Terbit: 18 Februari 2020 | Diperbarui: 18 Mei 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Memijat sejumlah titik refleksi di kaki Anda dipercaya dapat memberikan efek rileks sekaligus menghilangkan rasa nyeri maupun pegal, tidak hanya pada kaki itu sendiri, namun juga bagian tubuh lainnya. Benarkah demikian? Lantas, di mana saja titik refleksi kaki tersebut?

titik-refleksi-kaki-doktersehat

Apa Itu Titik Refleksi Kaki?

Titik refleksi kaki adalah area-area di kaki dan sekitarnya yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap sentuhan dan tekanan. Dalam dunia medis, titik refleksi ini dikenal sebagai titik akupresur (acupressure point). Saat titik-titik tersebut disentuh atau ditekan, tubuh akan bereaksi dengan melepaskan senyawa-senyawa yang memberikan efek rileks.

Efek relaksasi yang dihasilkan dari aktivitas memijat titik refleksi pada kaki ini pun diklaim dapat meredakan pegal, di samping sejumlah manfaat lainnya seperti menjaga kesehatan tubuh hingga membantu Anda tidur lebih nyenyak. Kendati masih belum dapat dipastikan, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwasanya pijat refleksi kaki efektif untuk meredakan nyeri, termasuk nyeri pasca operasi.

Macam-Macam Titik Refleksi Kaki

Melakukan pijatan pada titik refleksi kaki diklaim dapat menghilangkan nyeri dan pegal-pegal. Titik-titik refleksi yang dibahas kali ini dibagi berdasarkan efeknya terhadap tubuh. Lantas, di mana saja letak titik-titik refleksi tersebut? Dilansir dari Healthline, simak informasinya berikut ini!

1. Titik Refleksi Kaki untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan

Efek rileks yang akan Anda dapatkan saat memijat kaki secara otomatis dapat membantu mengatasi gangguan rasa cemas. Berikut adalah letak titik tersebut beserta cara memijatnya yang bisa dipraktikkan:

  • Tekuk jari kaki sampai terbentuk semacam lekukan di bawahnya.
  • Letakkan ibu jari tangan pada lekukan tersebut.
  • Tahan punggung kaki dengan tangan yang satunya.
  • Pijat lekukan tersebut secara perlahan dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari tangan.
  • Selain dengan gerakan memutar, lakukan juga gerakan naik-turun saat memijat.

2. Titik Refleksi Kaki untuk Mengatasi Nyeri Umum

Guna mengatasi rasa nyeri dan pegal pada area kaki maupun area tubuh lainnya, Anda bisa memberikan pijatan di telapak kaki. Terapi ini dikenal dengan istilah terapi miofasial dan bertujuan untuk merelaksasi jaringan yang ada pada otot, tulang, maupun organ.

Cara menerapkan terapi relaksasi melalui kaki ini adalah sebagai berikut:

  • Posisikan tubuh dalam keadaan duduk. Gunakan kursi atau sofa yang nyaman.
  • Letakkan objek berbentuk bola (bisa bola tenis, golf, dsb.) di bawah telapak kaki.
  • Gulingkan bola secara bolak-balik menggunakan telapak kaki, rasakan adanya titik sensitif.
  • Jika titik sensitif sudah terasa, berikan dorongan pada kaki.
  • Tahan selama kurang lebih 3-5 menit.

3. Titik Refleksi Kaki untuk Mengatasi Nyeri Punggung

Memijat titik refleksi yang ada di kaki Anda juga dapat membantu mengatasi nyeri yang terjadi di area punggung, khususnya punggung bagian bawah alias pinggang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan pijat refleksi kaki untuk mengatasi nyeri punggung menerima hasil yang lebih baik ketimbang mereka yang bahkan memijat punggung itu sendiri.

Titik refleksi yang dimaksud kali ini yaitu telapak kaki sisi dalam, tepatnya di bawah ibu jari kaki. Proses penerapannya adalah sebagai berikut:

  • Pijat titik refleksi menggunakan ibu jari tangan secara perlahan dengan gerakan naik-turun.
  • Anda juga bisa melakukan gerakan ‘memukul’ pada titik refleksi tersebut.
  • Pindahkan lokasi pijatan ke area lainnya seperti tumit dan hari-jari kaki.

4. Mengatasi Gangguan Tidur

Gangguan tidur seperti insomnia juga bisa diatasi dengan memijat titik refleksi di kaki Anda. Untuk kasus ini, titik yang dimaksud yakni ada di sisi dalam kaki yang berada di atas pergelangan kaki.

Penerapannya adalah sebagai berikut:

  • Tentukan titik paling tinggi dari pergelangan kaki.
  • Beri jarak 4 jari ke atas dari titik tersebut.
  • Lakukan gerakan memijat naik-turun secara perlahan (beri sedikit tekanan).
  • Ulangi selama beberapa kali dengan masing-masing sesi berlangsung sekitar 4-5 detik.

Selain dianggap dapat mengatasi gangguan tidur, memijat titik refleksi yang satu ini juga dianggap dapat meredakan nyeri yang disebabkan oleh sejumlah kondisi seperti menstruasi dan penyakit yang berhubungan dengan pelvis.

Manfaat Memijat Titik Refleksi Kaki

Berikut ini adalah rangkuman manfaat melakukan pijat refleksi pada kaki yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi Nyeri dan Pegal-Pegal

Nyeri dan pegal pada kaki tentunya menjadi kondisi yang semua orang pasti pernah mengalaminya, terutama jika sehari-harinya berkutat dengan aktivitas yang banyak membutuhkan gerakan dan tumpuan kaki, atau jika sering menggunakan sepatu berhak (high heels).

Pijat refleksi bertujuan untuk meredakan rasa nyeri dan pegal-pegal tersebut. Pasalnya, kegiatan ini dapat merilekskan otot-otot sekaligus melancarkan peredaran darah di dalamnya. Manfaat ini juga berlaku untuk bagian tubuh yang lainnya, ya.

2. Mengusir Stres

Manfaat penting lainnya yang juga dihasilkan dari aktivitas pijat yang satu ini adalah untuk mengusir rasa stres.

Dilansir dari WebMD, pijat refleksi pada kaki maupun area tubuh lainnya menurut seorang praktisi kesehatan yakni Mary Beth Braun efektif untuk mengatasi stres dan kondisi lainnya yang berkaitan seperti gangguan kecemasan dan insomnia.

3. Mengembalikan Energi Tubuh

Padatnya aktivitas sehari-hari pastinya membuat tubuh kita banyak kehilangan energi yang mana hal ini biasanya benar-benar terasa di malam hari.

Pijat refleksi kaki menjadi salah satu medium yang dipercaya dapat mengembalikan energi yang hilang tersebut. Pasalnya, pijat diklaim dapat membantu merangsang produksi hormon tubuh yang berkaitan dengan pembentukan energi (tentunya harus diimbangi juga dengan konsumsi makanan bergizi dan aktivitas sehat lainnya seperti berolahraga).

Tips Melakukan Pijat Refleksi pada Kaki

Setelah mengetahui titik-titik mana saja yang bisa dipijat, kini saatnya Anda tahu bagaimana tips atau cara melakukan pijatan yang benar agar manfaatnya benar-benar terasa.

Tips melakukan pijat refleksi sakit kepala yang baik adalah sebagai berikut:

  • Atur posisi tubuh senyaman mungkin.
  • Atur napas dengan baik sampai merasa rileks.
  • Tekan titik refleksi sewajarnya, kemudian lakukan gerakan memijat secara perlahan.
  • Pijat selama kurang lebih 10 detik.

Kendati aktivitas seperti ini bisa dilakukan secara mandiri, tidak ada salahnya untuk Anda—terutama yang baru ingin mencoba—berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait. Anda juga bisa menggunakan jasa terapis profesional terlebih dahulu sembari mempelajari teknik pijatan yang baik.

Itu dia informasi mengenai titik refleksi kaki yang bisa Anda pijat lembut guna meredakan nyeri, pegal-pegal, dan kondisi lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

  1. Carey, E. 2018. 3 Massages for Pressure Points on Feet. https://www.healthline.com/health/pain-relief/massages-for-pressure-points-on-feet (Diakses pada 18 Februari 2020)
  2. Cirino, E. 2018. 5 Pressure Points for Sleep. https://www.healthline.com/health/pressure-points-for-sleep (Diakses pada 18 Februari 2020)
  3. Seliger, S. Massage Therapy for Stress Relief and Much More. https://www.webmd.com/balance/stress-management/features/massage-therapy-stress-relief-much-more#1 (Diakses pada 18 Februari 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi