Punya Tubuh Kurus Belum Tentu Sehat

kurus-doktersehat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir jika memiliki tubuh yang kurus jauh lebih sehat dibandingkan dengan memiliki tubuh yang gemuk. Memang, mereka yang mengalami masalah kegemukan atau obesitas memiliki risiko besar terkena berbagai penyakit berbahaya seperti hipertensi, kolesterol tinggi, gangguan kardiovaskular, dan masalah kesehatan lainnya, namun jika juga memiliki berat badan yang terlalu rendah, risiko untuk terkena masalah kesehatan juga meningkat.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Cambridge University, Inggris, dihasilkan fakta bahwa jika kita memiliki indeks massa tubuh kurang dari angka 18,5, maka kita bisa saja terkena masalah kesehatan. Karena alasan inilah ada baiknya orang dengan tubuh yang kurus menaikkan berat badannya menjadi ideal.

“Telah banyak penelitian epidemiologis yang membuktikan bahwa tubuh yang terlalu kurus memang terkait dengan risiko lebih besar terkena kematian atau mortalitas,” ungkap Profesor Kay-Tee Khaw dari Cambridge University.

Profesor Khaw juga menyebut berat badan yang terlalu rendah merupakan tanda dari hilangnya massa tulang dan massa otot. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih ringkih. Bahkan, risiko untuk terkena patah tulang bisa meningkat. Selain itu, banyak orang yang bertubuh kurus merasa aman dengan kondisi berat badannya sehingga tidak mempertimbangkan asupan makanan yang dikonsumsi. Mereka pun akan makan dengan sembarangan seperti mengonsumsi makanan cepat saji dengan berlebihan. Padahal, dengan melakukannya, maka risiko untuk terkena kenaikan tekanan darah atau kolesterol meningkat dengan signifikan.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Profesor Geir Lorem dari Arctic University, Norwegia. Orang dengan tubuh kurus cenderung tidak memperhatikan pola makan yang sehat sehingga lebih rentan terkena penyakit berbahaya. Selain itu, karena merasa berat badannya tidak bermasalah, mereka cenderung lebih malas melakukan olahraga. Padahal, olahraga tidak hanya terkait dengan berat badan, melainkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain orang biasa, ibu hamil juga sebaiknya menjaga berat badannya agar tidak terlalu rendah. Jika sampai tubuhnya terlalu kurus, maka hal ini akan membuat buah hatinya di dalam kandungan mengalami gangguan tumbuh kembang yang tentu berpotensi membuat sang bayi rentan terkena penyakit.