Cara Alami Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

menambah-berat-badan-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Berbicara mengenai bentuk tubuh indah dan sehat, semua orang pasti ingin memilikinya. Maka tak heran jika mereka akan mencoba berbagai program diet untuk mendapatkan bentuk tubuh yang mereka inginkan. Mungkin Anda juga termasuk orang yang suka mencoba berbagai metode diet yang dianggap ampuh menurunkan berat badan. Atau mungkin sampai saat ini Anda masih belum menemukan metode diet yang pas?

Sebenarnya, dalam menurunkan berat badan tidak perlu melakukan metode diet yang berlebihan. Sebab, berikut adalah beberapa cara yang bisa disebut sebagai diet alami, namun efektif dalam menurunkan berat badan.

1. Jangan Melakukan Diet

Jika selama ini yang ada dipikiran Anda bahwa untuk menurunkan berat badan, harus melakukan diet, maka sebaiknya mulai sekarang rubah mindset tersebut. Sebab, ketika Anda berniat menurunkan berat badan dnegan cara diet, maka Anda akan melakukan berbagai macam metode diet ekstrem yang akhirnya justru dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda. Selain itu, diet dengan cara seperti itu hanya bisa bertahan beberapa bulan setelahnya saja.

2. Ganti Asupan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu penyebab kenaikan berat badan. Namun, bukan berarti selama diet Anda harus tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Anda masih bisa mengonsumsi karbohidrat tapi menggantinya dengan karbohidrat kompleks. Artinya, Anda harus mengganti asupan nasi dengan semangkuk oatmeal, roti gandum, atau umbi-umbian yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan menyehatkan.

3. Kunyah Makanan Pelan-Pelan

Salah satu cara alami yang bisa diaplikasikan untuk menurunkan berat badan adalah mengunyah makanan pelan-pelan. Saat Anda mengunyah makanan pelan-pelan, maka otak Anda kaan menstimulasi perut sehingga terasa kenyang lebih cepat dan hanya menghabiskan sedikit makanan dibandingkan ketika Anda makan dengan cepat dan terburu-buru sehingga menghabiskan makanan dalam porsi besar.