4 Cara Ampuh Mendapat Tidur Nyenyak

DokterSehat.Com– Tidur merupakan sebuah aktivitas penting bagi setiap orang. Sebab, dengan tidur, seluruh organ tubuh akan beristirahat sehingga keesokan hari bisa bekerja dengan normal kembali. Selain itu, tidur juga bisa membuat otak menjadi lebih segar sehingga mengurangi depresi serta stres yang dialami sepanjang hari.

Namun, kendati teramat penting, sayangnya tidak sedikit orang yang susah mendapatkan kualitas tidur baik. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan orang saat ini lebih cenderung menerapkan pola hidup tak sehat, seperti begadang. Dengan begitu, kebiasaan tidur larut pun akan sulit dihilangkan.

Bagi Anda yang sedang dalam masalah serupa, yakni kesulitan mendapat kualitas tidur baik, tak perlu khawatir lagi. Sebab, ada beberapa cara ampuh yang bisa mengatasinya. Apa saja cara tersebut? Berikut diantaranya:

1. Jauhkan Gadget

Salah satu alasan mata tidak bisa terpejam adalah karena kita masih fokus dengan gadget. Selain itu, radiasi yang dihasilkan oleh gadget juga bisa mengganggu fungsi otak sehingga membuat kita menjadi tak ngantuk walau sampai larut malam. Untuk itu, jauhkan gadget beberapa saat sebelum beranjak ke tempat tidur.

2. Matikan Lampu Kamar

Perlu diketahui, keadaan yang gelap ternyata bisa mempercepat kantuk datang. Sebab, cahaya yang kuat bisa membangungkan otak karena cahaya itu sendiri memasuki hyphothalamus, yakni area otak yang memengaruhi fungsi tidur seseorang. Masuknya cahaya tersebut akan menghambat datangnya hormon melatonin. Akibatnya, mata menjadi susah terlelap.

3. Atur Suhu Ruangan

Salah satu penyebab tidur tak nyenyak selanjutnya adalah suhu ruangan yang tidak stabil. Seperti diketahui, tubuh kita perlu suhu yang sejuk agar dapat tidur lebih nyenyak. Untuk itu, gunakan pendingin ruangan seperti kipas angin atau AC sesaat sebelum tidur.

4. Minum Susu atau Teh

Kedua jenis minuman ini memang cukup direkomendasikan diminum sebelum tidur. Sebab, susu dan teh terbilang aman dikonsumsi sebelum tidur dan tidak akan membuat berat badan bertambah. Justru, kedua jenis minuman ini bisa membuat kita menjadi lebih cepat ngantuk sehingga tidur pun menjadi berkualitas.