Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah tersedak saat makan, bukan? Namun, kejadian tersedak yang terjadi pada pria yang tidak disebutkan namanya berusia 78 tahun dari Australia ini sangatlah parah. Bagaimana tidak, tulang ayam sampai masuk ke dalam paru-parunya hingga 5 hari!

Tulang Ayam Terjebak 5 Hari di Paru-Paru Pria Ini

Dilansir dari Live Science, setelah tersedak saat makan ayam, pria ini segera dilarikan ke rumah sakit. Namun, saat dokter mengecek tenggorokannya dengan sinar X, tidak ditemukan apapun sehingga Ia pun diperbolehkan pulang. Namun, 5 hari kemudian, pria ini kembali ke rumah sakit karena mengalami sesak napas dan mengeluarkan suara yang aneh saat menghirup udara.

Dalam kasus yang kemudian dilaporkan dalam New England Journal of Medicine pada 2 Mei 2018 lalu, disebutkan bahwa dokter langsung melakukan pemindaian CT Scan. Hasilnya adalah, terdapat tulang belakang ayam pada batang utama bronchus, saluran udara utama menuju paru-parunya. Hal ini membuat paru-paru kanannya tidak bekerja dengan maksimal.

Pakar kesehatan Dr. Robert Glatter dari Lenox Hill Hospital, New York City, menyebutkan bahwa dalam beberapa kasus, pemeriksaan kasus tersedak memang terkadang tidak tepat karena posisi benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan bisa saja berpindah tatkala dokter memeriksa bagian tubuh tertentu. Persis seperti yang terjadi pada saat pria dari Australia ini pertama kali memeriksakan kondisinya ke dokter.

Selain itu, dalam beberapa kasus, setelah tersedak, pasien kemudian merasa saluran udaranya kembali lega sehingga merasa bahwa kondisinya baik-baik saja. Padahal, bisa jadi benda asing ini sudah masuk jauh terlalu dalam hingga ke paru-paru. Jika tak segera dikeluarkan, dikhawatirkan pasien bisa mengalami pneumonia.

Pria dari Australia ini pun segera menjalani bronchoscopy, prosedur yang menggunakan peralatan khusus yang dilengkapi kamera mini yang dimasukkan hingga ke paru-parunya untuk mengangkat tulang ayam tersebut. Kondisi pria semakin membaik dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit tiga hari kemudian.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi