Terbit: 11 Februari 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Tiram adalah kelompok kerangan-kerangan yang terkenal karena khasiat afrodisiaknya. Namun, tahukah Anda bahwa produk laut ini memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan? Simak penjelasan lengkap mengenai khasiat dan kandungannya.

11 Manfaat Tiram, Meningkatkan Kesehatan Otak hingga Jantung

Kandungan Tiram

Berikut adalah berbagai kandungan yang ada di dalamnya, antara lain:

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Vitamin D
  • Tiamin (vitamin B1)
  • Niacin (vitamin B3)
  • Vitamin B12
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zinc
  • Tembaga
  • Mangan
  • Selenium

Meski terbilang makanan rendah kalori, makanan laut ini kaya akan nutrisi seperti protein, lemak sehat, mineral, dan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Semua hal ini memainkan peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti mengatur peradangan dan menjaga kesehatan jantung hingga otak.

Manfaat Tiram bagi Kesehatan

Tingginya kandungan mikronutrien pada produk laut ini menjadikannya makanan sehat bagi tubuh. Berikut berbagai manfaat potensial yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan vitamin B12 yang tinggi menjadikannya pilihan alami untuk menjaga kesehatan otak. Kekurangan vitamin B12 telah dikaitkan dengan demensia dan Alzheimer. Selain itu, kekurangan vitamin ini juga dikaitkan dengan gejala kesehatan mental seperti depresi dan masalah kesehatan jiwa lainnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

2. Mencegah Osteoporosis

Tiram kaya akan vitamin D, tembaga, zinc, dan mangan. Jika beberapa mikronutrien tersebut dikombinasikan dengan kalsium, hal tersebut dipercaya dapat memperlambat atau mencegah keropos yang disebabkan oleh osteoporosis. Selain itu, mineral dari produk laut ini dianggap lebih efektif daripada suplemen.

3. Memenuhi Kebutuhan Selenium

Produk laut ini mengandung selenium yang tinggi. Selenium sendiri merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit agar dapat berfungsi dengan baik.

Jika dikonsumsi pada tingkat yang terlalu tinggi, selenium bersifat toksik, namun kekurangan mineral ini telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular, infertilitas, dan penurunan kognitif.

Saat tubuh kekurangan selenium, hal itu dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan kondisi kesehatan kronis seperti penyakit jantung. Mineral ini sendiri telah digunakan sebagai nutrisi utama yang mencegah HIV berkembang menjadi AIDS.

4. Meningkatkan Gairah Seksual

Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat tiram memang dapat membantu meningkatkan kinerja seksual dan libido. Khasiat untuk mendukung aktivitas seksual tersebut berkat kandungan zinc-nya yang tinggi.

Seorang pria yang kekurangan zinc dikaitkan dengan impotensi dan disfungsi ereksi. Selain pada pria, mineral ini juga bermanfaat untuk perkembangan embrio pada wanita.

Sebagai sumber seng, produk laut ini juga merupakan alternatif yang lebih sehat daripada produk daging yang lebih umum. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah sistem kekebalan yang lebih baik, membantu penyembuhan luka, dan perlindungan dari kehilangan penglihatan terkait usia.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tiram merupakan salah satu makanan yang paling bergizi dengan jumlah kalori yang rendah jika dibandingkan dengan ukuran porsi. Misalnya, 100 gram dada ayam panggang mengandung 176 kalori, sedangkan 100 gram tiram kalengan mengandung 74 kalori.

Dengan kata lain, makanan ini sangat ideal untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat. Namun, harus diingat bahwa makanan laut ini memiliki kandungan natrium yang tinggi. Jika Anda memiliki menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, perhatikan jumlah yang Anda konsumsi.

6. Sumber Protein  yang Sehat

Produk laut ini mungkin tidak setinggi produk hewani seperti ayam dalam hal kandungan proteinnya, tetapi tiram adalah pilihan yang jauh lebih sehat.

Masalah dengan banyak makanan hewani yang kaya protein—seperti daging—adalah makanan tersebut cenderung tinggi lemak, sedangkan produk laut ini kaya akan lemak sehat. Tiram dan sarden memiliki lemak sehat tertinggi.

Baca Juga: 10 Manfaat Kerang Hijau, Mencegah Asma hingga Anemia

7. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Produk laut ini mengandung beberapa vitamin dan mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh. Kandungan zinc dan selenium memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan yang optimal. Sementara selenium memiliki sifat antioksidan yang kuat, zinc membantu melawan patogen.

Selain mengandung vitamin penting seperti vitamin C dan D, makanan laut ini  kaya akan vitamin B12 yang sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

8. Mempercepat Penyembuhan

Kandungan zinc yang tinggi menjadikan produk laut ini sangat penting dalam perawatan luka. Mineral ini sangat penting untuk kemampuan tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh dapat menangkal infeksi dan mikroba.

Selain itu, mineral esensial ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dan orang dewasa, serta pemeliharaan fungsi tubuh untuk orang-orang dari segala usia.

9. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Zat besi merupakan komponen kunci dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Mineral ini adalah pertahanan utama melawan anemia, keadaan yang dapat menyebabkan kelelahan, kerusakan kognitif, gangguan perut, dan kelemahan otot secara umum.

Pasokan segar sel darah sehat dalam sistem peredaran darah memastikan bahwa sistem organ memiliki tingkat darah dengan oksigen yang tinggi untuk merangsang aktivitasnya. Hal ini memastikan fungsi yang efisien dan peningkatan laju metabolisme tubuh secara keseluruhan.

10. Menjaga Kesehatan Hati

Produk laut ini mengandung antioksidan unik bernama 3,5-Dihydroxy-4-methoxybenzyl alcohol atau DHMBA. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan tersebut adalah senyawa fenolik kuat yang bermanfaat bagi kesehatan dalam berbagai cara.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa zinc dan DHMBA dalam tiram membantu berfungsinya aktivitas neuron glutamatergik yang membantu fungsi memori dan pembelajaran di otak. Efek positif lainnya adalah dapat melindungi hati dari stres oksidatif.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi produk laut ini. Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi membantu menjaga detak jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan meredakan peradangan.

Selain itu, kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada makanan laut ini juga menambah manfaatnya bagi jantung. Kandungan tersebut membantu menurunkan tekanan darah dan mengendurkan pembuluh darah.

Pada akhirnya, hal ini membantu dalam meningkatkan sirkulasi, oksigenasi darah, dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular. Terakhir, vitamin E dalam produk laut ini juga dikenal dengan khasiat kardioprotektifnya, terutama bagi penderita penyakit kronis seperti diabetes.

Nah, itulah berbagai manfaat tiram yang bisa Anda dapatkan.

 

  1. Anonim. Oysters: Are They Good for You?. https://www.webmd.com/diet/oysters-good-for-you#1. (Diakses pada 11 Februari 2021).
  2. Staughton, John. 2020. 10 Wonderful Benefits Of Oysters. https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/oysters.html. (Diakses pada 11 Februari 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi