Trump Prediksi Obamacare Akan Hancur, Namun 9 Juta Orang Telah Mendaftar

Donald-Trump-Doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Gage Skidmore

DokterSehat.Com– Dalam sebuah permintaan konsumen yang sangat kuat, hampir 9 juta orang mendaftar untuk Obamacare tahun depan, karena jumlah pemerintah pada Kamis kemarin, 21 Desember 2017, membuktikan prediksi keruntuhannya salah lagi.

Obamacare adalah Undang Undang Layanan Kesehatan yang lolos di Kongres Amerika dan ditandatangani oleh Presiden Obama tahun 2010 dan dikukuhkan oleh Mahkamah Agung AS tahun 2012.

Pusat Layanan Medicare dan Medicaid mengatakan lebih dari 8,8 juta orang telah mendaftar di 39 negara bagian yang dilayani oleh situs web HealthCare.gov federal.

Itu dibandingkan dengan 9,2 juta tahun lalu di negara bagian yang sama atau 96 persen dari jumlah sebelumnya.

Tingkat melebihi apa yang para ahli pikir mungkin terjadi setelah satu tahun lagi pertempuran politik mengenai Affordable Care Act, belum lagi masalah pasar seperti kenaikan premi dan asuransi. Selain itu, administrasi Trump memangkas musim pendaftaran menjadi dua, mengurangi anggaran iklan, menghentikan pembayaran besar ke perusahaan asuransi, dan memberi hibah tambahan untuk konselor konsumen.

“Tingkat pendaftaran ini benar-benar luar biasa, terutama mengingat tren yang dihadapi oleh program ini,” kata Larry Levitt dari Yayasan Keluarga Kaiser nonpartisan.

Presiden Donald Trump dengan gigih meramalkan Obamacare akan hancur saat dia mencoba usaha yang tidak berhasil untuk mencabutnya di Kongres. Minggu ini dia salah menyatakan bahwa tagihan pajak Grand Old Party (GOP) pada dasarnya mencabutnya.

Terlepas dari semua itu, lebih dari 1 juta pelanggan baru mendaftar minggu lalu, menjelang batas waktu 15 Desember untuk HealthCare.gov. Itu adalah tanda ketertarikan pada program ini, yang menawarkan asuransi kesehatan swasta bersubsidi kepada orang-orang yang tidak memiliki akses terhadap liputan berbasis pekerjaan.

Mungkin saja jumlah HealthCare.gov akhir bisa berakhir agak lebih tinggi dari yang dilaporkan pada hari Kamis, sebagian karena pendaftaran terlambat di Midwest dan Barat belum ditambahkan.

Jumlah pendaftaran nasional tidak akan diketahui selama berminggu-minggu, karena beberapa negara menjalankan pasar asuransi kesehatan mereka sendiri atau pertukaran —pendaftaran pelanggan sampai Januari. Jumlah pendaftaran nasional bisa mendekati angka akhir tahun lalu sebesar 12,2 juta.

“Kami tahu secara anekdot bahwa banyak pertukaran negara berjalan di depan tahun lalu, kita benar-benar dapat membuat defisit pendaftaran nasional dengan pendaftaran pertukaran negara bagian yang lebih tinggi,” kata Chris Sloan dari firma konsultan Avalere Health.

Di antara negara bagian HealthCare.gov, Florida memimpin dalam pendaftaran, dengan 1,7 juta orang sejauh ini. Texas berikutnya, dengan 1,1 juta. Pendaftaran untuk negara-negara tersebut dapat meningkat, karena perpanjangan batas waktu tersedia untuk orang-orang di daerah yang terkena dampak badai.

Di Austin, Texas, sebuah kelompok nirlaba yang membantu orang-orang berpenghasilan rendah melampaui jumlah pendaftaran untuk tahun lalu, dan beberapa di antaranya. Komunitas Foundation mendaftarkan 5.323 orang tahun ini atau sekitar 20 persen lebih banyak dari tahun lalu.

Direktur program asuransi kesehatan Elizabeth Colvin memperkuat regu relawan yang membantu mengarahkan konsumen melalui proses pendaftaran yang mencakup perkiraan pendapatan mereka untuk tahun depan dan tantangan lainnya.

“Jumlah yang keluar hari ini membuktikan bahwa Obamacare sedang bekerja,” kata Colvin.

Lori Lodes, mantan pejabat administrasi Obama yang pernah membantu mengarahkan kampanye pendaftaran, mengatakan kemungkinan minggu lalu melihat jumlah sign-up terbesar dalam sejarah program tersebut.

Itu pasti akan menimbulkan kecaman lebih banyak terhadap administrasi Trump karena memperpendek pendaftaran terbuka dan tindakan lain yang oleh Demokrat disebut “sabotase”.

“Orang-orang Amerika melonjak untuk mempertahankan hukum bersejarah ini dari kekejaman Trumpcare, dan mereka mendaftarkan diri pada kecepatan yang tinggi dalam cakupan kesehatan berkualitas dan terjangkau mengenai HealthCare.gov,” kata pemimpin DPR Demokrat Nancy Pelosi dari California.

Namun, pemerintah juga mengambil langkah-langkah lain yang kurang memperhatikan untuk memfasilitasi pendaftaran, seperti menciptakan jalur yang lebih mudah bagi perusahaan asuransi dan pialang untuk mendaftarkan pelanggan.

Angka kuat untuk HealthCare.gov datang sehari setelah Trump menyatakan bahwa tagihan pajak GOP “pada dasarnya mencabut Obamacare.”

Tapi perombakan pajak hanya mencabut denda undang-undang kesehatan pada orang-orang yang tidak membawa asuransi kesehatan, dimulai pada tahun 2019. Elemen utama lainnya dari undang-undang mantan Presiden Barack Obama tetap ada, termasuk perluasan Medicaid yang disesuaikan dengan orang dewasa berpenghasilan rendah, perlindungan untuk orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, subsidi untuk membantu konsumen membayar premi mereka, dan persyaratan bahwa perusahaan asuransi mencakup manfaat kesehatan “esensial”.

Kata pertama dari nomor pendaftaran datang melalui Twitter dari Seema Verma, kepala Pusat Layanan Medicare dan Medicaid.

“Kami bangga menyediakan layanan pelanggan yang hebat,” tulisnya, mengucapkan selamat kepada agensinya pada “pengalaman paling mulus bagi konsumen sampai saat ini.”

Dalam sebuah wawancara Kamis dengan The Associated Press, Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell, R-Ky, mengindikasikan bahwa dia skeptis tentang meninjau kembali usaha-usaha yang gagal untuk membongkar undang-undang perawatan kesehatan.

Perundang-undangan bipartisan untuk menopang pasar asuransi sudah tertunda sebelum senat, namun nasibnya juga tidak menentu.