10 Alasan Mengapa Anda Selalu Merasa Lelah Setiap Saat

DokterSehat.Com – Pernahkah anda merasa terlalu lelah dan mengantuk setiap saat bahkan saat pagi atau siang hari. Kalau Anda mengalaminya setelah makan atau selesai melakukan aktivitas berat mungkin wajar. Namun, kalau mendadak lemas begitu saja dan tubuh terasa tidak nyaman, berarti sedang terjadi masalah pada tubuh.

Penyebab tubuh terasa lelah berlebihan

Lelah yang berlebihan tidak terjadi begitu saja pada tubuh. Anda harus mengetahui penyebabnya agar tubuh tidak susah digerakkan dan produktivitas kerja Anda mengalami penurunan yang signifikan. Berikut penyebab tubuh lelah secara berlebihan.

  1. Kekurangan Vitamin

Vitamin dan mineral sering sekali diabaikan oleh banyak orang dan hanya berfokus pada markonutrien seperti lemak, protein, dan karbohidrat. Padahal vitamin dan mineral lainnya juga bermanfaat untuk tubuh

  1. Menjalani diet yang salah

Salah satu kesalahan terbesar kita saat menjalani diet adalah memangkas porsi makan cukup besar atau malah jarang makan. Padahal diet dilakukan untuk mengatur pola makan, bukan untuk menguranginya secara berlebihan. Pada beberapa orang defisit mungkin diperlukan, tapi tetap pada batas yang aman.

Kalau Anda ingin mengalami defisit tanpa harus mengurangi porsi makanan, lakukan olahraga. Saat melakukan olahraga, tubuh akan mengalami pengurangan jumlah kalori. Dampaknya, defisit akan terjadi dan Anda tidak akan mengalami lemas secara berlebihan.

  1. Mengalami gangguan tidur

Gangguan tidur akan memengaruhi banyak hal dalam kehidupan seseorang. Kalau tubuh mengalami gangguan tidur seperti insomnia atau sejenisnya, kemungkinan besar akan membuat level energi menurun. Hal ini akan lebih parah lagi kalau seseorang sampai mengalami sleep apnea.

Dalam satu hari kita disarankan untuk tidur selama 7-9 jam. Durasi ini juga memiliki catatan yaitu harus dilakukan dengan baik. Kalau sering terbangun tengah malam atau sulit tidur nyenyak, tubuh dan pikiran tidak bisa beristirahat dengan maksimal

  1. Mengalami obesitas

Obesitas juga menyebabkan seseorang jadi lemas dan malas melakukan apa pun. Seseorang yang obesitas akan memiliki timbunan lemak yang sangat banyak. Lemak akan menyebabkan aktivitas fisik susah dilakukan dan kemungkinan memengaruhi metabolisme tubuh akan tinggi.

Kalau kondisi obesitas bisa segera diatasi dengan melakukan olahraga atau sejenisnya, tubuh akan mulai segar perlahan-lahan. Rasa lemas dan mudah sekali mengantuk tidak akan terjadi lagi. Mulailah dengan olahraga ringan sesuai dengan kemampuan seperti jogging ringan.

  1. Menjalani gaya hidup pasif

Meski Anda tidak mengalami obesitas, tapi kalau gaya hidup yang dijalani sangat pasif, kemungkinan besar akan menyebabkan tubuh jadi lemas dan tidak bertenaga. Misal Anda bekerja hanya di depan laptop dengan mengetik atau mendesain selama berjam-jam. Lalu setelah itu makan dan tidur.

Kalau pekerjaan atau aktivitas harian hanya berkisar pada sesuatu yang pasif, ada baiknya untuk mulai bergerak. Lakukan olahraga ringan yang akan membuat tubuh jadi lebih aktif. Ubah pola makan juga menjadi lebih banyak buah dan juga sayuran. Olahraga juga dilakukan untuk mencegah salah postur dan gangguan lainnya.

  1. Memiliki fibromyalgia

Seseorang yang mengalami fibromyalgia akan mengalami nyeri yang sangat intens di ototnya. Nyeri ini akan terjadi secara konstan sehingga saat tidur, seseorang mengalami gangguan. Kalau tidur mengalami gangguan setiap hari, kemungkinan besar kualitas istirahatnya anjlok dan seseorang jadi mudah sekali lelah. Penggunaan obat anti nyeri dan juga terapi fisik bisa digunakan untuk mengatasi masalah nyeri.

  1. Mengalami stres

Kalau Anda mengalami stres, kemungkinan besar akan memengaruhi nafsu makan dan juga kualitas tidur. Ada seseorang yang jadi sering makan, tapi ada juga yang sebaliknya. Kalau sampai seseorang malas makan dan menyiksa diri, kemungkinan besar akan memengaruhi level energi di tubuhnya.

  1. Mengalami depresi

Seseorang yang mengalami depresi cenderung memiliki level energi yang sangat rendah. Hal ini bisa memicu seseorang malas melakukan apa pun termasuk bekerja atau sekadar menjalankan hobi. Yang ada di pikirannya hanyalah hal negatif saja dan membuat fisik semakin terbebani.

Kalau Anda merasa memiliki depresi yang mulai parah dan mengganggu aktivitas harian, ada baiknya segera berobat. Dokter akan melakukan penanganan baik dengan melakukan terapi atau memberikan obat untuk memperbaiki mood yang selalu memburuk.

  1. Terkena diabetes

Kalau Anda mengalami diabetes, tubuh akan mengalami kekurangan insulin. Dampaknya gula darah di dalam tubuh akan terkonsentrasi  dan memicu beberapa masalah pada tubuh. Anda akan mudah sekali mengalami lelah dan mengantuk. Mood atau suasana hati juga jelek dan kerap memicu kondisi marah-marah.

Kalau Anda mengalami diabetes, ada baiknya untuk memperhatikan apa yang dimakan. Jangan asal mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat atau gula. Kalau hal itu dilakukan, tanda dari diabetes akan sering muncul dan memperburuk kondisi kesehatan.

  1. Pengaruh obat

Obat yang Anda konsumsi bisa memiliki cukup banyak efek samping. Salah satu efek samping itu adalah mengantuk dan lelah. Beberapa obat seperti obat batuk memiliki efek samping itu untuk memudahkan seseorang tidur di malam hari dan kualitas tidurnya tidak mengalami gangguan.

Kalau Anda sedang kerja dan harus mengonsumsi obat yang memiliki efek samping kantuk, tubuh tidak akan nyaman untuk beraktivitas. Oleh karena itu Anda disarankan untuk mengonsumsi obat yang tanpa efek samping itu. Lakukan konsultasi dengan dokter terkait penggantian jenis obat.

Inilah beberapa hal yang menyebabkan Anda merasa sangat lelah setiap harinya. Dari beberapa penyebab di atas, adakah yang pernah Anda alami sebelumnya? Semoga ulasan di atas membantu Anda dalam mengetahui masalah mengantuk yang berlebihan dan membuat Anda jadi tidak nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari.