamaan dengan adanya hal yang dapat memengaruhi fokusnya, televisi tentu akan memecah konsentrasi anak saat makan, hal ini umumnya menyebabkan makanan anak tidak dihabiskan karena merasa televisi lebih menarik.

2. Membuat televisi sebagai sarana belajar anak mengenal makanan sehat

Pilih program atau siapkan acara televisi yan mengenalkan makanan sehat pada anak, pengenalan jenis makanan dan pemahaman bahwa makan sayur merupakan hal yang sehat bisa ditekankan. Hindari pilihan program yang tokoh atau jalan ceritanya seakan memusuhi makanan sehat, misalnya tidak mau makan sayur. Hal ini tentu dapat memengaruhi pemahaman anak akan makanan sehat.

3. Mengajak anak membantu di dapur

Setelah anak mendapat pemahaman yang tepat tentang makanan sehat. Habiskan waktu anak agar membantu di dapur. Anak akan lebih mengenal dan mengetahui langsung jenis makanan sehat serta akan mendukung anak mengenal cara mengolah makanan yang baik, misalnya membiasakan cuci tangan sebelum memegang makanan dan membantu hal kecil seperti mengupas buah pisang atau daun selada.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Nah, itu dia tiga tips agar televisi tidak memengaruhi pola makan anak. Mengatur pola menonton televisi anak dengan tepat akan mendukung kebiasaan pola makan yang sehat, kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi