4 Penyebab Kenapa Tubuh Gemetar Ketika Lapar

makan-tengah malam-doktersehat

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda merasakan tubuh gemetar ketika lapar? Ya, tubuh gemetar ketika lapar memang bisa mengakibatkan aktivitas tidak maksimal karena asupan energi yang diterima tubuh juga tidak maksimal. Banyak orang yang mengalami hal ini, namun mereka tidak paham kenapa tubuh gemetar ketika lapar.

Fenomena yang sering terjadi ini bahkan terkadang tidak disadari. Jika ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi, simak beberapa penyebab tubuh gemetar ketika lapar berikut ini.

1. Hipoglikemia

Penyebab tubuh gemetar ketika lapar yang pertama yaitu karena hipoglikemia atau kekurangan kadar gula darah. Hal ini membuat mekanisme tubuh menjadi tidak berjalan dengan baik sebagaimana fungsinya. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan waktu makan supaya tubuh tidak kekurangan karbohidrat yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan gula darah.

2. Anemia

Selanjutnya penyebab tubuh gemetar ketika lapar yaitu karena anemia. Hal ini karena tubuh kekurangan zat besi sehingga tidak dapat beraktivitas dengan baik. Tubuh yang kekurangan zat besi umumnya akan menjadi pusing dan lemas. Sehingga pada akhirnya tidak dapat beraktivitas secara normal.

3. Energi Terkuras

Tubuh gemetar ketika lapar bisa juga diakibatkan oleh karena kurang istirahat. Hal ini umum terjadi pada orang yang sering begadang dan juga sering melewatkan waktu makan. Akibatnya konversi energi menjadi tidak maksimal dan tubuh tidak kuat dalam melakukan aktivitas.

4. Tekanan Darah

Terakhir, yang membuat tubuh gemetar ketika lapar yaitu akibat tekanan darah yang menjadi rendah. Bila tekanan darah menurun maka tubuh akan terasa pusing dan tidak kuat melakukan aktivitasnya dengan normal. Karena itu hindari melewatkan waktu makan yang dapat membuat tekanan darah menurun drastis.

Itulah beberapa alasan kenapa tubuh gemetar ketika lapar yang banyak dialami oleh orang. Oleh karenany, jangan sampai makan sekalipun kita sangat sibuk dengan aktivitas sehari-hari