Hanya Melihat Tutorial Youtube Saat Melahirkan, Wanita Ini Tewas

doktersehat tempat bahaya bagi bayi baru lahir
Designed by Freepik.com

DokterSehat.Com– Seorang wanita bernama K Krithiga dari Rathinagireeswar Nagar, Tamil Nadu, India, meninggal karena mengalami komplikasi persalinan tatkala melahirkan di rumahnya pada Minggu, 22 Juli 2018 lalu. Krithiga melahirkan tanpa bantuan dokter dan hanya mengandalkan video tutorial Youtube.

Dilansir dari Latestly, Krithiga dibantu oleh suami dan dua temannya saat melahirkan. Sebelumnya, mereka semua sempat melihat video tutorial dari Youtube tentang cara melahirkan yang aman. Sayangnya, setelah itu Krithiga mengalami perdarahan hebat dan plasentanya tidak ikut keluar bersama dengan bayinya.

Krithiga adalah seorang guru sekolah dan suaminya, Karthigeyan bekerja sebagai karyawan agensi. Pasangan ini sudah memiliki anak sebelumnya dengan usia 3 tahun. Menurut salah satu petugas medis di kawasan pasangan ini tinggal, K Boopathy, pasangan ini mengikuti saran dari teman Karthigeyan, Praveen dan Lavanya yang percaya bahwa persalinan dengan cara alami jauh lebih baik dibandingkan dengan melahirkan di rumah sakit.

Menurut laporan media setempat, Krithiga baru dilarikan ke rumah sakit sekitar 90 menit setelah melahirkan.

“Persalinan berlangsung pada pukul 14.00 tapi sang ibu baru dibawa ke rumah sakit pukul 15.30. Suami dari korban sudah diamankan oleh polisi dan dimintai keterangan untuk mengungkap apa penyebab dari kematian istrinya,” ungkap petugas kepolisian setempat.

“Mengingat pasangan ini meninggal saat melahirkan akibat mendapatkan saran dari rekan Karthigeyan, maka Praveen dan Lavanya juga akan mendapatkan tuntutan hukum. Setelah interogasi, didapatkan fakta bahwa ketiganya melarang Krithiga untuk mendapatkan bantuan medis saat melahirkan,” lanjut petugas.