Terbit: 17 Februari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Sebagian orang menggunakan pijat refleksi tangan sebagai alternatif untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan seperti sakit kepala, sembelit, insomnia, hingga meredakan gejala depresi. Ketahui apa itu pijat refleksi tangan, titik refleksi tangan, cara kerja, manfaat, efek samping, dll.

titik-refleksi-tangan-doktersehat

Apa Itu Pijat Refleksi Tangan?

Refleksi tangan adalah teknik pijatan pada tangan yang berfokus pada titik-titik tekanan yang dianggap sensitif dan berhubungan langsung dengan bagian tubuh lain untuk membantu mengatasi rasa sakit, mengurangi gejala beberapa penyakit, serta meningkatkan kesehatan tubuh.

Pijat refleksi tangan telah lama dipercaya dalam pengobatan tradisional di Timur dan terdapat banyak orang yang menyampaikan keefektifannya untuk menyembuhkan penyakit, namun belum ada penelitian secara medis yang membuktikan efeknya refleksologi tangan dengan kesehatan.

Manfaat Pijat Refleksi Tangan untuk Pengobatan

Titik refleksi tangan baik di telapak tangan dan punggung tangan berkorelasi dengan bagian tubuh lain untuk meredakan gejala penyakit. Apabila ditekan dengan benar, refleksi tangan dipercaya memberi pengaruh besar pada kesehatan dan relaksasi tubuh.

Pijat refleksi tangan umumnya digunakan untuk mengatasi beberapa indikasi penyakit berikut ini:

  • Mengatasi migrain
  • Mengatasi sembelit
  • Mengatasi sirkulasi darah yang tidak lancar
  • Mengatasi gangguan kecemasan
  • Mengatasi sindrom kelelahan, nyeri otot, dan gangguan tidur
  • Mengatasi stres

Refleksologi ini adalah teknik alami yang dapat dilakukan oleh ahli refleksi atau Anda dapat melakukannya dimana saja apabila telah mengetahui panduan yang benar. Anda juga dapat menggunakan aromaterapi untuk menambah efektivitas dan relaksasi.

Titik Refleksi Tangan

Berikut ini adalah titik refleksi tangan sesuai dengan tujuan penyembuhan beberapa gejala, yaitu:

1. Titik Heart 7

Titik Heart 7 (HT7) adalah tekanan pada lipatan pergelangan tangan bawah di bagian luar tangan Anda atau terletak sejajar dengan antara jari manis dan kelingking Anda. Pada titik tersebut, Anda akan merasa lekukan pada tangan.

Pijat titik tersebut dengan lembut selama sekitar 1 menit untuk mengatasi kecemasan, insomnia, jantung berdebar, dan depresi.

Baca Juga: 9 Pijatan untuk Sakit Kepala, Redakan Gejala dalam Sekejap!

2. Titik Large Intestine 4 (LI4)

Titik tekanan Large Intestine 4 (LI4) terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk. Titik refleksi tangan ini berguna untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Sebagian besar orang juga menggunakan titik ini sebagai target tekanan untuk meredakan gejala rasa sakit secara umum.

Caranya adalah dengan memberikan tekanan Large Intestine 4 dengan lembut selama sekitar satu menit, lalu lakukan di bagian tangan yang satunya lagi. Titik ini dipercaya berhubungan dengan usus besar sehingga dapat membantu mengatasi masalah konstipasi.

3. Lung Meridian

Lung Meridian adalah pijat refleksi tangan yang berada di ujung tangan Anda atau segaris dengan ujung ibu jari ke sepanjang sisi tangan. Titik ini berakhir di bawah lipatan pergelangan.

Berikan tekanan kuat dan lembut di sepanjang garis ibu jari ini. Apabila Anda merasakan sakit, ahli refleksi akan terus memijat titik ini hingga rasa sakit berkurang dan Anda merasa lebih baik.

Titik tekanan segaris ibu jari ini ini dipercaya berhubungan dengan bagian tubuh lain untuk mengatasi gejala flu umum, bersin, pilek, kedinginan, dan sakit tenggorokan.

4. Small intestine 3

Small intestine 3 adalah teknik pijatan yang berada di bagian luar tangan, tepatnya terletak pada tepi tangan Anda segaris dengan jari kelingking Anda. Titik refleksi ini digunakan oleh ahli refleksi untuk mengatasi nyeri leher, sakit kepala bagian belakang, dan sakit telinga.

Cara melakukan pijat refleksi tangan berdasarkan small intestine 3 teknik ini adalah dengan menekan lembut dan kuat satu titik di tepi tangan Anda selama sekitar 1 menit hingga rasa sakitnya berkurang, lalu ulangi pada bagian tangan lain.

Baca Juga: 10 Manfaat Pijat Refleksi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

5. Inner Gate Point

inner-gate-point-doktersehat

Inner gate point adalah titik refleksi yang terletak di lipatan pergelangan tangan bagian dalam. Tepatnya, titik ini terletak sekitar 3 sentimeter di bagian tengah dari ujung pergelangan tangan Anda.

Ahli refleksi mempercayai bahwa pusat tekanan ini dapat membantu meredakan masalah pencernaan, gejala mual dan muntah, serta sakit perut. Caranya adalah dengan menekan titik ini dengan ibu jari selama sekitar satu menit.

6. Outer Gate Point

Bila titik inner gate point terletak di lipatan pergelangan tangan bagian dalam, maka outer gate point terletak di antara dua tendon di bagian atas pergelangan tangan Anda.

Para ahli refleksiologi percaya bahwa titik pijatan ini berhubungan langsung dengan saraf lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan aliran energi untuk tubuh Anda. Caranya adalah dengan menekan secara kuat dan lembut  titik inner gate point ini dengan jari-jari.

7. Titik Pergelangan Tangan 1

Titik pergelangan tangan 1 atau wrist point 1 adalah titik refleksi yang terletak pada pergelangan tangan. Ahli refleksiologi menyatakan bahwa pijatan pada pergelangan tangan ini dapat membantu untuk mengelola emosi dan membantu melepaskan hormon untuk meningkatkan perasaan bahagia pada seseorang.

Cara melakukan pijatan ini adalah dengan menekan titik pergelangan tangan Anda, tepatnya segaris di bawah jari kelingking Anda. Tekan dengan lembut dan kuat selama sekitar satu menit hingga Anda merasa lebih rileks.

8. Hand Valley Point

Hand valley point adalah target pijatan yang berada di antara ibu jari dan jari telunjuk. Anda dapat menemukan titik ini di ruang kulit di antara ibu jari dan jari telunjuk.

Para ahli refleksiologi mempercayai bahwa teknik pijatan ini dapat membantu mengatasi gejala migrain, sakit gigi, leher kaku, nyeri bahu, hingga refleksi untuk mengurangi stres.

9. Pangkal Ibu Jari

Base of the thumb point atau titik pada pangkal ibu jari adalah teknik pijatan yang berada di pergelangan tangan. Menekan titik pangkal ibu jari ini secara lembut dan kuat dipercaya dapat membantu mengatasi masalah pernapasan.

Baca Juga: 7 Manfaat Sandal Refleksi bagi Kesehatan dan Keamanannya

10. Titik Pericardium 6 (P6)

Titik Pericardium 6 (P6) terletak di antara kedua tendon di pergelangan tangan Anda. Pijat target refleksi ini dengan lembut dan kuat dengan fokus pada area yang sakit selama sekitar satu menit untuk mengatasi sakit kepala yang diakibatkan stres atau gejala kecemasan.

Itulah beberapa teknik pijat refleksi tangan yang dipercaya dapat mengatasi beberapa indikasi penyakit. Beberapa praktisi mempercayai bahwa pijat refleksi adalah cara efektif untuk meningkatkan kesehatan, namun tidak ada bukti ilmiah mengenai keampuhan pijat refleksi.

Apakah Pijat Refleksi Tangan Aman?

Secara umum, pijat refleksi umum namun ada beberapa peringatan yang harus diketahui, yaitu:

  • Wanita hamil tidak dianjurkan untuk melakukan akupresur karena titik-titik saraf tersebut kemungkinan besar dapat menyebabkan kontraksi.
  • Pijat refleksi adalah alternatif pengobatan, Anda tetap harus mengutamakan konsultasi kesehatan dengan dokter dan menjaga kesehatan secara umum untuk mempercepat kesembuhan gejala.
  • Konsultasi pada dokter sebelum menggunakan pijat refleksi apabila Anda memiliki kondisi peradangan atau gumpalan darah di kaki Anda, encok, masalah tiroid, epilepsi, dan jumlah trombosit yang rendah.
  • Pijat refleksi juga mungkin berisiko bila dilakukan pada penderita diare, infeksi kulit bakteri atau jamur, luka terbuka, radang tangan, dan demam atau penyakit menular apa pun.

Bagaimanapun, refleksiologi bukan bagian dari bidang kedokteran. Pijat refleksi mungkin membantu perawatan kesehatan, namun sebaiknya tetap berkonsultasi pada dokter untuk pengobatan secara efektif.

 

  1. Cirino, Erica. 2018. 8 Pressure Points on Your Hands. https://www.healthline.com/health/hand-pressure-points#1. (Diakses pada 17 Februari 2020).
  2. Cronkleton, Emily. 2018. Try This: Hand Reflexology. https://www.healthline.com/health/hand-reflexology. (Diakses pada 17 Februari 2020).
  3. Reflexology-Map. 2019. Hands Map. https://reflexology-map.com/hands-map-2/. (Diakses pada 17 Februari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi