Trik Agar Bisa Konsisten Saat Olahraga

doktersehat olahraga ringan setelah sahur

DokterSehat.Com– Anda pasti sepakat bahwa olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tidak hanya itu saja, olahraga bisa memberikan manfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan membentuk tubuh menjadi lebih ideal.

Hal ini dikarenakan, dengan berolahraga maka lemak dan kalori dalam tubuh akan terbakar dan dibuang bersama keringat. Oleh sebab itu, seseorang disarankan untuk berolahraga secara teratur setiap hari.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang masih malas berolahraga karena banyak alasan seperti lelah, ngantuk, dan segudang alasan lainnya. Bahkan, tak jarang pula mereka mulai berolahraga namun berhenti di tengah jalan alias tidak bisa konsisten.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut adalah beberapa trik khusus agar Anda bisa konsisten dalam berolahraga, diantaranya:

1. Olahraga Singkat

Banyak yang percaya bahwa semakin lama waktu yang digunakan untuk berolahraga, maka semakin besar pula manfaat yang didapatkan. Mereka juga berpikir bahwa berolahraga selama 1 jam bahkan lebih bisa membantu mereka mencapai tujuan dengan mudah, baik untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan tubuh sehat dan bugar.

Namun, sebenarnya olahraga tidak harus dalam waktu yang cukup lama. Sebab, olahraga dalam waktu lama justru hanya dapat membuat Anda merasa bosan sehingga tidak ingin berolahraga lagi. Untuk itu, cobalah berolahraga dalam waktu sekitar 10 hingga 15 menit saja setiap hari.

2. Mulailah Dari Hal Kecil

Agar Anda bisa konsisten dan tidak merasa terbebani saat olahraga, Sebaiknya mulailah dari hal kecil terlebih dahulu. Misalnya, minggu ini cobalah untuk konsisten berolahraga sebanyak 2 kali dalam seminggu. Namun, minggu selanjutnya bisa Anda tambahkan lagi intensitasnya menjadi 3 kali dalam seminggu. Selain itu, jangan lupa untuk memilih jenis olahraga dari yang paling mudah seperti jalan kaki atau bersepeda.

3. Buat Jadwal

Jika anda masih sulit membangun konsistensi dalam berolahraga, ada baiknya jika Anda membuat jadwal olahraga setiap harinya. Jadwal ini juga bisa membantu Anda agar tidak bentrok dengan jadwal kegiatan lain seperti aktivitas pekerjaan, aktivitas rumah, dan lainnya. Sehingga, olahraga yang Anda lakukan bisa dilakukan secara konsisten sesuai jadwal yang telah Anda buat.