10 Tips Tidur Nyenyak dan Berkualitas Sesuai Sains

tips-tidur-berkualitas-doktersehat

DokterSehat.Com – Beberapa orang mungkin tidak tahu rasanya insomnia. Kondisi susah tidur ini sangat mengganggu dan bisa menyebabkan produktivitas menurun. Beberapa orang yang mengalami gangguan sehingga mereka kerap membutuhkan tips tidur nyenyak berkualitas.

Tips tidur nyenyak sesuai dengan sains

Seperti apapun kondisi tidur Anda saat ini, entah cepat tidur atau sering insomnia hingga tidur lewat tengah malam, maka harus segera diatasi. Kalau Anda ingin memiliki tidur yang nyenyak dan kualitas kerja dan kehidupan meningkat, simak beberapa tips tidur nyenyak berkualitas berikut ini:

  1. Berjemur saat pagi hari

Berjemur pada pagi hari dan mendapatkan sinar matahari selama 10-15 menit ternyata baik untuk tubuh. Selain itu meningkatkan vitamin D, peluang terjadi gangguan siklus tidur akan kecil. Sempatkan berjemur pada pagi hari sebelum pukul 09,00.

  1. Mengurangi paparan cahaya biru saat malam

Tahukah Anda kenapa saat malam hari rasa kantuk kerap hilang kalau melihat layar ponsel atau laptop? Hal ini terjadi karena cahaya biru yang dominan menyebabkan gangguan hormon di dalam tubuh. Kalau Anda ingin mengurangi paparan cahaya biru, berhenti menggunakan ponsel untuk sementara waktu bisa jadi tips tidur nyenyak berkualitas yang ampuh.

  1. Hindari konsumsi kafein

Hindari mengonsumsi kopi setiap harinya khususnya kalau hari sudah beranjak gelap. Efek kopi yang menyebabkan semangat akan membuat kantuk hilang dan Anda susah tidur dengan cepat dan berkualitas.

  1. Hindari terlalu banyak tidur siang

Kalau Anda terbiasa tidur siang, coba hindari atau buat durasinya lebih singkat. Kalau biasanya tidur selama 30 menit, buat jadi lebih sebentar yaitu sekitar 15 menit. Ini bisa jadi tips tidur nyenyak berkualitas di malam hari karena tubuh ada di waktu tidur yang sesuai.

  1. Biasakan tidur tepat waktu

Biasakan untuk tidur secara tepat waktu dan jangan melanggarnya. Misal Anda terbiasa untuk tidur mulai pukul 22.00 dan bangun pukul 05.00 esok paginya. Lakukan hal ini setiap hari agar volume tidur tetap terjaga dan tidak mengalami gangguan.

  1. Menggunakan suplemen tertentu

Gunakan suplemen tertentu yang aman dan sesuai dengan resep dokter. Suplemen itu terdiri dari serbuk ginko biloba, akar valerian, magnesium, dan glycine. Sekali lagi, tips tidur nyenyak berkualitas ini tidak boleh dilakukan sembarangan dan butuh konsultasi dokter.

  1. Hindari minuman beralkohol

Bagi beberapa orang, alkohol digunakan untuk menghangatkan tubuh. Namun, konsumsi berlebihan dari minuman ini justru membuat Anda jadi susah tidur. Alkohol bisa menyebabkan kemungkinan terjadi sleep apnea, mengorok, dan gangguan pada jam tidur. Selain itu, alkohol juga memicu produksi melatonin sehingga Anda akan lebih sering terjaga.

  1. Memiliki suhu kamar yang tepat

Tidur dengan suhu kamar lumayan panas akan membuat Anda tidak nyenyak dan mudah sekali berkeringat. Suhu yang cocok untuk tidur berada pada kisaran suhu 20°C. Kalau Anda memiliki AC di dalam ruangan bisa mengaturnya dengan suhu ini atau lebih atasnya lagi agar tidak terlalu dingin.

Suhu tubuh yang terlalu tinggi bisa menyebabkan gangguan tidur. Sebaliknya kalau suhu turun, kemungkinan besar terjadi kantuk dan kualitasnya meningkat akan cukup tinggi.

  1. Jangan makan terlalu banyak sebelum tidur

Mengonsumsi makanan terlalu banyak kandungan gula dan karbohidrat saat malam hari akan menyebabkan tidur terganggu. Pencernaan akan berjalan terhambat sehingga perut jadi begah dan tidak nyaman. Tips tidur nyenyak berkualitas yang selanjutnya adalah sdengan memberi jeda sekitar 2 jam sebelum tidur agar pencernaan berjalan lancar baru Anda bisa beristirahat dengan baik.

  1. Mandi dan relaksasi sebelum tidur

Setelah lelah bekerja seharian, tubuh juga membutuhkan relaksasi. Lakukan mandi dengan menggunakan air hangat sesegera mungkin. Berdasarkan penelitian, mandi air hangat dan membuat tubuh jadi relaks 90 menit sebelum tidur bisa membuat Anda jadi lebih nyenyak saat tidur dan istirahat jadi berkualitas.

Manfaat tidur nyenyak secara rutin

Tidur yang nyenyak setiap hari akan memberikan banyak selali manfaat untuk tubuh. Setelah mengetahui berbagai tips tidur nyenyak berkualitas di atas, Anda juga harus tahu apa saja manfat tidur nyenyak seperti berikut ini:

  1. Mencegah obesitas

Tidur yang teratur akan menyebabkan seseorang memiliki banyak energi setiap pagi hari. Energi yang masih banyak ini menyebabkan asupan kalori yang masuk tidak akan terlalu banyak. Seseorang juga tidak akan mengalami hangry atau rasa lapar berlebihan yang membuat mereka susah terkontrol.

Dengan asupan kalori yang terjaga dengan baik, obesitas tidak akan terjadi pada pria atau wanita. Dampaknya mereka akan sehat setiap hari. Perbaiki pola tidur dengan baik sesuai dengan beberapa tips yang dituliskan sebelumnya.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Anda yang bekerja di bidang teknis seperti pemrograman atau mungkin di bagian keuangan tentu membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Manfaat tidur nyenyak akan meningkatkan kadar konsentrasi itu sehingga Anda bisa lebih produktif dalam bekerja setiap harinya.

  1. Meningkatkan kemampuan atletik

Tidur nyenyak bisa meningkatkan kemampuan atletik dari seseorang. Kemampuan atletik ini bisa naik karena otot bisa sembuh setelah tidur nyenyak. Selain itu, tubuh juga tidak akan mengalami gangguan pada jumlah energi yang dimiliki

4.Mencegah gangguan jantung dan stroke

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan, waktu tidur kurang dari 7-8 jam per hari akan menyebabkan seseorang mengalami masalah jantung dan stroke. Kalau Anda memperbaiki pola tidur, hal seperti ini tidak akan terjadi.

  1. Menurunkan risiko terkena diabetes tipe II

Terdapat fakta bahwa penurunan jumlah waktu tidur sebanyak beberapa jam selama seminggu berpotensi sebabkan seseorang mengalami pradiabetes. Kalau kondisi ini terus dilakukan, kemungkinan terjadi diabetes akan besar. Oleh karena itu, pria disarankan untuk tidur minimal 6 jam sehari.

Itu dia beberapa ulasan tentang tips tidur nyenyak berkualitas yang ilmiah dan juga manfaat tidur nyenyak. Kira-kira mana saja yang selama ini belum perah Anda lakukan? Semoga setelah ini Anda bisa lebih memperhatikan pola tidur agar berkualitas setiap saat.