Tips Agar Tidur Lelap Saat Cuaca Panas Walau Tanpa Pendingin Ruangan

doktersehat-kurang-tidur-ngantuk

DokterSehat.Com– Ada banyak hal yang bisa membuat kita sulit tidur, salah satunya adalah karena cuaca panas. Akibatnya, kita akan mengalami kurang tidur, sehingga membuat kita merasa ngantuk saat sedang beraktivitas di siang hari. Hal itu tentu saja bisa mengganggu aktivitas pekerjaan kita, bukan?

Biasanya, rasa panas dan gerah tersebut bisa diatasi dengan cara menggunakan pendingin ruangan berupa AC maupun kipas angin. Akan tetapi, bagaimana jika Anda tidak memiliki kedua alat pendingin tersebut? Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa tertidur dengan lelap meskipun cuaca terasa panas dan gerah, diantaranya:

1. Gunakan Sprei Berbahan Kapas atau Sutra

Pada dasarnya, sprei digunakan untuk melindungi kasur dari kotoran. Pemakaian sprei di kasur, pasti akan menempel langsung ke tubuh Anda sehingga bisa menentukan kenyamanan tidur. Namun, Anda harus memperhatikan bahan yang digunakan dalam sprei tersebut. Pilihlah sprei yang berbahan kapas maupun kain sutra karena memiliki sifat yang bisa mendinginkan tubuh, walaupun cuaca sedang panas sekalipun.

2. Gunakan Baju Tidur Longgar

Sebelum tidur, kenakanlah baju tidur yang yang longgar dan berbahan dingin, sama seperti sprei yang Anda gunakan. Hal tersebut juga bisa membantu Anda terhindar dari rasa panas dan gerah yang bisa membuat tidur Anda terganggu.

3. Mandi Air Dingin

Tidak ada salahnya jika Anda mandi terlebih dahulu sebelum tidur jika cuaca sedang panas dan membuat Anda terasa gerah. Anda bisa mandi dengan air dingin. Air dingin tersebut dapat membantu menurunkan suhu tubuh Anda. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih dingin sehingga Anda bisa tidur dengan nyaman.

4. Minur Air Sebelum Tidur

Tidak bisa dipungkiri lagi jika air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Air putih juga bisa mengatasi mengatasi masalah sulit tidur akibat cuaca yang sedang panas. Cobalah untuk minum satu gelas air sebelum tidur. Manfaat air putih ini sama dengan manfaat mandi sebelum tidur, yakni mampu mendinginkan suhu tubuh Anda.