Ingin Menjadi Vegetarian? Simak Tips Berikut ini

doktersehat-diet-vegan

DokterSehat.Com– Untuk menjaga kesehatan, ada banyak cara yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah menjadi vegetarian. Ya, vegetarian adalah seseorang yang menerapkan pola makan sehat, dengan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan alami saja, seperti buah ataupun sayuran.

Menjadi vegetarian memang sehat, tapi tidak semudah yang dibayangkan. Sebab, bagaimanapun juga merubah kebiasaan makan adalah hal yang sulit. Apalagi jika kita tergolong sebagai orang yang gemar makan makanan berat seperti daging, telur, dan sebagainya. Maka keputusan menjadi vegetarian harus dijalankan dengan proses yang tidak mudah.

Untuk itu, kali ini doktersehat.com akan memberikan beberapa tips untuk memulai menjadi seorang vegetarian.

1. Membulatkan Tekad dan Punya Target

Menjadi seorang vegetarian tidaklah mudah, diperlukan tekad yang bulat agar tidak berhenti di tengah jalan. Sebab, vegetarian tidak berjalan sehari atau dua hari saja, tapi dalam jangka waktu yang panjang, bahkan selamanya. Untuk itu, Anda harus memiliki target sehingga tekad tidak bisa digoyahkan dan tidak mudah tergoda dengan jenis makanan tak sehat lainnya.

2. Membuat Rencana

Dalam membuat rencana, Anda bisa mencatat beberapa kebutuhan saat akan menjadi seorang vegetarian. Adapun beberapa rencana tersebut bisa terdiri dari menu makanan, jadwal makan, serta mempersiapkan camilan. Namun, harus tetap diingat bahwa konsep dari vegetarian adalah mengonsumsi makanan alami dari tumbuhan, jadi setiap rencana menu yang Anda tulis haruslah sesuai dengan konsep dari vegetarian dan tidak boleh melenceng sedikitpun.

3. Perbanyak Jumlah Konsumsi

Perlu diketahui, menjadi seorang vegetarian memang sering sekali merasakan lapar. Sebab, tumbuhan yang dimakan memang tidak kaya akan karbohidrat. Untuk itu, dalam satu kali makan, disarankan untuk menambah jumlah yang dikonsumsi. Tenang saja, menambah jumlah makanan tidak akan membuat Anda menjadi gemuk, sebab makanan yang dikonsumsi terhindar dari lemak jahat dan kolesterol.