Terbit: 19 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selain wajah, rambut merupakan salah satu aset paling penting yang dimiliki oleh wanita. Bahkan sangking pentingnya banyak yang menyebutkan kalau rambut adalah simbol mahkota wanita yang bisa menentukan kecantikan. Oleh karenanya, hampir setiap wanita sangat takut jika mengalami masalah pada rambut, apalagi kerontokan.

Ladies, Inilah 4 Trik Keramas Supaya Rambut Menjadi Sehat

Sebab, ketika rambut sudah dalam masalah, maka penampilan pun akan menurun sehingga membuat wanita menjadi kurang percaya diri ketika harus bertemu dengan orang lain. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan rambut adalah hal paling penting agar terhindar dari masalah tersebut.

Sebab, ada beberapa alasan yang menyebabkan kerusakan pada rambut, seperti kesalahan dalam keramas. Karena keramas juga ada cara dan triknya supaya rambut senantiasa sehat. Apa saja trik tersebut? Berikut diantaranya.

1. Gunakan Sampo yang Cocok

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah penggunaan sampo. Jangan termakan iklan produk, sebab tidak semua jenis sampo cocok bagi kulit kepala dan rambut. Anda harus benar-benar jeli memilih sampo yang cocok. Walaupun harganya mahal, tetap saja tidak baik digunakan ketika tidak cocok  karena akan menimbulkan berbagai macam masalah.

2. Jangan Gunakan Air Panas

Jika Anda adalah orang yang suka mandi dengan air hangat, maka Anda harus berhati-hati. Jangan sampai suhunya terlampau panas yang akan menyebabkan kepala kering dan akhirnya terjadi berbagai masalah. Usahakan air yang Anda gunakan tetap hangat hangat kuku, alias tidak terlalu panas.

3. Jangan Keramas Setiap Hari

Memang benar, keramas adalah sebuah hal yang penting bagi kebersihan rambut dan kulit kepala. Tapi, keramas ada aturannya juga. Anda tidak dianjurkan untuk keramas setiap hari sebab akan membuat kelembapan rambut menghilang. Selain itu, rambut juga butuh minyak alami yang dihasilkan oleh tubuh, oleh karenanya waktu yang tepat untuk keramas adalah 2 atau 3 hari sekali.

4. Jangan Keringkan dengan Handuk

Yang terakhir adalah jangan pernah mengeringkan dengan handuk. Kesalahan ini masih menjadi kebiasaan yang sering dilakukan. Padahal cara yang benar adalah memeras rambut dengan handuk, bukan menggosoknya sampai kering karena akan membuat rambut pecah dan kering.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi