Turunkan Kolesterol Jahat dengan Tomat

doktersehat-manfaat-tomat-untuk-rambut
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Sayuran atau buah-buahan yang diolah seringkali dianggap sebagai makanan yang kurang sehat dibandingkan dengan sayuran atau buah yang segar. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar. Tomat misalnya, jika kita mengonsumsi tomat yang sudah dimasak, bukannya tomat yang masih segar, maka akan mendapatkan manfaat kesehatan yang jauh lebih banyak, khususnya dalam hal menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa tomat yang dimasak ternyata memiliki kandungan lycopene yang lebih tinggi sekaligus lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. Sebagai informasi, lycopene adalah sejenis antioksidan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan efektif. Kemampuan ini bahkan dianggap setara dengan kemampuan statin, obat penurun kolesterol yang biasanya diresepkan oleh dokter kepada pasien kolesterol tinggi.

Berdasarkan penelitian terbaru, disebutkan bahwa kandungan lycopene di dalam tomat yang sudah dimasak cenderung lebih efektif untuk menurunkan risiko stroke dibandingkan dengan kemampuan obat statin. Bahkan, kandungan ini juga bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, penyakit mata, peradangan, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Selain tomat, kita juga bisa mendapatkan lycopene dari berbagai sayuran dan buah-buahan lainnya, khususnya yang memiliki warna merah, oranye, atau kekuningan seperti pepaya, semangka, jambu, serta grapefruit. Hanya saja, dibalik manfaat besarnya bagi kesehatan tubuh, pakar kesehatan menyebutkan bahwa mereka yang sudah memiliki risiko tinggi untuk terkena stroke atau penyakit jantung harus berhati-hati untuk mengonsumsi suplemen dengan kandungan lycopene.

“Suplemen lycopene berbeda dengan lycopene yang bisa kita temui di dalam makanan. Bisa jadi efeknya juga tidak sama dan malah membahayakan kesehatan,” tulis penelitian yang dipublikasikan oleh Daily Health Post pada tahun 2013 silam.

Dengan memasak tomat, maka kita akan mendapatkan kandungan lycopene yang jauh lebih tinggi. Selain itu, kita juga akan mendapatkan nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan thiamine. Hanya saja, pastikan untuk tidak mengonsumsi tomat kalengan karena kandungan sehatnya telah menurun drastis dan sudah terpapar bahan pengawet dan zat kimia berbahaya lainnya.