Terbit: 6 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Yoga kini cukup populer di kalangan masyarakat, khususnya wanita. Olahraga ini memiliki gerakan yang berfungsi untuk melenturkan badan serta bisa membantu memperlancar pernapasan. Tidak hanya itu saja, yoga juga sangat ampuh dalam menghilangkan rasa stres. Hal ini dikarenakan yoga memiliki teknik serta gerakan yang mampu membuat pikiran kita menjadi lebih tenang.

Tips Aman Melakukan Yoga Bagi Pemula

Bagi sebagian besar orang yang sudah melakukan olahraga ini dalam waktu cukup lama, yoga sangat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, apakah hal tersebut juga berlaku pada pemula atau orang yang baru belajar yoga? Tentu saja pemula akan terasa sulit. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips aman melakukan yoga bagi pemula, diantaranya:

1. Pilih Cabang Olahraga Yoga yang Tepat

Ada banyak cabang atau kelas olahraga yoga yang bisa Anda pilih. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda melihat terlebih dahulu seperti apa cabang atau kelas olahraga yoga tersebut sebelum Anda bergabung di dalamnya. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak salah dalam memilih cabang atau kelas olahraga yoga yang nantinya akan menyebabkan dampak buruk pada tubuh Anda. Untuk itu, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

2. Siapkan Perlengkapan Yoga

Yoga merupakan olaraga yang dilakukan di lantai. Untuk itu, dalam melakukan olahraga ini Anda harus menyiapkan alas, seperti matras. Matras ini berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari cedera. Oleh karenanya, Anda harus menyiapkan matras yang pas agar tidak bergeser. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan pakaian khusus yoga yang nyaman ketika Anda bergerak.

3. Memulainya Secara Perlahan

Dalam jenis olahraga apapun Anda tidak akan mungkin langsung bisa menjadi ahli. Dibutuhkan proses yang tidak mudah, khususnya pada jenis olahraga yoga. Seperti yang Anda tahu bahwa yoga memiliki gerakan yang berhubungan dengan kelenturan tubuh. Sehingga bagi Anda yang masih pemula, tentunya tubuh Anda masih kaku. Oleh sebab itu, cobalah untuk melakukan latihan ini secara perlahan dan jangan terlalu memaksanya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi