Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menerapkan pola hidup sehat sangatlah tidak mudah, terlebih lagi dalam memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Tidak sedikit yang bisa menahan godaan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat, salah satunya adalah junk food. Jenis makanan ini banyak digemari karena dikenal memiliki cita rasa yang cukup lezat. Namun, dibalik rasanya yang lezat, junk food merupakan makanan yang bisa menimbulkan masalah kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi.

Trik untuk Menghentikan Kebiasaan Makan Junk Food

Jika Anda merupakan salah satu penggemar junk food, berikut adalah beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan Anda mengonsumsi junk food dalam jumlah yang sangat banyak, diantaranya:

1. Tentukan Batasan

Jika selama ini Anda mengonsumsi junk food dalam waktu 2-3 kali seminggu, cobalah untuk memberikan waktu lebih lama untuk tidak mengonsumsinya, misalnya menjadi 2-3 kali dalam satu bulan. Dengan demikian, Anda akan terbiasa untuk tidak mengonsumsi junk food lagi. Cobalah untuk tetap berkomitmen dengan apa yang Anda usahakan. Selain itu, jangan lupa untuk mengurangi porsi junk food yang Anda makan dari sebelumnya.

2. Makan Tepat Waktu

Banyak orang yang memilih untuk menunda jam makan dengan alasan pekerjaan. Namun, sebaiknya tinggalkanlah kebiasaan tersebut karena dapat berpengaruh pada keinginan Anda untuk mengonsumsi junk food atau makanan tidak sehat lainnya. Cobalah untuk makan tepat waktu dan yang paling penting adalah dalam waktu yang teratur.

3. Temukan Pengganti

Seperti yang Anda tahu bahwa junk food makanan yang tidak bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sesering mungkin. Namun, Anda tidak bisa menghindari kenikmatan dari makanan tersebut, terlebih lagi jika dalam kondisi perut lapar. Mulailah membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan lainnya yang bisa dijadikan sebagai makanan pengganti junk food. Jika memungkinkan, bawalah bekal dari rumah, karena selain sehat juga bisa membuat Anda lebih hemat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

4. Ngemil Sehat

Hampir setiap orang memiliki kebiasaan ngemil. Kebiasaan tersebut menjadi kurang baik jika makanan yang dipilih sebagai kudapan atau cemilan mengandung kalori cukup tinggi. Biasanya, junk food juga bisa dijadikan sebagai cemilan. Namun, mulai sekarang hentikan kebiasaan ngemil junk food dan sebaiknya ganti dengan cemilan sehat, seperti kacang-kacangan, sayuran,dan buah-buahan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi