Tips Tidur Nyaman di Pesawat atau Kereta Api

tidur-di-pesawat-doktersehat
Photo Credit: flickr.com

DokterSehat.ComTidur dalam penerbangan jarak jauh atau perjalanan kereta yang panjang bisa terasa sulit. Tidak ada yang lebih buruk daripada merasa lelah dan letih saat sampai di tempat tujuan. Kurang tidur juga bisa membuat gejala jet lag memburuk.

Lalu bagaimana cara tidur di pesawat terbang atau kereta api? Simak tips berikut ini seperti dilandir dari Wiki How:

1. Pilih tempat duduk atau tempat tidur Anda dengan hati-hati
Memilih tempat duduk yang paling nyaman yang Anda mampu. Banyak maskapai penerbangan menawarkan kursi bersandar sepenuhnya yang berubah menjadi tempat tidur datar di first class dan tempat tidur sering tersedia di kereta first class.

Jika perjalanan first class berada di luar anggaran Anda, pikirkan untuk membayar ruang ekstra kaki dalam penerbangan, terutama jika tubuh Anda lebih tinggi dari rata-rata. Bahkan jika Anda terjebak dalam kursi, Anda masih bisa mendapatkan tempat duduk yang berfungsi untuk tidur.

  • Dapatkan kursi yang bisa bersandar. Jika bepergian dengan pesawat terbang, hindari barisan belakang pesawat karena tidak bisa bersandar sepenuhnya. Dalam perjalanan kereta api semalaman, kursi bersandar dengan sandaran kaki biasanya tersedia di kelas ekonomi.
  • Pilih tempat yang sepi. Di pesawat biasanya barisan tengah dimana Anda cenderung tidak terganggu oleh kebisingan dan pergerakan penumpang dan pramugari lainnya.
  • Jika Anda merasa berada di dekat anak-anak dapat mengganggu tidur Anda, hindari kursi sekat di pesawat karena ini sering berada di tempat tidur bayi.
  • Pilih kursi dekat jendela. Banyak penumpang melaporkan bahwa lebih mudah tidur di kursi dekat jendela, karena anda bisa mengistirahatkan kepala ke sisi pesawat atau kereta api. Anda juga cenderung tidak terganggu oleh penumpang lain yang keluar ke lorong.
  • Dapatkan tempat tidur yang bagus di kereta. Perjalanan kereta yang lebih panjang, akomodasi couchette yang populer dan terjangkau. Couchette adalah sebuah ruangan dengan beberapa ranjang di dalam gerbong, Anda bisa berbagi dengan orang asing. Kemudian kunci kamar dari dalam. Tempat tidur atas umumnya lebih aman, tapi jika Anda perlu bangun pada malam hari untuk ke toilet, hal itu bisa sulit dilakukan dalam kegelapan.

2. Amankan barang-barangmu
Hal ini lebih penting untuk melatih perjalanan karena walaupun kereta umumnya sangat aman, perampokan memang terjadi. Bila Anda tidur akan lebih rentan terhadap kejahatan. Maka bersiaplah untuk hal yang terburuk, jika Anda menyimpan barang-barang berharga jauh dari tempat Anda duduk. Jika menaruh barang di dekat jangkauan, Anda akan merasa nyaman dan jauh lebih mudah untuk beristirahat.

  • Pertimbangkan untuk menggunakan tas pinggang untuk menyimpan uang atau tas paha Anda.
  • Jika Anda menyimpan barang bawaan di dalam kabin bagasi, pastikan bukaan itu menghadap jauh dari gang dan pertimbangkan untuk menggunakan kunci penutup.

3. Bawa peralatan yang diperlukan untuk mendorong tidur
Mengemas masker mata dan penutup kuping di tas kecil akan membantu Anda menciptakan kondisi tidur yang tepat.

  • Masker mata. Banyak maskapai penerbangan memberikan ini secara gratis saat Anda naik, tapi biasanya tidak tersedia di kereta. Memilih masker mata dengan flap yang turun dari atas hidung Anda untuk menjaga agar cahaya keluar semaksimal mungkin.
  • Penyumbat telinga. Pesawat terbang dan kereta bisa menjadi tempat yang menghasilkan suara yang sangat keras, suara penumpang lain, layanan makan dan minum, serta kebisingan mesin pesawat yang berpotensi mengganggu istirahat Anda. Bawa penyumbat telinga busa atau silikon sehingga Anda bisa menghalangi kebisingan.

4. Berkomunikasi untuk menghindari gangguan
Saat duduk di tempat duduk Anda, beritahu tetangga Anda bahwa Anda berencana untuk tidur. Di pesawat, biarkan pramugari tahu bahwa Anda tidak perlu dibangunkan untuk makan atau minum.

5. Mengatur alarm
Atur alarm selama satu jam sebelum Anda dijadwalkan untuk tiba di tempat tujuan Anda. Ingat bahwa Anda mungkin melintasi beberapa zona waktu dan sadar akan waktu setempat di tempat tujuan Anda.

Bersiap untuk apa yang ada di depan bisa membantu Anda untuk rileks dan tidur tanpa mengkhawatirkan apa yang akan terjadi di tempat tujuan Anda.