Tumor Seberat 60 Kg Diangkat dari Rahim Wanita Ini

doktersehat-operasi

DokterSehat.Com– Tim dokter bedah dari Connecticut, Amerika Serikat, berhasil mengangkat 60 kg tumor ovarium dari tubuh seorang wanita dalam operasi yang berlangsung selama 5 jam. Setidaknya, 20 tim medis dari Danbury Hospital dilibatkan dalam operasi ini.

Dilansir dari Fox News, wanita berusia 38 tahun ini memiliki perut dengan ukuran yang sangat besar saat pertama kali datang ke rumah sakit. Yang menjadi masalah adalah, tumor ini juga menekan organ pencernaannya dan bisa memberikan dampak buruk lainnya bagi kesehatan.

Dr. Vaagn Andikyan yang terlibat dalam operasi ini menyebutkan bahwa ia tidak pernah menyangka akan mengangkat tumor dengan ukuran dan berat yang luar biasa seperti ini. Saat pertama kali bertemu dengan pasien ini, Dr. Vaagn berkata bahwa sang wanita terlihat mengalami masalah malnutrisi parah dan tidak mampu bergerak akibat dari besarnya ukuran tumor dalam tubuhnya.

Tumor atau kista rahim biasanya memiliki ukuran yang kecil dan tidak menimbukan gejala tertentu. Namun, dalam beberapa kasus, pasien bisa mengalami tekanan pada perut, perut kembung, pembengkakan, atau rasa nyeri pada perut bagian bawah. Jika sampai tumor ini memicu rasa sakit, ada baiknya tumor ini harus segera diangkat.

Tumor rahim dalam pasien wanita ini ternyata mengalami pertambahan berat hingga 4,5 atau 5 kg setiap minggu dalam dua bulan terakhir. Hal ini berarti, tumornya mengalami pertambahan berat yang sangat pesat dalam waktu yang sangat singkat. Tak hanya itu, tubuh sang wanita juga mengalami gangguan nutrisi parah karena setiap kali Ia mengonsumsi makanan, semua nutrisi dari makanan ini diserap oleh tumor tersebut.

Kini, kondisi sang wanita sudah semakin membaik setelah menjalani operasi pengangkatan tumor berukuran luar biasa tersebut.