DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang ditakuti oleh banyak orang adalah kolesterol tinggi. Bagaimana tidak, jika kadar kolesterol jahat atau LDL melebihi kadar normal, maka pembuluh darah akan beresiko mengalami penyumbatan yang bisa berimbas pada penyakit jantung atau stroke. Untuk mengetahui seberapa banyak kadar kolesterol dalam tubuh, ada baiknya memang kita melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Namun, jika kita mengalami gejala-gejala ini pada tubuh, ada baiknya kita mewaspadai peningkatan kadar kolesterol.

doktersehat-kolesterol-jantung-saluran

Rasa sakit pada kaki
Pakar kesehatan David Slovut, MD, menyebutkan bahwa rasa sakit atau kram yang muncul pada tungkai bawah bisa jadi disebabkan oleh menurunnya aliran darah pada bagian tubuh tersebut yang dipicu oleh meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh. Dalam banyak kasus, cukup banyak orang yang merasa kakinya terasa berat, lelah, atau bahkan mengalami sensasi seperti terbakar.

Kram pada malam hari
Pakar kesehatan Darren Schneider, MD, yang berasal dari Rumah Sakit Presbyterian New York, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa mereka yang mengalami masalah kolesterol tinggi cenderung mudah mengalami kram pada tumit, jari kaki, dan bagian kaki lainnya. Hal ini disebabkan oleh terhambatnya aliran darah menuju kaki. Rasa sakit ini bisa menghilang saat kita beranjak dari tempat tidur atau kursi namun kerap muncul kembali saat malam hari.

Perubahan pada kulit atau kuku
Karena tidak teraliri darah dengan cukup, maka rambut pada kaki akan cenderung mudah rontok atau tumbuh dengan sangat lambat. Kuku kaki juga cenderung menjadi lebih tebal daripada normal.

Kaki kerap terasa dingin
Jika kaki terasa dingin saat disentuh, bisa jadi hal ini menandakan tidak normalnya aliran darah menuju kaki yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Mati rasa
Tak hanya saat berolahraga, mereka yang mengalami kolesterol tinggi bisa mengalami sensasi mati rasa pada kakinya.

Disfungsi ereksi
Bagi pria, kadar kolesterol yang tinggi akan memicu disfungsi ereksi. Hal ini disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah arteri iliaka internal yang memungkinkan organ vital pria untuk mendapatkan ereksi.

Jika mengalami kondisi-kondisi tersebut, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan, khususnya kolesterol pada dokter demi mendapatkan solusi kesehatan yang tepat.