Apakah Anda mengenal penderita penyakit otitis media, infeksi paru-paru atau pengidap infeksi saluran kemih? Atau kerabat dan rekan Anda terjangkit penyakit tersebut? Jika benar, Anda mungkin pernah melihat mereka mengkonsumsi salah satu jenis obat yaitu obat Trimethoprim. Tahukah Anda obat yang mereka konsumsi? Atau pernahkah Anda membeli obat untuk merawat penyakit tersebut? Jika benar, Anda mungkin tidak akan asing dengan satu nama obat ini. Pernahkah Anda mendengar atau membeli obat Trimethoprim? Lalu obat Trimethoprim obat apa?



Obat Trimethoprim adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati penyakit akibat infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Seperti otitis media dan infeksi saluran kemih. Obat ini tidak dapat Anda gunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus karena obat ini memang hanya diperuntukkan untuk mengobati infeksi karena bakteri. Obat Trimethoprim adalah obat yang akan diberikan oleh dokter jika Anda mengidap penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Setelah Anda mengetahui obat Trimethoprim obat apa, sudah tahukah Anda mengenai manfaat Trimethoprim dan fungsi Trimethoprim? Mari simak informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut di bawah ini, supaya membantu Anda memahami penggunaan obat lebih mendalam.

Fungsi Trimethoprim & Manfaat Trimethoprim

Manfaat Trimethoprim adalah mengatasi penyakit otitis media, infeksi saluran kemih, dan dapat juga digunakan untuk mengobati infeksi paru-paru. Lalu apa fungsi obat Trimethoprim? Fungsi obat Trimethoprim adalah menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Untuk meningkatkan efektivitas, obat ini biasanya dikombinasikan dengan Sulfamethoxazole.

Penggunaan obat Trimethoprim harus dilakukan secara rutin dan sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan oleh dokter. Penggunaan obat Trimethoprim yang teratur akan memberikan Anda manfaat yang terasa nyata pada proses penyembuhan. Bukan hanya penggunaan obat saja yang harus diperhatikan, tetapi ketika Anda berniat menghentikan penggunaan obat. Jika Anda ingin berhenti mengkonsumsi obat, Anda harus menghubungi dokter terlebih dahulu. Penghentian obat harus sesuai dengan anjuran dokter supaya tidak terjadi efek samping yang serius.

Perlu diperhatikan pula, penggunaan obat Trimethoprim bagi ibu hamil dan menyusui. Penggunaan obat harap dilakukan dengan hati-hati, karena kemungkinan terdapat risiko yang serius kepada janin atau calon bayi Anda. Begitu pula dengan ibu menyusui, karena obat dapat masuk melalui ASI, sehingga bayi Anda dapat terkena efek samping dari penggunaan obat yang telah dikonsumsi. Maka dari itu, untuk ibu hamil dan menyusui, diharapkan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui manfaat dan risiko yang mungkin dapat terjadi jika mengkonsumsi obat tersebut.

Obat Trimethoprim untuk Anak

Obat Trimethoprim tidak hanya bisa digunakan oleh orang dewasa saja, melainkan juga dapat digunakan untuk pasien anak-anak. Kini, setelah Anda mengetahui manfaat dan fungsi obat Trimethoprim obat apa, mari kenali lebih mendalam mengenai dosis dan indikasi dari penggunaan obat Trimethoprim untuk anak Anda. Informasi di bawah ini dapat memberitahu Anda lebih mendalam mengenai obat yang akan dikonsumsi.

Nama: Trimethoprim/sulfamethoxazole

Dosis Trimethoprim dan Indikasi untuk Anak

Infeksi Ringan sampai Sedang

  • Usia anak <2 bulan: Kontraindikasi (obat tidak boleh diberikan)
  • Usia anak > 2 bulan: 8 mg TMP / kg / hari PO dibagi setiap 12 jam

Infeksi serius

  • Usia anak <2 bulan: Kontraindikasi
  • Usia anak > 2 bulan
    • 15-20 mg TMP / kg setiap hari PO dibagi setiap 6 jam
    • 8-12 mg TMP / kg / hari IV dibagi setiap 6-12 jam

Otitis Media Akut

otitis media akut pada pasien anak karena strain rentan Streptococcus pneumoniae atau Haemophilus influenzae

  • Usia anak <2 bulan: Kontraindikasi
  • Usia anak > 2 bulan: 6-10 mg TMP / kg / hari PO dibagi setiap 12 jam selama 10 hari

Untuk Pneumocystis (carinii) jiroveci

  • Usia anak <2 bulan: Kontraindikasi
  • Usia anak > 2 bulan
    • Pengobatan: 15-20 mg TMP / kg / hari PO / IV dibagi setiap 6-8 jam selama 21 hari
    • Profilaksis: 150 mg TMP / m² / hari PO dibagi setiap 12 jam selama 3 hari / minggu setiap hari berturut-turut

Shigellosis

  • Usia anak <2 bulan: Kontraindikasi
  • Usia anak > 2 bulan
    • 8 mg TMP / kg / hari PO dibagi setiap 12 jam selama 5 hari
    • 8-10 mg TMP / kg / hari IV dibagi setiap 6-12 jam selama 5 hari

Infeksi saluran kemih

  • Usia anak <2 bulan: Kontraindikasi
  • Usia anak > 2 bulan
  • 8 mg TMP / kg / hari PO dibagi setiap 12 jam selama 7-14 hari jika infeksi serius
  • 8-10 mg TMP / kg / hari IV dibagi setiap 6-12 jam selama 14 hari jika infeksi serius
  • Profilaksis: 2 mg TMP / kg / dosis PO setiap hari atau 5 mg TMP / kg / dosis dua kali sehari

Infeksi jaringan lunak atau kulit karena Community Acquired MRSA

8-12 mg TMP / kg / dosis PO setiap 12 jam selama 5-10 hari; menambahkan antibiotik beta-laktam untuk rejimen jika Streptococcuts beta-hemolitik spp

Informasi tentang Trimethoprim obat apa di atas hanyalah berupa info untuk menambah pengetahuan atau wawasan Anda. Penggunaan obat ini harus tetap berada di bawah pengawasan dokter. Bagi Anda yang masih penasaran tentang obat Trimethoprim ini, Anda dapat membaca pada halaman selanjutnya.