DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang mengaku kesulitan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuhnya. Mereka mencoba berbagai cara baik itu dengan menjalankan program diet atau bahkan mengonsumsi obat herbal. Hanya saja, pakar kesehatan justru menyebut ada cara yang mudah dan menyenangkan untuk menurunkan tekanan darah. Cara tersebut adalah dengan jalan pagi.

jalan-kaki-doktersehat

Manfaat jalan pagi bagi tekanan darah

Berolahraga secara rutin memang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah. Hanya saja, tidak banyak orang yang melakukannya karena terkendala berbagai macam kesibukan atau memang karena malas melakukan aktivitas fisik. Padahal, menurut pakar kesehatan, olahraga yang sederhana dan ringan seperti jalan pagi sudah cukup untuk membantu menurunkan tekanan darah, baik itu bagi mereka yang sehat ataupun yang menderita hipertensi.

Jika kita teratur berolahraga jalan pagi, maka jantung akan terlatih dengan lebih kuat sehingga akan lebih efektif dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini akan berimbas pada semakin lancarnya sirkulasi darah. Pembuluh darah akan menjadi semakin sehat dan tekanan darah pun semakin menurun.

Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa rutin berjalan kaki akan menurunkan tekanan darah sistolik hingga 4-9 mmHg. Bagi orang sehat, penurunan tekanan darah ini akan membuat organ kardiovaskular semakin sehat dan mencegah datangnya penyakit berbahaya. Bagi penderita hipertensi, hal ini bisa membantu mencegah datangnya komplikasi seperti penyakit jantung atau stroke.

Kita bisa mendapatkan manfaaat kesehatan ini dengan cara berjalan kaki minimal 3 kali dalam seminggu atau total melakukannya selama 150 menit setiap minggu secara berturut-turut selama 3 bulan. Berjalan kaki dengan santai sambil menikmati matahari pagi selama 30 menit setiap hari juga bisa memberikan manfaat yang setara.

Hanya saja, khusus bagi penderita hipertensi, mereka juga harus benar-benar mengubah gaya hidup seperti menurunkan asupan garam, tidur cukup, mengelola stres, hingga rutin minum obat yang diberikan oleh dokter selain rutin berjalan kaki setiap pagi.

Jika kita sudah disibukkan dengan berbagai aktivitas di pagi hari, kita bisa mulai membiasakan diri untuk berjalan kaki ke tempat kerja atau ke tempat transportasi umum. Hal ini ternyata juga bisa memberikan manfaat yang sama layaknya berjalan kaki untuk tujuan berolahraga.

Beberapa hal yang diperhatikan jika ingin menurunkan tekanan darah

Selain rajin berolahraga, pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang harus kita perhatikan jika ingin menurunkan tekanan darah.

Berikut adalah beberapa hal tersebut.

  1. Menjaga berat badan

Semakin tinggi berat badan, semakin rentan tekanan darah naik. Pastikan untuk menjaga berat badan tetap ideal demi menjaga tekanan darah tetap normal. Jika berat badan kita lebih dari normal, segera turunkan berat badan demi membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Mengurangi asupan garam

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah adalah menurunkan asupan garam. Tak hanya dengan mengurangi pemberian garam dalam masakan yang kita buat, kita juga harus memperhatikan kandungan garam atau natrium dari makanan kemasan yang kita beli.

  1. Menerapkan pola makan yang sehat

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan susu rendah lemak. Hindari makanan tinggi kolesterol seperti gorengan atau makanan cepat saji.

  1. Hindari asap rokok

Asap rokok memiliki kandungan beracun yang bisa merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Jika kita adalah perokok aktif, pastikan untuk berhenti melakukan kebiasaan buruk ini.

  1. Rutin melakukan pengecekan tekanan darah

Dengan rutin mengecek tekanan darah setidaknya sekali atau dua kali dalam setahun, kita bisa menerapkan gaya hidup yang tepat demi menjaga tekanan darah tetap normal.