Mudah, Ini 4 Tips Sederhana Agar Terbiasa Makan Oatmeal

doktersehat oatmeal
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar bahwa oatmeal adalah bahan makanan yang super sehat, ya?

Oatmeal kini semakin mudah diperoleh di pasaran, namun seakan menjadi rahasia umum jika rasa oatmeal kurang cocok dengan lidah orang Indonesia.

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa tetap mengonsumsi oatmeal namun tetap cocok rasanya di lidah?

doktersehat-oatmeal-gizi
Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

Oatmeal merupakan salah satu alternatif pengganti nasi yang baik. Hal ini disebabkan oatmeal memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan memiliki kandungan serat utuh yang baik untuk tubuh.

Serat yang tinggi pada oatmeal akan memberikan banyak manfaat untuk pencernaan, gula darah hingga mengurangi kadar lemak tubuh.

Oatmeal juga akan memberikan kesehatan pada jantung dengan kombinasi kandungannya diperkaya gizi, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan jantung.

Cara yang harus dilakukan agar mau mengonsumsi oatmeal

Tekstur dan rasa yang ada pada oatmeal yang cenderung kasar dan hambar menjadi tantangan tersendiri saat akan mengonsumsinya. Nah, agar kita bisa terbiasa makan oatmeal, maka kita harus secara perlahan membiasakan diri.

Rasa oatmeal yang cenderung masih baru bagi tubuh tentu juga membuat tubuh kita perlu beradaptasi dengan rasanya, ya.

doktersehat-oatmeal-topping
Photo Credit: Flickr.com/oksiana

Agar bisa terbiasa mengonsumsi oatmeal, beberapa cara yang bisa kita lakukan, adalah dengan mencoba mengonsumsi oatmeal dalam jumlah kecil pada banyak bahan makanan dan memberikan bahan makanan tambahan dengan cita rasa yang nikmat dan tetap sehat.

Hal ini bisa kita lakukan dengan menerapkan beberapa hal dibawah ini:

1. Menambahkan oatmeal pada camilan

Oatmeal tidak hanya cocok untuk menu makanan utama saja, lho. Anda bisa memilih oatmeal sebagai bahan baku camilan misalnya kue kering, atau memilih roti dengan taburan atau campuran oatmeal.

Hal ini akan efektif membuat kita mengenal rasa oatmeal dalam porsi yang kecil dan bisa dikonsumsi lebih sering.

Photo Credit: www.flickr.com / Learning Lack

Oatmeal, baik dalam tekstur kering maupun basah bisa mulai Anda tambahkan sebagai pilihan bahan tambahan camilan. Jika sudah terbiasa menambahkan oatmeal dalam banyak camilan, Anda akan lebih mudah mengonsumsi oatmeal sebagai bahan makanan utama.

2. Memilih oatmeal sebagai topping makanan atau minuman

Sudah pernah mencoba oatmeal sebagai topping? Jika belum, Anda bisa mulai memilih oatmeal sebagai topping untuk makanan dan minuman yang sering Anda konsumsi.

doktersehat-yoghurt-almond-oatmeal
pic credit: thomas strosse

Oatmeal sebagai topping minuman, misalnya susu atau cokelat panas tentu sangat cocok bukan?

Selain itu, Anda bisa menambahkan oatmeal di atas pudding atau camilan dan jajanan dengan kuah. Meskipun ditambahkan dalam jumlah yang sedikit, hal ini akan efektif mendukung tubuh kita terbiasa dengan rasa oatmeal.

3. Menambahkan oatmeal dengan bahan tambahan cair yang bercita rasa

Sebagai awal agar tubuh terbiasa, Anda bisa menambahkan cairan yang bercita rasa, misalnya air madu, susu rasa buah, atau kaldu alami sebagai bahan tambahan dalam oatmeal.

Hal ini bisa menjadi langkah awal agar Anda bisa terbiasa mengonsumsi oatmeal yang lebih bercita rasa dan cocok dengan rasa yang ada di lidah.

4. Memilih topping oatmeal yang enak dan tetap sehat

Anda bisa memilih topping yang super sehat dan tetap nikmat saat mengonsumsi oatmeal, hal ini akan efektif memberikan cita rasa yang nikmat dan Anda jadi lebih terbiasa mengonsumsinya.

doktersehat-yoghurt-breakfast-jantung-oatmealPotongan buah segar yang rasanya manis, misalnya apel atau anggur yang sudah matang, buah kering, misalnya kurma atau kismis, serta kacang-kacangan kaya rasa bisa Anda pilih sebagai topping oatmeal Anda agar tetap sehat dan nikmat.